5 Kota Teraman di Dunia di Masa Pandemi Covid-19, Skor Jakarta Mengkhawatirkan

News | Selasa, 12 Oktober 2021 07:00

Reporter : Razdkanya Ramadhanty

Pandemi Covid-19 telah mengubah daftar kota teraman di dunia. Jakarta mendapat skor yang seluruhnya berada di bawah rata-rata 60 kota dunia.

Dream - Pandemi Covid-19 telah mengubah tata kehidupan masyarakat di berbagai kota di dunia. Penutupan kantor, penerapan protokol kesehatan yang ketat dan pembatasan jumlah pengunjung di berbagai lokasi publik menjadi cara pemerintah menangkal penyebaran virus Sars-CoV2.

Kebijakan ini membuat banyak kota di dunia menjadi lebih siaga dalam menerapkan kebijakan kesehatan dan keamanan guna melindungi populasi warganya.

Covid-19 yang diakui telah mengubah secara drastis kehidupan masyarakat dunia juga membuat penilaian tentang kota teraman di dunia mengalami penyesuaian. Pemeringkatan ini dilakukan Economist Intelligence Unit (EIU) yang belum lama ini merili hasil penelitian 2021 Safe Cities Index.

Bekerja sama dengan NEC, survei itu menempatkan 60 kota dalam peringkat berdasarkan 76 indikator keamanan dalam aspek infrastruktur, kehidupan digital, keamanan pribadi, faktor lingkungan, dan kesehatan.

Penasaran kota-kota apa saja itu yang dinilai paling aman di dunia selama Pandemi Covid-19? Berikut ulasannya.

 

5 Kota Teraman di Dunia di Masa Pandemi Covid-19, Skor Jakarta Mengkhawatirkan
Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
2 dari 7 halaman

1. Kopenhagen

 Kopenhagen© Shutterstock

Melansir dari BBC, Senin 11 Oktober 2021, Ibu Kota Denmark ini menduduki peringat satu dengan indeks kota aman berdasarkan tingkat kualiats udara, hutan kota, pengolaan limbah, dan dicabutkan semua pembatasan akibat Covid pada September lalu.

Dilansir dari Travelwaits, Kopenhagen merupakan kota yang memiliki ciri khas budaya sepeda, kanal, ekonomi yang kuat dan penduduk kota yang bahagia.

Berdasarkan indeks kota aman 2021 yang dirilis oleh The EIU, Kopenhagen memiliki nilai infrastruktur 89, kemanan digital 82.2, pribadi 86.4, kesehatan 70, dan keamanan lingkungan 84.5.

 

3 dari 7 halaman

2. Toronto

 Toronto© Shutterstock

Toronto menjadi salah satu kota dengan budaya beragam paling banyak di dunia. Terdapat banyak etnis dan bahasa berbeda yang digunakan penduduk di Toronto.

Kota terbesar di Kanada ini memiliki indeks yang kuat di bidang keamanan lingkungan dan infrastuktur.

Dilansir dari Economist Intelligence Unit (EIU), Toronto memiliki nilai infrastruktur 88.6, keamanan digital 75, pribadi 77.2, kesehatan 80, dan keamanan lingkungan 90.3.

 

© Dream
4 dari 7 halaman

3. Singapura

 Singapore© Shutterstock

Di masa pandemi Covid-19, pemerintah Singapura apkikasi TraceTogether untuk memantau dan melacak pergerakan guna menghentikan penyebaran Covid-19. Sebelum masuk ke gedung atau tempat tertentu, masyarakat diharuskan memindai aplikasi TraceTogether untuk melakukan check-in.

Meskipun saat ini Singapura tengah berjuang dalam ledakan kasus Covid-19, namun Singapura didaulat menjadi salah satu negara dengan tingkat vaksinasi tertinggi, yakni mencapai 80% dari populasi.

Menurut data dari Economist Intelligence Unit, Singapura memiliki tingkat infrastruktur 92.1, keamanan digital 82.8, pribadi 74.5, kesehatan 84.1, dan keamanan lingkungan sebanyak 69.9.

5 dari 7 halaman

4. Sydney

 Sydney© Shutterstock

Bergerak ke Australia, Sydney didaulat menjadi salah satu kota teraman di dunia urutan ke empat. Ibu Kota New South Wales, merupakan salah satu kota dengan tingkat kematian akibat Covid-19 terendah.

Dalam rilis yang dikeluarkan The EIU, indeks kota sehat Sydney memiliki jumlah rata-rata 80.1. Sedangkan nilai infrastruktur 84.5, keamanan digital 83.2, keamanan pribadi 76.3, kesehatan 77.7, dan keamanan lingkungan 79.

© Dream
6 dari 7 halaman

5. Tokyo

 Tokyo© Shutterstock

Ibu Kota Jepang, Tokyo, menempati urutan ke lima kota teraman di dunia dari 60 kota dan 76 indikator yang dinilai.

Indeks tertinggi di Tokyo adalah kesehatan yang meliputi perawatan kesehatan universal, kesiapsiagaan pandemi, harapan hidup, kesehatan mental, dan kematian akibat Covid-19.

Tokyo memiliki nilai rata-rata 80, dengan rincian Infrastruktur 80, keamanan digital 71, pribadi 73.3, kesehatan 87.7, dan keamanan lingkungan 80.6.

Sumber: bbc.com

7 dari 7 halaman

Posisi Jakarta

Selain lima kota teraman di dunia tersebut, EIU juga membuat penilaian tentang tingkat keamanan Indonesia setelah muncul pandemi Covid-19 di dunia. Hasilnya cukup menggembirakan. 

Data Safe Cities Index 2021 menempatkan Indonesia berada di peringkat 46 dari 60 negara yang diteliti. Dengan nilai skor keseluruhan 56,4, Jakarta masuk dalam kategori kota paling aman di level rata-rata.

Untuk diketahui nilai rata-rata dari penilaian skor tahun ini berada di ambang 66,1.

Dari lima faktor yang dinilai EIU, skor tertinggi diperoleh Jakarta untuk kategori keamanan lingkungan. Masuk kategori di atas rata-rata, skor untuk keamanan Jakarta berada di peringkat 30 dunia dengan skor 73,8.

Nilai indeks terendah yang diperoleh kota Jakarta terdapat pada faktor keamanan digital. Dengan skor 38,0, Jakarta berada di peringkat 58, atau terendah ketiga di dunia.

Skor keamanan digital Jakarta hanya lebih baik dari Carasas yang mendapat skor 37,4 dan Yangon (28,1).

Untuk tiga faktor keamanan lainnya, Jakarta mendapatkan nilai indeks yang seluruhnya berada di bawah rata-rata 60 kota dunia. Di segi keamanan kesehatan, Jakarta berada di peringkat 46 dunia, atau kalah dari Mumbai, Indonesia di posisi 44 dunia.

Sementara untuk keamanan infrastruktur, Jakarta berada di peringkat 40, bersaingan dengan Bangkok, Thailad yang berada satu tingkat di atasnya.

Sedangkan keamanan personal di kota Jakarta, masuk dalam urutan 10 besar terbawah yaitu peringkat 52 dari 60 kota dunia. Nilai skor untuk keamanan personal ini hanya mencapai 47,6 dari rata-rata 62,3.

© Dream
Join Dream.co.id