Bukti Otentik Gugurnya 53 Awak KRI Nanggala 402

News | Minggu, 25 April 2021 19:04
Bukti Otentik Gugurnya 53 Awak KRI Nanggala 402

Reporter : Mutia Nugraheni

Terllihat citra bawah air secara visual menggunakan kamera.

Dream - Gugurnya 53 awak kapal selama KRI Nanggala 402 baru saja diumumkan secara resmi oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, hari ini, Minggu 25 April 2021. Pernyataan tersebut dikeluarkan karena adanya bukti-bukti otentik.

" KRI Rigel telah melakukan pemindaian secara lebih akurat di lokasi tersebut menggunakan multibeam sonar dan magnetometer," ucap Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dalam koferensi pers di Badung, Bali, Minggu, 25 April 2021.

" Telah menghasilkan citra bawah air yang lebih detail, MV Ship Rescue juga telah menurunkan ROV-nya untuk memperkuat citra bawah air secara visual menggunakan kamera," kata Hadi.

Dari hasil pemindaian, terlihat bagian-bagian dari KRI Nanggala-402. Bagian-bagian tersebut pun telah dipastikan milik dari KRI Nanggala.

" Telah diperoleh citra yang telah dikonfirmasi sebagai bagian dari KRI Nanggala-402 meliputi kemudi vertikal belakang, jangkar, bagian luar badan tekan, kemudi selam timbul, bagian kapal yang lain termasuk baju keselamatan awak kapal MK11," ucapnya.

Dari hasil penemunan itu, Hadi menyimpulkan seluruh awak KRI Nanggala gugur. " Berdasarkan bukti-bukti otentik tersebut dapat dinyatakan bahwa KRI Nanggala-402 telah tenggelam dan seluruh awaknya telah gugur," katanya.

Marsekal Hadi juga mengatakan rasa duka mendalam kepada 53 keluarga prajurit yang ditinggalkan. " Saya sampaikan rasa duka cita sedalam-dalamnya kepada seluruh keluarga prajurit yang gugur, semga Tuhan memberi keikhlasan dan ketabahan," ujar Panglima TNI.

Laporan Rinaldo/ Sumber: Liputan6.com

2 dari 7 halaman

Erix Soekamti Unggah Video Awak Nanggala 402 Nyanyikan 'Sampai Jumpa'

Dream - Tenggelamnya kapal selam Nanggala 402 membuat seluruh bangsa Indonesia berduka. Kapal selam tersebut hingga kini belum ditemukan rangka dan para awaknya, yang merupakan putra-putra terbaik Indonesia yang menjaga laut Tanah Air.

Sebuah video yang membuat haru, diunggah oleh Erix Soekamti, vokalis band Endank Soekamti di Instagramnya. Dalam video tersebut, tampak para awak kapal KRI Nanggala 402 bernyanyi bersama.

Mereka menyanyikan lagu Endank Soekamti yang berjudul 'Sampai Jumpa'. Lirik 'Ku tak siap tanpa dirimu, Kuharap terbaik untukmu' dinyanyikan para pasukan penjaga laut ini dengan semangat.

Diiringi gitar oleh satu satu kru, mereka tampak menyanyikannya sepenuh hati. Erix mengunggah video tersebut dengan emoticon menangis. Respons haru dan sedih pun bermunculan di kolom komentar Instagramnya.

Seperti akun @bagusdwimulya yang menulis "Tunai sudah janji bakti, semoga Allah SWT menempatkan mereka di tempat yang sangat indah, Aamiinn'. Lalu akun @cakra_vikrajati menulis 'Sedih banget ya Allah, doa terbaik untuk Nanggala'. Berikut videonya.

 

      View this post on Instagram

A post shared by Erix Soekamti (@erixsoekamti)

3 dari 7 halaman

Curhatan Pilu Anak Awak Kapal Selam Nanggala-402

Dream - Indonesia dilanda duka.  Kapal selam KRI Nanggala-402 dinyatakan tenggelam dan belum ditemuk yang didalamnya terdapat 53 awak, putra terbaik bangsa.

Keluarga dari penumpang dan awak kapal tersebut pun berharap KRI Nanggala-402 masih bisa ditemukan agar mereka bisa berkumpul kembali dengan sanak saudaranya.

Harapan tersebut juga disampaikan oleh pemilik akun Twitter @siughteeambiss atau Aura Aulia. Di hari hilangnya KRI Nanggala-402, ia meminta doa pada warga Twitter agar ayahnya dan awak kapal bisa segera ditemukan dan kembali ke rumah dalam keadaan sehat.

Ia pun berharap ada mukjizat dari Allah SWT agar suplai oksigen dalam kapal masih tersedia. Tulisannya di Twitter penuh dengan harapan.

