Cerita Sebenarnya Desa dengan Puasa Tersingkat, Cuma 3,5 Jam!

News | Jumat, 10 Juni 2016 03:31
Cerita Sebenarnya Desa dengan Puasa Tersingkat, Cuma 3,5 Jam!

Reporter : Sandy Mahaputra

Desa itu disebut sebagai wilayah dengan jam puasa paling singkat di dunia. Ternyata...

Dream - Netizen dihebohkan adanya laporan satu warga sebuah desa menjalani puasa tersingkat di dunia. Warga di sebuah desa di Oman itu kabarnya hanya puasa selama tiga jam.

Desa Wekan namanya. Berlokasi 150 kilometer dari ibukota Oman, Muscat.  Desa tersebut hanya bisa ditempuh dengan naik keledai, kuda atau mobil berpenggerak 4 roda (4WD).

Namun kabar tersebut dibantah oleh Kementerian Pariwisata Oman.

" Berita itu tidak benar. Meski sulit menyaksikan matahari di wilayah bergunung-gunung, namun bukan berarti mereka tidak mengetahui matahari tidak terbit," kata seorang pejabat Kementerian Pariwisata Oman kepada Times of Oman.

Sebelumnya, media lokal menyebut warga desa itu melihat matahari terbit pada jam 11 pagi dan terbenam jam 2.30 siang. Berita tentang singkatnya matahari bersinar di desa itu telah menyebar luas di media sosial.

Karena itulah, desa itu disebut sebagai wilayah dengan jam puasa paling singkat di dunia dengan durasi hanya 3 jam dan 60 menit.

(Ism, Sumber: khaleejtimes.com)

2 dari 4 halaman

Puasa Ramadan 2016 Terlama di Denmark, Terpendek di Argentina

Dream - Puasa Ramadan 1437 Hijriah diperkirakan akan dimulai pada 6 atau 7 Juni 2016 berdasarkan laporan pengamatan bulan di sejumlah negara. Denmark dan Swedia akan mengalami waktu puasa terlama, sedangkan puasa tercepat ada di Argentina dan Australia.

Muslim Denmark akan menjalani puasa selama 21 jam. Sementara Muslim Argentina akan berpuasa hanya selama sembilan jam 30 menit.

Berdasarkan peta dunia, negara yang akan mengalami waktu puasa terpanjang lainnya adalah Islandia, Swedia, dan Norwegia selama 20 jam. Belanda dan Belgia selama 18 jam 30 menit.

Spanyol selama 17 jam 30 menit. Inggris dan Jerman selama 16 jam 30 menit. Sementara di Amerika Serikat, Perancis, dan Italy, puasa akan berlangsung selama 16 jam.

Jika di Argentina puasa berlangsung paling singkat, puasa di Australia berjalan sekitar 10 jam, Afrika Selatan sekitar 10 jam 30 menit, Brazil 11 jam, Mexico 13 jam 20 menit pada Ramadan tahun ini.

Sementara kawasan India dan negara-negara Arab akan menjalani puasa antara 14 hingga 16,5 jam. Di Pakistan, Muslim akan berpuasa antara 15-16 jam sementara Muslim India selama 14 jam 30 menit.

Di Ibukota Pakistan, Islamabad, sholat Shubuh akan dimulai pada pukul 03.16 waktu setempat dan Magrib pada 19.14 waktu setempat di awal Juni. Puasa akan berjalan sekitar 16 jam di kota ini.

Sementara di Ibukota India, New Delhi, sholat Shubuh dimulai pukul 03.51 waktu setempat dan Magrib pada 19.16 waktu setempat. Puasa di kota ini akan berjalan selama 15 jam 30 menit.

Di Mumbai, sholat Shubuh akan berlangsung pukul 04.39 waktu setempat dan Magrib pada 19.16 waktu setempat. Puasa di kota ini akan berlangsung sedikit lebih cepat.

Muslim Bangladesh akan menjalankan puasa sekitar 15 jam. Di Ibukota Dhaka, sholat Shubuh di pekan pertama Juni berlangsung pada pukul 03.45 waktu setempat dan Magrib pada 18.42 waktu setempat.

Mereka yang di Mesir akan berpuasa sekitar 16 jam 30 menit. Orang-orang di Bahrain, Arab Saudi, Tunisia dan Palestina selama 15 jam.

Kota Tabuk dan Haql akan menjalani waktu puasa di antara terlama di antara kota-kota lainnya di Arab Saudi, selama 15 jam 30 menit. Waktu puasa sedikit lebih pendek ada di Dammam selama 15 jam 18 menit, dan puasa paling cepat di Saudi ada di Riyadh selama 15 jam delapan menit.

