Cerita Prajurit `Gerilya` Tumpas Pandemi Covid-19 dengan 5M

News | Sabtu, 22 Mei 2021 11:12

Reporter : Arini Saadah

Para prajurit ini tak pernah bosan ingatkan warga untuk terus mematuhi protokol kesehatan. Tak segan mereka masuk ke desa-desa dan mendatangi pusat kegiatan masyarakat seperti pasar tradisional.

Dream – Meskipun berbagai upaya sudah dilakukan, keberadaan virus corona masih menghantui masyarakat dunia, termasuk Indonesia. Satgas dan berbagai elemen di daerah terus gencar bergerilya menghentikan penyebarannya.

Selain vaksinasi, tindakan pencegahan lain yang bisa dilakukan saat ini hanya dengan selalu disiplin protokol kesehatan 5M dengan memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan membatasi mobilitas.

Salah satu daerah yang juga gencar menanggulangi Covid-19 adalah Kabupaten Ponorogo di Jawa Timur. Para prajurit yang tergabung di Komando Distrik Militer (Kodim) 0802 Ponorogo tidak pernah berhenti mensosialisasikan imbauan pemerintah tentang disiplin protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Dengan terus mengingatkan satu sama lain, diharapkan masyarakat bersama pemerintah bisa segera mengakhiri pandemi yang sudah berlangsung lebih dari setahun ini.

Cerita Prajurit `Gerilya` Tumpas Pandemi Covid-19 dengan 5M
Ilustrasi Para Prajurit TNI Tak Bosan Mensosialisasikan Disiplin Protokol Kesehatan Di Pasar Tradisional (Foto: Doc. Kodim/0802 Ponrogo)
2 dari 5 halaman

Tinjau Aktivitas Warga di Pasar Tradisional

 Ilustrasi
© Doc. Kodim/0802 Ponorogo

Salah satu prajurit yang tak bosan mensosialisasikan disiplin 5M adalah Serma Darmawan. Ia bersama prajurit yang lain melakukan Operasi Yustisi Gabungan Protokol Kesehatan Covid-19 di wilayah Kecamatan Slahung, Kabupaten Ponorogo. Saat itu, ia mengunjungi pasar tradisional dan kompleks pertokoan wilayah Slahung.

“ Hari ini kami melakukan sosialisasi dan himbauan protokol kesehatan kepada masyarakat di pasar tradisional dan pertokoan di wilayah Kecamatan Slahung, Kabupaten Ponorogo," ucap Serma Darmawan kepada Dream.co.id.

Para prajurit ini memberikan penekanan kepada para pengunjung pasar agar selalu mematuhi protokol kesehatan 5M. Bagi warga yang ketahuan melanggar protokol kesehatan, langsung diberikan teguran dan diingatkan supaya tidak mengulangi lagi.

“ Hal ini terus kami lakukan agar masyarakat sadar akan pentingnya 5M terhadap kehidupan sehari-hari pada situasi pandemi covid-19 seperti sekarang ini," tegasnya, Jumat (21/05/2021).

3 dari 5 halaman

Pengguna Jalan Juga Jadi Sasaran

 Ilustrasi
© Doc. Kodim/0802 Ponorogo

Selain meninjau pasar tradisional sebagai pusat aktivitas masyarakat, prajurit yang lain juga melakukan sosialisasi di tempat umum lainnya. Sebagai Duta Perubahan Perilaku, para prajurit TNI memang wajib untuk selalu mengingatkan masyarakat dalam rangka patuh pada protokol kesehatan. Upaya ini dilakukan agar pandemi Covid-19 segera tuntas dan berakhir.

Selain Serma Darmawan, para Bintara Pembina Desa (Babinsa) dan tenaga kesehatan melaksanakan kegiatan operasi pendisiplinan protokol kesehatan di daerah Kecamatan Siman, Ponrogo.

Salah satu yang bertugas adalah Serma Bambang Budiyono yang merupakan Babinsa  Koramil Tipe B 0802/04 Siman bersama empat orang anggota Koramil tipe B 0802/04 Siman dan tenaga kesehatan.

 

4 dari 5 halaman

Harapan Para Pejuang

" Lokasi operasi pendisiplinan hari ini yaitu di Desa Manuk, Kecamatan Siman, Kabupaten Ponorogo. Disini kami mengimbau masyarakat pengguna jalan agar selalu mematuhi protokol kesehatan tentang 5M seperti yang telah disampaikan oleh pemerintah,” tutur Serma Bambang, Kamis (20/05/2021).

Ia berharap dengan upaya yang dilakukan selama ini untuk mendisiplinkan masyarakat terhadap pelaksanaan disiplin 5M bisa segera menghentikan pandemi. Sehingga, lanjut Serma Bambang, masyarakat bisa melaksanakan aktivitas kehidupan sehari-hari dengan nyaman dan aman tanpa rasa khawatir tertular virus corona.

“ Harapannya adalah semoga pandemi ini segera berakhir sehingga kita semua bisa melaksanakan aktivitas kehidupan sehari-hari dengan nyaman dan aman, termasuk aman dari covid-19,” tegasnya.

 

5 dari 5 halaman

Masuk Desa-Desa, Ingatkan Para Warga

 Ilustrasi
© Doc. Kodim/0802 Ponorogo

Tak hanya di wilayah perkotaan saja, para prajurit Kodim Ponorogo ini juga kerap masuk ke desa-desa untuk mengingatkan warganya terhadap pentingnya mematuhi protokol kesehatan.

Kali ini, terlihat Serka Purnomo bersama timnya melakukan operasi di desa wilayah kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo, Jumat (21/05/2021).

Ia bersama timnya mengimbau dan mengajak warga untuk tidak bosan memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan membatasi mobilitas.

Ternyata sosialisasi itu dilakukannya setiap hari supaya masyarakat sadar dan selalu mematuhi protokol kesehatan demi kebaikan bersama.

“ Ini kami lakukan setiap hari dan sesuai petunjuk Komando Atas dengan tujuan untuk mengajak dan menghimbau warga agar senantiasa berlaku disiplin terhadap protokol kesehatan covid-19 tentang 5M,” ucap Serka Purnomo.

Selain memberikan teguran kepada para pelanggar disiplin protokol kesehatan, mereka juga membagikan masker gratis kepada warga yang kedapatan tidak memakai masker.

“ Kami tidak pernah bosan untuk saling mengingatkan tentang pentingnya 5M guna mencegah penyebaran covid-19 di wilayah Kecamatan Pulung khususnya dan Kabupaten Ponorogo pada umumnya,” pungkasnya.

 

Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

Join Dream.co.id