 " Berharap bangett ada mukjizat untuk memperpanjang kebutuhan oksigen di dalam kapal hingga kapal bisa sandar kembali," tulisnya.

4 dari 7 halaman

Sangat rindu pada ayahnya

 

Sampai kemarin, Aura terus membagikan cuitan yang menandakan ia sangat rindu pada ayahnya. " Aku mau ngeliat papaku tuk yang terakhir kali...," tulisnya, Jumat kemarin.

Melihat cuitannya, banyak warganet berusaha menguatkan Aura dan mendoakan yang terbaik untuk ayahnya.

" Doa terbaik untuk papa kamu, ya Aura,"  kata @fauzanalrasyid sembari memberi pesan video.

" Yang tabah dan ikhlas ya nak @siughtheeambiss.. insya Allah peristiwa ini akan makin mempertebal iman dan takwamu..,"  ujar @kh_notodiputro.

" Aku tau papah kamu pasti bangga punya anak kayak kamu,tetep semangat ya...,"  cuit @jungjaeyun_

5 dari 7 halaman

KSAL: Kapal Selam Nanggala-402 Alami Keretakan Besar

Dream - Kapal Selam Nanggala-402 yang hilang di perairan utara Bali diduga mengalami keretakan. Sebab, telah ditemukan beberapa serpihan milik kapal berisi 53 orang tersebut.

" Tentunya dengan peralatan yang sudah keluar ini terjadi keretakan, karena memang terjadi tekanan kedalaman," kata Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana TNI Yudo Margono, dalam konferensi pers, Sabtu 24 April 2021.

Kapal Selam yang hilang saat latihan penembakan torpedo itu memang diduga berada pada kedalaman 700 hingga 800 meter. " Ini tentunya akan terjadi keretakan terhadap kapal selam tersebut," tambah tentara kelahiran Madiun, Jawa Timur, tersebut.

Keyakinan itu didapat setelah ditemukan peralatan yang berasal dari kapal selam tersebut. " Terbukti barang-barang ini bisa keluar, yang mana barang ini sebenarnya ada di dalam," tutur Yudo.

" Apalagi Teflon yang untuk penahan atau pelurus torpedo ini sampai keluar berarti terjadi keretakan yang besar," tambah dia.

6 dari 7 halaman

Panglima TNI Ungkap Bukti Otentik Tenggelamnya Kapal Selam Nanggala-402

Dream - Proses pencarian kapal selam TNI Angakatan Laut, KRI Nanggala-402, yang hilang kontak pada Rabu 21 April 2021, akhirnya menemukan titik terang.

Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto, menyebut, kapal selam yang membawa 53 ABK itu dinyatakan tenggelam. Tim pencari menemukan bukti otentik berupa tumpahan minyak dan serpihan.

" Unsur-unsur TNI AL telah menemukan tumpahan minyak dan serpihan yang menjadi bukti otentik menuju fase tenggelammnya KRI Nanggala," kata Hadi dikutip dari kanal YouTube Puspen TNI, Sabtu 24 April 2021.

Hadi menuturukan, TNI dibantu instansi terkait dan armada militer negara sahabat telah melakukan berbagai upaya pencarian KRI Nanggala-402.

" TNI AL bersama Polri, Basarnas, KNKT dan BPBD, serta aset-aset negara sahabat seperti Australia, Amerika Serikat, Singaura, Malaysia telah berupaya dan semaksimal mungkin untuk mencari keberadaan KRI Nanggala. Pagi dini hari tadi merupakan batas akhir life support berupa ketersediaan oksigen di KRI Nanggala selama 72 jam," jelas Hadi.

7 dari 7 halaman

Bukti Otentik

Di tempat yang sama Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL), Laksamana Yudo Margono, menegaskan, kepingan yang ditemukan merupakan bukti otentik kepemilikkan KRI Nanggala-402. Keyakinan itu diperkuat dengan keterangan para ahli dan prajurit TNI mantan awak kapal selam KRI Nanggala 402.

" Barang-barang ini tidak dimiliki kapal lain, dan di radius 10 mil tidak ada kapal yang melintas. Berdasarkan keterangan ahli dan para mantan awak kapal selam, diyakini ini adalah barang KRI Nanggala," kata Yugo.

TNI Angkatan Laut menerjunkan KRI Rigel 933 untuk mendeteksi penemuan area kemagnetan tinggi yang diduga kapal selam KRI Nanggala 402 yang hilang kontak. KRI Rigel 933 sudah meluncur ke Perairan Utara Pulau Bali.

" Ini KRI Rigel lagi menuju ke arah (kemagnetan) itu untuk memastikan bendanya apa," ujar Kadispenal Laksamana Pertama Julius Widjojono, Sabtu 24 April 2021.

Join Dream.co.id