Di Yaman, puasa akan berjalan selama 15 jam 50 menit. Di Qatar selama 14 jam 40 menit. Sementara di Kuwait, Irak, Yordania, Suriah dan Aljazair, Maroko dan Libya serta Sudan akan berpuasa selama 14 jam.

Untuk kawasan belahan bumi utara, Ramadan tahun ini tidak jatuh pada musim panas. Meski demikian, hari-hari akan terasa lebih panjang dibandingkan bulan sebelumnya.

Menurut para pakar astrologi, belahan bumi utara tidak hanya akan menjalani puasa terlama, tetapi juga suhu terpanas sejak 33 tahun terakhir.

Ini karena matahari tengah berada di kawasan subtropik belahan bumi utara. Sehingga puncak musim panas ada di utara dan puncak musim dingin ada di selatan.

Ramadan tahun ini juga akan menjadi puasa terpanas sepanjang sejarah karena sejumlah negara tengah berada tepat di bawah terik matahari.

Sumber: ummid.com

3 dari 4 halaman

Bulan Puasa Terpanjang dalam 33 Tahun Terakhir

Dream - Bulan Ramadan telah tiba. Dan seluruh umat Islam di dunia menyambutnya dengan gembira. Termasuk kaum muslim yang ada di Inggris.

Namun untuk tahun ini, kaum muslim di Negeri Ratu Elizabeth itu akan menghadapi bulan suci paling panjang dalam 33 tahun terakhir.

Pasalnya, bulan suci kali ini bertepatan dengan terjadinya titik balik matahari (solstice) yang menyebabkan musim panas di belahan utara Bumi menjadi semakin panas.

Tidak hanya itu, jam puasa pun akan bertambah lama daripada tahun-tahun sebelumnya.

Umat muslim di Inggris akan menjalani jam puasa hingga mencapai 16 sampai 19 jam, tergantung di mana lokasi mereka di Inggris.

Ramadan adalah bulan untuk menguji kesabaran dan nafsu dengan menjauhkan diri dari makan, minum, dan aktivitas yang membatalkan puasa lainnya. Tahun ini, Ramadan di Inggris akan berlangsung dari tanggal 6 Juni hingga 5 Juli.

Dewan Muslim Inggris memperingatkan kaum muslim untuk menjaga kesehatan selama menjalani puasa yang panjang dan panas tahun ini.

Mereka mengatakan dehidrasi adalah masalah serius selama cuaca panas, karena itu dianjurkan untuk banyak minum air saat berbuka hingga sahur.

Walikota muslim pertama London, Sadiq Khan, menulis tweet bahwa puasa 'tidak mudah' tahun ini. Sementara itu, Perdana Menteri Inggris, David Cameron, mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa bagi muslim Inggris lewat Twitter.

" Kepada semua warga Inggris dan dunia yang berpuasa di bulan Ramadan, saya ucapkan Ramadan Mubarak."

(Sumber: BBC)

 

4 dari 4 halaman

Ini Negara dengan Waktu Puasa Terpendek

Dream - Berpuasa di bulan Ramadan membutuhkan kesabaran yang lebih. Umat muslim diajarkan untuk menahan lapar dari mulai terbit fajar hingga terbenam matahari.

Di Indonesia sendiri, yang terletak di lintang khatulistiwa, umat Muslim biasanya berpuasa sekitar 12-13 jam. Tetapi, dibelahan dunia lain, ada beberapa negara yang hanya berpuasa selama 9 jam. Negara manakah itu?

Negara yang berpuasa hanya sembilan jam ialah Cili. Negara yang beribukota Santiago ini adalah salah satu negara yang letaknya paling selatan di Bumi 17°LS 56°LS, dan 66°BB 81°BB. Penduduk muslim di negara ini biasanya menjalani ibadah puasa sejak pukul 05.31 hingga 15.00 atau hanya sekitar 9 jam 12 menit.

Di Ramadan yang jatuh di bulan Juni, tantangan yang harus dirasakan oleh umat muslim di sana tidak main-main. Biasanya memasuki bulan Juni, musim dingin mendera wilayah ini. Udara kering dan cuaca dingin menjadi salah satu ujiannya.

Negara lainnya adalah Argentina. Negara yang beribukota Buenos Aires juga salah satu negara yang memiliki waktu puasa tersingkat di dunia. Terletak di sebelah Cili, negara ini berada di 34°36′LU 58°23′BT.

Penduduk muslim di negara hanya berpuasa selama 9 jam 37 menit. Negara ini adalah salah satu negara yang ramah terhadap penduduk muslim meskipun muslim di sana adalah minoritas, yaitu hanya sekitar 1,9 persen dari total jumlah penduduk.

Melihat Kelanjutan Nasib Konser Tunggal Ayu Ting Ting
Join Dream.co.id