Hong Kong Lumpuh, Warga Demo Massal Tolak RUU Ekstradisi

News | Kamis, 13 Juni 2019 15:08
Hong Kong Lumpuh, Warga Demo Massal Tolak RUU Ekstradisi

Reporter : Ahmad Baiquni

Para demonstran tidak percaya dengan penerapan hukum di China.

Dream - Hong Kong saat ini dilanda kekacauan menyusul rusuh yang terjadi di hampir semua kawasan. Pemerintah setempat sampai menutup sejumlah kantor administrasi pada Kamis, 13 Juni 2019.

Dikutip dari The Guardian, kekacauan terjadi dipicu kerusuhan para demonstran yang berkumpul di sekitar kantor pemerintahan dan kepolisian sejak Rabu kemarin (12 Juni 2019). Mereka menentang rencana pemerintah yang akan memberlakukan aturan tentang ekstradisi ke China daratan.

Meski mendapat penolakan keras, Pemerintah Hong Kong berkeras bakal memberlakukan rencana tersebut yang tertuang dalam Rancangan Undang-undang (RUU) Ekstradisi.

Namun demikian, Dewan Legislatif Hong Kong memutuskan menunda pengesahan RUU kontroversial tersebut sampai batas waktu yang tidak ditentukan.

Kerusuhan berawal bertepatan dengan rencana pengesahan RUU Ekstradisi itu kemarin. Demi mencegah anggota dewan terlibat dalam pengesahan tersebut, para demonstran memblokade jalan-jalan utama di sekitar kantor pemerintahan di pusat Hong Kong.

 

2 dari 5 halaman
Alasan Nada Zaqiyyah Terjun Sebagai Desainer Fashion Muslim
Join Dream.co.id