Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Cuma Pakai Palu! Warga Se-Desa Pahat Bukit Batu Selama 15 Tahun Bikin Jalan Tembus

Cuma Pakai Palu! Warga Se-Desa Pahat Bukit Batu Selama 15 Tahun Bikin Jalan Tembus Jalan Raya Di Dalam Bukit Berbatu Ini Dibangun Sendiri Oleh Warga (Foto: Facebook @chinahoy)

Dream - Orang-orang Shenlongwan, sebuah desa yang pernah terisolasi di pegunungan Provinsi Shanxi, China, menghabiskan 15 tahun memahat batu yang sebagian besar berisi material batu. Menggunakan pahat dan palu, kerja keras mereka akhirnya berhasil menghubungkan desa dengan dunia dan keluar dari kemiskinan.

Memiliki iklimnya yang bagus, Shenlongwan merupakan surga para petani kenari dan pir yang memiliki rasa lezat. Namun hasil panen mereka sulit untuk dinikmati masyarakat di luar desa. Membuah panen hasil bumi jadi Tantangan serius bagi penduduk setempat.

Hingga tahun 2000, penduduk desa tersebut harus memutar melalui delapan kotapraja di tiga provinsi berbeda untuk mencapai ibu kota Kabupaten Kota Changzhi.

Sementara untuk melalui jalan pintas mereka harus siap mempertaruhkan nyawa dengan menaiki tangga sempit berbahaya. Belum lagi celah gunung yang curam.

 

 

 

Awalnya Dikira Butuh Waktu 3 Tahun

Suatu hari, penduduk desa memutuskan bahwa mereka tak bisa hidup seperti ini selamanya. Jika pemerintah tidak mau membangun jalan ke desa mereka, maka mereka harus melakukannya sendiri.

“Kami sangat membutuhkan jalan," kata Duan Jianlin, penduduk asli Shenlongwan tua yang berpartisipasi dalam pembangunan, dikutip dari laman Oddity Central.

"Jika kami tidak bisa menyelesaikan pembangunannya dalam satu tahun, kami akan membuatnya selama dua tahun. Jika dua tahun tidak cukup, kami akan membuatnya dalam waktu tiga tahun,” .

Shenlongwan yang dikelilingi oleh pegunungan di semua sisi, membuat penduduk desa harus menggali melalui batu terjal untuk menghubungkan desa mereka ke seluruh China.

 

Mulai Memahat Gunung dengan Tangan

Berbekal alat sederhana seperti palu dan pahat, memahat di daerah pegunungan terbukti sangat sulit dan memakan waktu.

Jalan yang berhasil dibangun oleh masyarakat Shenlongwan hanya sepanjang 1.526 meter, tetapi butuh waktu kurang lebih selama 15 tahun untuk menyelesaikannya. Pekerjaan ini dimulai pada tahun 1985 dan baru selesai pada tahun 2000.

Jalan pendek tersebut ternyata membuka pintu bagi pariwisata dan perdagangan, serta terbukti menjadi kunci untuk membuat rakyat Shenlongwan keluar dari kemiskinan.

 

Penghasilan Warga Naik Signifikan

Tidak hanya mereka dapat menjual hasil kerja mereka lebih cepat, tetapi keindahan alam desa Shenlongwan juga mulai menarik wisatawan.

Saat ini, lebih dari 60 persen dari 700 lebih penduduk desa terlibat dalam bisnis yang berhubungan dengan pariwisata, dan kemiskinan yang dulu merajalela hanyalah kenangan bagi mereka.

Pada tahun 2000, sebelum jalan pahatan mulai beroperasi, pendapatan per kapita rata-rata hanya 680 yuan, sementara hari ini mencapai 12.000 yuan.

(Sah, Odditycentral.com

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Balon Udara Berisi Petasan Meledak di Magelang, Serpihannya Timpa Rumah Warga

Balon Udara Berisi Petasan Meledak di Magelang, Serpihannya Timpa Rumah Warga

Nahasnya balon udara tersebut justru terjatuh ke kawasan perumahan warga dan meledak.

Baca Selengkapnya
Cerita Warga Geleng Kepala Saksikan Pembangunan IKN bak Cerita Roro Jonggrang:

Cerita Warga Geleng Kepala Saksikan Pembangunan IKN bak Cerita Roro Jonggrang: "Jujur, Nggak Masuk Akal"

Daerah yang tadinya masih berupa hutan dengan penuh pepohonan disulap menjadi penuh kerangka bangunan dalam waktu setahun saja.

Baca Selengkapnya
Viral Rekaman Percakapan Diduga Pejabat di Batu Bara Dukung Prabowo-Gibran

Viral Rekaman Percakapan Diduga Pejabat di Batu Bara Dukung Prabowo-Gibran

Pria tersebut menegaskan nantinya tidak akan ada pemeriksaan bagi pejabat-pejabat yang mendukung paslon 2, dengan catatan telah berkomitmen.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.