Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Berkaca Corona di Korsel, PMI Dukung Jemaah Bawa Sajadah Sendiri

Berkaca Corona di Korsel, PMI Dukung Jemaah Bawa Sajadah Sendiri Diskusi Seputar Virus Corona Di Universitas Paramadina (Dream.co.id/Annisa Mutiara Asharini)

Dream - Sekretaris Jenderal Palang Merah Indonesia (PMI), Sudirman Said, mengimbau masyarakat untuk membawa sajadah sendiri ketika sholat di masjid. Terutama untuk sholat Jumat.

Sudirman mengatakan imbauan yang dia sampaikan juga merupakan pesan dari Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) yang juga Ketua Umum PMI, Jusuf Kalla. Tujuannya untuk mencegah tertularnya infeksi virus corona.

"Jusuf Kalla pesan kalau mau sholat bawa sajadah sendiri ke masjid. Untuk alas ibadah ini sebaiknya bawa sendiri," ujar Sudirman di acara Diskusi Publik Corona: Ujian Kebersamaan Bagi Indonesia, Jakarta, Kamis 5 Maret 2020.

Sudirman mengatakan berkaca dari kasus penyebaran Covid-19 di Iran dan Korea Selatan, virus ini menjangkiti rumah ibadah.

Alhasil, kebanyakan pasien positif corona di dua negara tersebut adalah pengunjung rutin rumah ibadah.

"Misalnya di gereja kita pegang kursi yang terkena droplets, di masjid bersin saat sujud dan sajadahnya dipakai lagi sama orang lain. Kita upayakan semprot desinfektan, warga juga harus waspada," kata Sudirman.

Lebih lanjut, dia juga menyampaikan Jusuf Kalla juga berpesan apabila ada jamaah yang sedang sakit sebaiknya tidak sholat di masjid.

Jemaah dengan gejala flu, demam atau batuk diimbau untuk melakukan pemulihan dan sholat di rumah.

JK Imbau Jemaah Bawa Sajadah Sendiri ke Masjid

Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia, Jusuf Kalla meminta kepada seluruh pengurus maupun takmir masjid maupun musala, agar setiap saat menjaga kebersihan di lingkungan tempat ibadahnya, menyusul masuknya virus corona ke Indonesia.

Hal ini disampaikan JK saat memimpin rapat dengan para pengurus pusat maupun pengurus sayap DMI di Jakarta, Rabu (4/3/2020), seperti dilansir Merdeka.com. 

"Mengimbau kepada seluruh jajaran pimpinan wilayah, daerah, cabang, dan ranting untuk melakukan langkah sanitasi siaga bersama DKM dan Takmir Masjid atau musala, dengan teratur menjaga kebersihan," kata JK.

Selain itu, dia juga mengimbau para jemaah salat agar membawa sajadah atau sapu tangan yang bersih sendiri sebagai alas sujud masing-masing.

"Para jemaah yang sedang batuk, demam, dan mengalami gejala sakit seperti flu agar melaksanakan salat di rumah hingga sembuh dan ikut mengawasi penyebaran atau penularan virus corona, serta melakukan upaya tanggap atau melaporkan jika ada warga masyarakat dicurigai terdampak virus corona, khususnya di sekitar masjid atau musala," jelas JK.

Menurut dia, semua itu dilakukan demi mencegah lebih banyak orang terpapar virus corona.

"Hal ini dilakukan agar masyarakat dapat terhindar dari penyebaran virus corona yang dapat tersebar melalui kontak badan ataupun bersentuhan langsung dengan orang yang sedang terjangkit virus corona," pungkasnya.

Saudi Setop Aktivitas Umrah di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi

Dream - Arab Saudi askhirnya memutuskan penghentian sementara aktivitas umrah di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Seluruh jemaah yang melaksanakan ibadah umroh tidak dibolehkan masuk ke tempat suci Islam tersebut.

Juru Bicara Kementerian Dalam Negeri Saudi mengumumkan keputusan tersebut pada Rabu waktu setempat dan berlaku sepanjang tahun. Larangan umroh tidak hanya ditujukan bagi jemaah dari luar negeri namun juga warga Saudi sendiri.

Keputusan ini ditetapkan menyusul diumumkannya kasus positif infeksi corona di Saudi oleh Kementerian Kesehatan pada Rabu sore waktu setempat, seperti dilaporkan kantor berita resmi Saudi Press Agency.

Disebutkan pasien tersebut baru datang dari Iran lewat kawasan Bahrain dan tidak melapor ke petugas di pelabuhan Saudi. Pasien tersebut masuk ke Saudi bersama dengan satu pasien yang sebelumnya sudah dinyatakan positif corona.

Pelaksanaan Umroh Ditangguhkan

Kementerian Dalam Negeri Saudi menyatakan tujuan pelarangan ini untuk mencegah menyebarnya infeksi virus corona. Seluruh aktivitas umroh ditangguhkan hingga waktu yang ditentukan.

"Membatasi akses ke Dua Masjid Suci yang rutin dipenuhi kerumunan jemaah, membuat isu pengamanan menjadi sangat penting," ujar juru bicara tersebut, dikutip dari Arab News.

Sementara, Wakil Menteri Haji Saudi, Abdulfattah Mashat, mengatakan para jemaah baik warga Saudi maupun asing tetap bisa berkunjung ke Mekah dan Madinah. Tetapi, hanya untuk sholat dan bukan berumrah.

"Mekah tetap terbuka untuk pengunjung dari seluruh wilayah Kerajaan, keputusan penundaan hanya berlaku untuk aktivitas umroh," kata Abdulfattah.

Sebelumnya, Saudi memutuskan untuk menghentikan sementara penerimaan jemaah umroh dan pengunjung dari luar negeri. Juga menunda penerbitan visa kunjungan sehingga tidak ada orang yang bisa masuk ke wilayahnya.

