Bikin Kesal Viral Influencer Umbar Postingan Dapat Booster Moderna, Cek Faktanya

News | Kamis, 29 Juli 2021 13:43

Reporter : Ahmad Baiquni

Vaksin dosis ketiga baru diberikan kepada tenaga kesehatan.

Dream - Kementerian Kesehatan menetapkan vaksin Covid-19 Moderna yang diterima Indonesia diberikan kepada tenaga kesehatan sebagai dosis ketiga atau booster. Ini untuk memberikan perlindungan kepada para nakes yang setiap hari bersentuhan langsung dengan pasien Covid-19.

Tetapi, sebuah unggahan influencer sukses membuat kesal. Unggahan tersebut menunjukkan si influencer menerima suntikan vaksin ketiga kalinya dengan vaksin Moderna.

Unggahan tersebut sempat dicapture dan dipajang kembali pemilik akun Instagram @johandjayanto.

" Tadi siang ada temen gw yang tiba2 cerita cerita kalau ada temen dia yg influencer (bokapnya pengusaha) hari ini dapat vaksin dosis ketiga Moderna (yg seharusnya buat nakes)," tulis pemilik akun.

Pemilik akun mengatakan unggahan influencer tersebut sudah dihapus. Tetapi dia sempat mengcapture unggahan tersebut.

 Influencer dapat vaksin Moderna
© Instagram @johandjayadi)

Gambar tersebut memperlihatkan latar belakang ruangan dengan lambang institusi pemerintahan di DKI Jakarta. Pemilik akun memutuskan untuk menutupi wajah dan identitas akun influencer tersebut.

Dia kemudian mengunggah beberapa tangkapan layar pemberitaan di sejumlah media. Dari pemberitaan tersebut, ditegaskan vaksin Moderna hanya diperuntukkan bagi nakes.

 

Bikin Kesal Viral Influencer Umbar Postingan Dapat Booster Moderna, Cek Faktanya
Vaksin Moderna (Shutterstock.com)
2 dari 3 halaman

Ramai di Twitter

Unggahan tersebut kemudian dipajang kembali oleh warganet pemilik akun Twitter @cathydjaya. Pemilik akun mengatakan mendapatkan unggahan tersebut dari temannya.

" Temen w cerita (di IG) kalau ada influencer yang dapat vaksin DOSIS KETIGA. INFLUENCER, bukan Nakes. buktinya apa? si influencer nge-post di IG story dia sendiri. temen w sempat capture sblm dihapus," tulis pemilik akun.

 

3 dari 3 halaman

Tanggapan Sekretaris DPRD DKI Jakarta

Sekretaris DPRD DKI Jakarta, Agustinus, memberikan tanggapan atas hal ini. Dia menyatakan segera menindaklanjuti ramainya kabar influencer mendapat suntikan vaksin dosis ketiga.

" Iya, saya hari ini akan segera ke pimpinan, menemui pimpinan, kebetulan hari ini paripurna, semua akan kami sampaikan supaya clear dan tidak membuat kecemasan masyarakat," kata Agustinus.

Agustinus menekankan vaksinasi di lingkungan DPRD DKI Jakarta masih untuk dosis pertama dan kedua menggunakan vaksin Sinovac. Sementara vaksinasi dosis ketiga, apalagi menggunakan vaksin Moderna, dia menegaskan itu tidak dijalankan untuk saat ini.

" Untuk vaksin ketiga yang dibilang Moderna, kami tidak ada dan itu tidak pernah diberikan di gedung DPRD, vaksin booster atau ketiga karena itu belum ada acuan untuk masyarakat, diberikan itu baru untuk Nakes," kata dia, dikutip dari Merdeka.com.

Join Dream.co.id