Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Real Count Pagi Ini, Lihat Selisih Suara Jokowi-Prabowo

Real Count Pagi Ini, Lihat Selisih Suara Jokowi-Prabowo Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto Mengajak Presiden Joko Widodo (Jokowi) Untuk Naik Kuda Di Kediamannya Di Hambalang, Bogor, Senin (31/10). Jokowi Dan Prabowo Usai Melakukan Pertemuan Tertutup Selama Hampir 2 Jam. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Dream - Data perhitungan suara pemilihan presiden 2019 terus masuk ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). Hingga pukul 08.45 WIB, 21 April 2019 data dari sebanyak 65.570 TPS telah masuk ke pusat hitung suara KPU, Situng KPU.

Dari data itu pasangan nomor urut 01 Joko Widodo dan Ma'ruf Amin masih memimpin perolehan suara sebesar 6.796.473 atau 54,16 persen.

Sementara itu, pasangan nomor urut 02, Prabowo Subianto - Sandiaga Salahudin Uno memperoleh sebanyak 5.747.796 atau 45,82 persen.

Dengan perolehan sementara itu, selisih suara yang dihasilkan sebesar 1.048.677.

Data KPU terbaru

Data KPU terbaru

Meski demikian, data KPU ini masih dianggap sementara karena banyak laporan mengenai kesalahan memasukkan data C1.

Komisiner KPU, Ilham Saputra mengatakan telah membuat pusat pengaduan laporan kesalahan pencatatan ini.

"Kami buat semacam tempat laporan melalui WA dan telepon," kata Ilham, dikutip dari Merdeka.com.

 

Layanan Aduan

Masyarakat yang menemukan kesalahan data atau ketidaksesuaian pemasukan data dengan foto formulir C-1 TPS dalam Situng KPU, bisa melaporkan ke nomor WhatsApp di 0812 1177 2443, surat elektronik ke bagianteknis@kpu.go.id atau nomor di 021-31902567 atau 021-31902577.

Selain itu, masyarakat juga bisa datang langsung ke kantor KPU RI di Jalan Imam Bonjol Nomor 29 Menteng, Jakarta Pusat, tepatnya di lantai satu depan lift.

Kominfo Jaring 24 Hoax Tentang Pilpres 2019, Paling Banyak Soal Ini

Dream – Pilpres 2019 tak lepas dari kabar bohong (hoax). Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) menyebut 24 berita hoax yang tersebar di jejaring sosial dan platform perpesanan.

Dikutip dari laman Kominfo, Jumat 19 April 2019, ada beragam hoax tersebar, mulai dari berita yang salah (disinformasi) sampai kabar yang benar-benar bohong.

Misalnya, ada eksodus WNI ke luar negeri karena cemas ada chaos usai Pilpres, salam dua jari di Millenial Road Safety Festival, dan Sandiaga Uno yang diusir oleh Prabowo Subianto karena menolak deklarasi kemenangan.

Ada juga soal tudingan lembaga survei yang berpihak terhadap salah satu pasangan capres-cawapres serta isu kecuangan di Pilpres 2019, misalnya surat suara tercoblos.

Berikut ini adalah rinciannya.

Berita Hoax 1

Berita hoax 1

 

KATEGORI: HOAKS

Penjelasan :

Beredar di pesan grup Whatsapp yang mengajak untuk mewaspadai pengangkutan kertas suara dari TPS menuju tempat-tempat pengumpulan sampai dengan dibawa ke KPU. Dipesan itu memberikan informasi pihak penyelenggara ada rencana untuk membelokan kertas suara yang sudah tercoblos ke tempat lain yang sudah disiapkan untuk ditukar.

Faktanya alur penghitungan perolehan suara hasil Pemilu sudah ditetapkan oleh KPU. KPU telah memperlihatkan alur ini melalui infografik yang beredar di media sosial dan aplikasi. Saat dikonfirmasi, Komisioner KPU Viryan Aziz membenarkan informasi yang ada dalam infografik tersebut.