Penutupan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi untuk sementara waktu membawa dampak besar, terutama bagi perekonomian Saudi. Mengingat ibadah umroh memberikan kontribusi sangat besar bagi pemasukan Saudi yang sudah mantap meninggalkan minyak sebagai sumber pendapatan terbesar.

Ma`ruf Amin Hormati Penangguhan Umroh oleh Saudi

Dream - Wakil Presiden Ma'ruf Amin menghormati keputusan Arab Saudi menghentikan sementara kedatangan jemaah umroh dari sejumlah negara. Sebab, kebijakan itu diambil untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona yang merebak di sejumlah negara.

"Saya kira seperti yang dikatakan oleh presiden ya, kita menghormatilah itu apa namanya kedaulatan daripada Arab Saudi, karena ini menangkal adanya virus Corona. Salah satunya dengan cara menutup akses dari luar, kita hormati keputusan itu," kata Ma'ruf, Jumat 28 Februari 2020.

Menurut Ma'ruf, Indonesia dan negara lain dapat merugi akibat kebijakan Arab Saudi. Tetapi, dia menghormati keputusan Arab Saudi. Indonesia tak bisa ikut campur.

"Tentu dampaknya terhadap pengusaha-pengusaha, kepada biro-biro perjalanan, bahkan ada negara yang surplus sekarang minus," ucap dia.

Pemerintah, kata dia, akan melakukan negosiasi dengan Arab Saudi mengenai penangguhan izin umroh.

"Tentu keputusan Saudi itu lebih bersifat menyeluruh ya. Apakah nanti, apakah ada kebijakan itu kita lihat saja. Apakah ada pengecualian kita belum memperoleh konfirmasi dari Saudi," ucap dia.

Sumber: Merdeka.com/Muhammad Genantan Saputra

Saudi Setop Visa Umroh Akibat Corona, Kemenag Bakal Sidak Bandara

Dream - Arab Saudi menangguhkan sementara pemberian visa untuk jemaah umroh. Penangguhan ini untuk mengantisipasi sebaran virus corona, Covid-19.

Dalam keterangan tertulisnya, Staf Khusus Menteri Agama, Ubaidillah Amin, mengatakan Kementerian Agama, menghormati keputusan Arab Saudi mengantisipasi Covid-19.

"Meminta semua jemaah umroh Indonesia untuk bersabar sambil menunggu pemerintah Arab Saudi membuka kembali," ucap Ubadillah, Kamis, 27 Februari 2020.

Ubaidillah mengatakan Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) telah meminta jajarannya untuk menggelar sidak ke bandara. Upaya ini untuk mengantisipasi banyaknya jemaah yang bisa terkena penangguhan.

Ubaidillah juga meminta para pengelola biro perjalanan umroh untuk pro aktif mengelola informasi kepada para jemaahnya.

"Pengajuan visa umroh dan visa lainnya ke Saudi mulai hari ini dihentikan," ucap dia.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Viral Kondisi Tersangka Pembunuhan 5 Orang Satu Keluarga Buntut Cinta Tak Direstui

Viral Kondisi Tersangka Pembunuhan 5 Orang Satu Keluarga Buntut Cinta Tak Direstui

Viral Keadaan Junaedi Mendekam di Penjara, Remaja Tega Bunuh Satu Keluarga Buntut Cinta Tak Direstui

Baca Selengkapnya
Viral Caleg Nasdem Bongkar Jalan dan Nyalakan Petasan di Masjid Diduga Kecewa Hasil Pemilu

Viral Caleg Nasdem Bongkar Jalan dan Nyalakan Petasan di Masjid Diduga Kecewa Hasil Pemilu

Dia sengaja menyalakan petasan sebagai bentuk euforia karena perolehan suaranya sesuai dengan harapan.

Baca Selengkapnya
Viral Ibu dan Bayi Meninggal Dunia Usai Persalinan di Rumah Sakit di Indramayu, Keluarga Menduga Terjadi Malapraktik

Viral Ibu dan Bayi Meninggal Dunia Usai Persalinan di Rumah Sakit di Indramayu, Keluarga Menduga Terjadi Malapraktik

Keluarga pasien menuding rumah sakit terlambat memberi pertolongan, baru ditangani beberapa jam setelah pasien datang.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Musim Hujan, Dokter Anak Ingatkan Waspada Serangan ISPA

Musim Hujan, Dokter Anak Ingatkan Waspada Serangan ISPA

ISPA adalah infeksi yang mengganggu pernapasan yang disebabkan oleh virus yang menyerang hidung, trakea, bahkan paru-paru.

Baca Selengkapnya
Cara Cegah Diare yang Sering Menyerang Anak Saat Perjalanan Liburan

Cara Cegah Diare yang Sering Menyerang Anak Saat Perjalanan Liburan

Hal yang paling sering membuat anak-anak terkena diare saat liburan adalah infeksi virus.

Baca Selengkapnya
Lagi, Direktur WHO Peringatkan Seluruh Negara Harus Bersiap Hadapi Penyakit X

Lagi, Direktur WHO Peringatkan Seluruh Negara Harus Bersiap Hadapi Penyakit X

Penyakit X adalah virus “penampung” hipotetis yang belum terbentuk, namun para ilmuwan mengatakan penyakit ini bisa 20 kali lebih mematikan daripada COVID-19.

Baca Selengkapnya
BUNGKUS! `Icip-Icip` Jajanan Viral Cookie Bomb

BUNGKUS! `Icip-Icip` Jajanan Viral Cookie Bomb

Sahabat Dream kalian sudah coba belum makanan yang lagi viral satu ini? kalau belum, kalian wajib coba sih

Baca Selengkapnya