Usia 18 Tahun Mulai Divaksin, Jokowi Target Bogor Capai Herd Immunity di Agustus

News | Kamis, 17 Juni 2021 15:00

Reporter : Ahmad Baiquni

Vaksinasi untuk usia 18 tahun ke atas digelar di sejumlah tempat secara serentak.

Dream - Kabupaten Bogor, Jawa Barat, menjalankan vaksinasi Covid-19 untuk usia 18 tahun ke atas mulai Kamis, 17 Juni 2021. Vaksinasi menyasar 10 ribu warga Kabupaten Bogor dan digelar serentak di beberapa tempat dalam satu hari ini.

Presiden Joko Widodo didampingi Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, dan Bupati Bogor, Ade Munawaroh Yasin, meninjau pelaksanaan vaksinasi di Stadion Pakansari. Jokowi juga sempat menyapa sejumlah rumah sakit dan puskesmas yang hari ini juga menggelar vaksinasi.

" Sebanyak sepuluh ribu hari ini baik yang berada di Stadion Pakansari dan beberapa rumah sakit dan puskesmas yang ada di Kabupaten Bogor, seluruhnya sepuluh ribu," ujar Jokowi, disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden. 

Jokowi meminta proses vaksinasi terus dilanjutkan. Dia menilai saat ini Indonesia membutuhkan percepatan vaksinasi agar herd immunity atau kekebalan komunal bisa segera terbentuk

" Kita harapkan penyebaran Covid ini bisa kita hambat dan bisa kita hilangkan dari negara kita," kata dia.

Jokowi juga meminta seluruh tenaga kesehatan bersama pemerintah daerah bekerja keras mempercepat program vaksinasi. Dia menargetkan herd immunity di Kabupaten Bogor bisa tercapai pada Agustus 2021 nanti.

" Target kita paling tidak di Kabupaten Bogor ini bulan Agustus itu sudah tercapai kekebalan komunal," kata Jokowi.

Usia 18 Tahun Mulai Divaksin, Jokowi Target Bogor Capai Herd Immunity di Agustus
Presiden Joko Widodo Meninjau Vaksinasi Di Stadion Pakansari (YouTube/Sekretariat Presiden)
2 dari 6 halaman

Tinjau Bandara Soedirman Purbalingga, Jokowi: Penumpang 70 Persen, Alhamdulillah

Dream - Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. Dia meninjau Bandara Soedirman dan sempat berkeliling melihat sejumlah fasilitas bandara yang sebagian besar masih dalam proses pembangunan.

" Saya mengunjungi Kabupaten Purbalingga untuk melihat progres perkembangan pembangunan Bandar Udara Jenderal Besar Soedirman yang runwaynya telah selesai dibangun sepanjang 1.600 meter dan lebarnya 30 meter," ujar Jokowi, disiarkan kanal Sekretariat Presiden.

Jokowi mengatakan proses pembangunan bandara belum selesai. Tetapi, bandara sudah bisa melayani penerbangan dan disambut antusias oleh penumpang.

" Meskipun terminalnya belum selesai tetapi Minggu yang lalu telah mulai dilakukan penerbangan dari Jakarta Purbalingga, kemudian dari Purbalingga ke Surabaya oleh Citilink, dan kita melihat juga penumpangnya lebih dari 70 persen, Alhamdulillah," kata dia.

Jokowi pun berharap keberadaan bandara ini dapat memberikan kontribusi pada pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Purbalingga. Juga pada kabupaten sekitarnya antara lain Banyumas, Cilacap, Banjarnegara, Wonosobo, dan Kebumen.

" Sehingga kita harapkan mobilitas orang, mobilitas barang, logistik akan menjadi lebih baik sehingga akhirnya akan memberikan kontribusi pertumbuhan ekonomi pada wilayah di Jawa Tengah bagian selatan ini," ucap Jokowi.

3 dari 6 halaman

Masih Darurat Sudah Layani Penerbangan

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengapresiasi berjalannya penerbangan dari dan menuju Bandara Jenderal Soedirman. Dia ingin hal yang sama bisa terjadi dalam bandara lain yang proses pembangunannya belum selesai.

" Ini bagus, saya senang meskipun terminalnya masih terminal darurat tetapi airportnya sudah dipakai," kata dia.

Jokowi menilai operasional penerbangan sebelum bandara selesai dibangun memberikan dampak lebih produktif.

" Saya kira cara-cara cepat seperti ini yang akan terus kita lakukan terhadap juga airport-airport yang lain, yang dalam proses dibangun," ucap Jokowi.

4 dari 6 halaman

Jajal LRT, Jokowi Kenakan Rompi Ungu

Dream - Presiden Joko Widodo hari ini mencoba naik Light Rapid Transit atau kereta Lintas Rel Terpadu (LRT) Jabodebek. Moda transportasi ini segera beroperasi untuk umum.

Jokowi menggunggah momen saat berada di Stasiun LRT. Jokowi tampil dengan setelah kemeja putih dan celana hitam dipadu rompi warna ungu, dan menjajal kereta dari Stasiun TMII, Jakarta Timur menuju Stasiun Harjamukti Cibubur, Kota Depok, Jawa Barat.

" Kereta LRT ini meluncur mulus, nyaman, nyaris tanpa suara di atas lintasan rel yang melayang di sisi atas jalan tol Jagorawi," tulis Jokowi.

Jokowi mengatakan proses pembangunan LRT sudah hampir 85 persen. Harapan dia, tahap uji coba bisa dijalankan pada April 2022 dan pada Juni sudah bisa beroperasi untuk masyarakat umum.

" Pembangunan LRT Jabodebek dilakukan dalam dua fase. Fase pertama sepanjang 44,43 kilometer yang sedang kita rampungkan," kata dia.

 

5 dari 6 halaman

18 Titik Pemberhentian

Fase pertama operasional MRT nantinya melayani 18 titik pemberhentian. Layanan dibagi menjadi tiga lintas yaitu Cawang-Cibubur, Cawang-Dukuh Atas, dan Cawang-Bekasi Timur.

"LRT juga akan beroperasi di dua rute perjalanan, yakni Cibubur Line dari Stasiun Harjamukti ke Dukuh Atas dan Bekasi Line dari Stasiun Jatimulya ke Dukuh Atas," terang Jokowi.

Nantinya, sejumlah stasiun LRT Jabodebek diintegrasikan dengan moda transportasi lainnya. Seperti Trans-Jakarta, KRL Commuterline, MRT, hingga kereta cepat Jakarta-Bandung.

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Joko Widodo (@jokowi)

6 dari 6 halaman

Warganet Salah Fokus: Rompi BTS Pak?

Penampilan Jokowi pun menyita perhatian. Sampai-sampai ada yang mengidentikkan rompi Jokowi dengan grup band Korea Selatan, BTS, karena memiliki warna yang sama.

" Wah rompi BTS ya pak?" tulis warganet.

" Tauu ajaa pak jokowi hari ni lagi hits dimana2," tulis warganet lain.

" Haha pak dhe ikutan ungu jg," tulis warganet.

Join Dream.co.id