Boneka Arwah Sedang Viral, Apa Hukumnya Menurut Islam?

News | Rabu, 19 Januari 2022 07:01

Reporter : Ferdike Yunuri Nadya

Bagaimana Islam memandang fenomena boneka arwah ini?

Dream - Belakangan ini, tengah viral tren mengadopsi boneka arwah, atau yang juga biasa disebut sebagai spirit doll. Boneka arwah merupakan boneka yang secara teori dirasuki oleh arwah.

Boneka arwah sejatinya sudah ada sejak zaman dahulu, biasa digunakan untuk ritual kaum tertentu. Namun, adopsi boneka arwah kini viral karena banyaknya kalangan selebriti yang melakukan hal tersebut.

Tentu saja, tren ini mengundang pro dan kontra karena boneka arwah sifatnya memang kontroversial. Lalu bagaimana Islam memandang fenomena boneka arwah ini?

 Instagram @syam_elmarusy© Instagram @syam_elmarusy

Menurut Ustadz Syam El Marusy, Islam sejatinya memperbolehkan penganutnya untuk bermain boneka. Namun, umat Islam tidak boleh mengisi atau bahkan sekadar menganggap boneka itu sebagai tempat bernaungnya roh atau arwah. 

Boneka Arwah Sedang Viral, Apa Hukumnya Menurut Islam?
Shutterstock
2 dari 5 halaman

Umat Islam Tak Boleh Memelihara Makhluk Halus

Penjelasan Ustaz Syam itu merujuk pada kisah istri Rasulullah, Aisyah RA yang pernah memiliki mainan mirip boneka. 

“ Main boneka ya boleh saja, seperti Aisyah (R.A) yang juga dulu bermain boneka, tetapi jika menganggap boneka tersebut memiliki jiwa atau arwah, apalagi sampai dikasih makan, digendong, diberikan fasilitas layaknya manusia," ucap Ustaz Syam pada rilis tertulis yang diterima Dream, Selasa 18 Januari 2022.

Ustaz Syam menambahkan, sebaiknya kita berhati-hati dengan hal-hal yang dapat menimbulkan kemusyrikan.

3 dari 5 halaman

Tidak Boleh Diadopsi Meskipun Bisa Jadi Pengingat Sholat

Oleh karena itu, Ustaz Syam menegaskan bahwa umat Islam tak boleh mengadopsi boneka arwah, bahkan ketika boneka tersebut bisa menjadi pengingat sholat.

“ Jangan mengadopsi boneka karena itu hanya mainan saja. Kalau perlu pengingat sholat, sudah ada adzan lima kali dari Masjid, seharusnya ini cukup mengingatkan kita untuk beribadah, bukan boneka yang mengingatkan ibadah,” tambah Ustadz Syam.

4 dari 5 halaman

Lebih Baik Gunakan Teknologi untuk Mengingat Sholat

Ustaz Syam kemudian menyatakan bahwa jika umat Islam memang memerlukan hal lain untuk menjadi pengingat sholat atau menambah kualitas ibadah, aplikasi yang berbasis teknologi bisa menjadi jawabannya.

“ Kalau mau yang lebih baik, kita koleksi yang baik baik juga, seperti kita bisa pakai aplikasi Muslim Pro untuk mengingatkan sholat, bukan boneka arwah yang mengingatkan kita beribadah,” tukas Ustadz Syam.

Menurut Ustaz Syam, Muslim Pro bisa menjadi ‘teman’ bagi umat Islam untuk beribadah dan menjalani kehidupan sehari-hari. 

Tidak hanya memiliki berbagai fitur yang bisa menjadi panduan pribadi, Muslim Pro juga membagikan konten-konten edukasi. Seperti membaca Al-Quran dimana saja dan kapan saja hanya dalam genggaman tangan dengan fitur Al-Quran Digital dilengkapi dengan kajian dan petunjuk tajwid. Juga ada fitur Qibla membantu untuk mencari arah kiblat yang tepat dan fitur ini juga sudah terjamin akurasinya.

5 dari 5 halaman

Fitur Pengingat Sholat

Tak perlu mengeluarkan uang untuk membeli boneka arwah yang bisa mengingatkan untuk beribadah karena sudah ada fitur pengingat sholat yang akurat pada aplikasi Muslim Pro yang dapat digunakan secara gratis. 

Fitur ini terintegrasi dengan fitur Pelacak, dimana fitur ini membantu Anda melihat jumlah hari Anda melakukan shalat dengan tepat waktu. 

 Muslim Pro© Doc Muslim Pro

Sahabat Dream juga bisa menemukan daftar doa yang lengkap dan memilih untuk memanjatkan doa yang sesuai dengan kebutuhan. Mulai dari panduan doa makan, doa disaat kondisi sakit, hingga doa saat bepergian pun dapat Anda temukan pada fitur Doa-doa. Juga ada artikel di fitur Inspirasi. 

Selain artikel, bagi kalian yang lebih suka mendengarkan daripada membaca, Muslim Pro juga menyediakan konten edukasi dalam bentuk video dakwah. Ada ceramah-ceramah dari berbagai ustadz, termasuk Ustadz Syam Elmarussy, yang bisa dinikmati.

Join Dream.co.id