Waspada! Bencana Alam Mengintai Selama Lebaran 2016

News | Kamis, 30 Juni 2016 18:29
Waspada! Bencana Alam Mengintai Selama Lebaran 2016

Reporter : Maulana Kautsar

Ada 13 titik lokasi yang berpotensi macet dan rawan bahaya banjir dan longsor di Pulau Jawa.

Dream - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memprediksi mudik Lebaran 2016 akan diwarnai potensi gangguan bencana alam. Untuk itu, Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB menghimbau para pemudik tetap bersiaga hingga sampai lokasi tujuan.

" Ancaman bencana saat mudik Lebaran pada Juni-Juli 2016 akan tetap tinggi, khususnya banjir, longsor dan puting beliung karena adanya anomali cuaca," kata Sutopo, dalam keterangan resminya, Kamis, 30 Juni 2016.

Sutopo mengatakan ada 13 titik lokasi yang berpotensi macet dan rawan bahaya banjir dan longsor di Pulau Jawa. Ketiga belas titik tersebut yaitu Merak, Cikampek dan sekitarnya, Nagrek dan sekitarnya, Cirebon, Pejaban, Brebes, Tegal Pekalongan, Akses tol Semarang- Ungaran, Ambarawa, Broncong (Tuban), Babat (Lamongan), Porong hingga Sidoarjo.

[Peta Rawan Banjir dan Rawan Longsor Mudik Lebaran 2016 ]

Mengenai kondisi cuaca, kata Sutopo, hujan dengan intensitas ringan, sedang dan lebat masih berpotensi muncul selama masa mudik lebaran.

Berdasarkan pantauan prediksi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofiska (BMKG), masyarakat perlu mewaspadai peningkatan hujan selama mudik lebaran di Jawa, Sumatera bagian selatan, Sulawesi dan Kepulauan Maluku.

BNPB juga mengingatkan hujan yang sifatnya lokal dan kondisi yang memang memiliki wilayah rawan banjir dan longsor, seperti tingkat serapan tanah sehingga aliran permukaan akan memicu banjir atau tanah yang jenuh pemicu longsor.

Tidak hanya potensi bahaya banjir, longsor dan puting beliung, potensi gempa bumi dan gunungapi perlu diwaspadai masyarakat.

" Ada beberapa gunung yang patut menjadi perhatian pemudik, diantaranya satu gunug berapi dengan status awas yaitu Gunung Sinabung di Sumatera Utara, satu gunung dengan status siaga yaitu Gunung Lokon di Sulawesi Utara dan 17 gunung lain yang berstatus waspada," kata dia.

Cara Samuel Rizal Terapkan Hidup Sehat Pada Anak
Join Dream.co.id