Link Counter :

https://www.tagar.id/infografis-perjalanan-surat-suara-dari-tps-ke-kpu

https://nasional.kontan.co.id/news/begini-alur-dan-tanggal-perhitungan-suara-kpu-dari-tps-hingga-nasional

Berita Hoax 2

Berita hoax 2

 

KATEGORI: DISINFORMASI

Penjelasan :

Beredar sebuah postingan di media sosial facebook sebuah foto Syekh Ali Jaber bersama Joko Widodo. Dalam postingan foto tersebut dengan narasi setelah Abdul Somad, Syekh Ali Jaber dukung Jokowi.

Faktanya Syekh Ali jaber menyesalkan fotonya bersama Presiden Joko Widodo dijadikan bahan hoax.Syekh Ali jaber membenarkan sempat berfoto bersama dengan jokowi pada acara maulid di Palembang pada 24 November 2018.Syekh Ali Jaber memberikan klarifikasi lewat akun instagramnya yang sudah terverifikasi, beliau mengunggah tangkapan layar suatu situs yang menampilkan fotonya bersama Jokowi. Syekh Ali Jaber mengatakan bahwa beliau berfoto dengan Jokowi tidak sendirian, melainkan bersama orang tua angkatnya, KMS H Abdul Halim Ali.Syekh Ali Jaber juga menjelaskan bahwa dirinya berfoto bersama Presiden RI, bukan foto bersama capres 2019, untuk Pilpres 2019.

Link Counter :

https://www.instagram.com/p/Br6svo4F6N6/

http://news.rakyatku.com/read/133187/2018/12/28/syekh-ali-jaber-klarifikasi-fotonya-bareng-jokowi-artinya-dukung-prabowo-

Berita Hoax 3

Berita hoax 3

KATEGORI: HOAKS

Penjelasan :

Telah beredar postingan di media sosial facebook tentang Amien tak percaya Mahkamah Konstitusi. Ali menyatakan “ini bentuk provokasi yang nyata dan upaya mendelegitimasi KPU secara sistematis. Sangat disayangkan pernyataan tersebut dikeluarkan oleh seorang tokoh reformasi bangsa. Pernyataan itu seakan menarik mundur kembali bangunan demokrasi.

Faktanya berita itu salah. Amien Rais membantah tuduhan kepada kubunya terkait adanya upaya mendelegitimasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai penanggung jawab pemilu."Kami seringkali dituduh melakukan upaya mendelegitimasi KPU. Sesungguhnya kita justru mengupayakan agar pemilunya legitimate," kata Amien dalam diskusi soal daftar pemilih tetap (DPT) di kompleks DPR RI, Senayan, Jakarta Selatan, Selasa (9/4/2019).

Link Counter :

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20190409165904-32-384647/amien-rais-mengeluh-dituding-mendelegitimasi-kpu

https://tirto.id/amien-rais-bantah-berupaya-mendelegitimasi-pemilu-dlBE

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Real Count KPU 61,21%: 9 Parpol Lolos ke Parlemen, PDIP Masih Posisi Puncak

Real Count KPU 61,21%: 9 Parpol Lolos ke Parlemen, PDIP Masih Posisi Puncak

PDIP masih menjadi partai yang meraih peringkat tertinggi di Pileg 2024 dengan total suara 16,87 persen

Baca Selengkapnya
Real Count KPU 5,61%: Prabowo-Gibran 57,74%

Real Count KPU 5,61%: Prabowo-Gibran 57,74%

Perolehan suara sementara Prabowo-Gibran sebesar 1.802.757 atau 57,74 persen.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
NOTED KAK! When Cegil diajak Ngonten

NOTED KAK! When Cegil diajak Ngonten

Kurang lebih begini keadaannya kalau anak kantor jadi diajak bikin konten. Temen kalian ada yang kaya gini gak?

Baca Selengkapnya