Bikin Bingung, Saat Take Off Negatif Covid-19, Begitu Landing Positif

News | Sabtu, 6 Juni 2020 10:00
Bikin Bingung, Saat Take Off Negatif Covid-19, Begitu Landing Positif

Reporter : Razdkanya Ramadhanty

Total ada 12 dari 91 penumpang Qatar Airways yang terbang ke Ibu Kota Yunani, Athena, dites positif covid-19 saat mendarat. Padahal, ketika mereka berada di Doha, hasilnya negatif.

Dream - Yunani telah membatalkan seluruh penerbangan menuju dan dari Qatar. Pembatalan dilakukan setelah ditemukan penumpang yang terbang dari Doha ke Athena yang terinfeksi virus corona.

Sejumlah penumpang Qatar Airways tersebut dinyatakan negatif Covid-19 saat dites sebelum berangkat dari Bandara Internasional Hamad, Doha. Namun, ketika menjalani tes setelah mendarat di Banadara Internasional Eleftherios Venzelos Athena, Yunani, 12 dari 91 penumpang dinyatakan positif Covid-19.

Hasil tes ini membuat otoritas penerbangan setempat kelabakan. Otoritas penerbangan Yunani terpaksa menyetop sementara penerbangan dari dan ke Qatara.

" Sebagai efeknya, penerbangan dari dan menuju Qatar disetop hingga 15 Juni 2020," jelas otoritas penerbangan Yunani, dikutip dari Mirror, 5 Juni 2020.

 

2 dari 2 halaman

Namun maskapai Qatar Airways membantah kabar ini. Mereka menyebut seluruh penumpang Flight QA203 sebelum terbang dari Doha sudah menjalani tes dan hasilnya negatif Covid-19.

" Semua penumpang di bandara di Doha telah melewati pemeriksaan sebelum terbang ke Athena sesuai protokol kesehatan sebelum mereka diperbolehkan terbang," jelas maskapai Qatar Airways.

Mereka menyebut 12 penumpang yang positif bukan berasal dari penerbangan milik Qatar Airways. Sekertariat Jenderal Perlindungan Warga Qatar dalam rilisnya menyebut 1 orang berpaspor Yunani baru pulang dari Jepang. Lalu, 2 orang Yunani dari Australia, dan 9 warga Pakistan dari Gujarat, dimana mereka semua memiliki izin tinggal di Yunani.

Sebanyak 12 penumpang ini pun harus menjalani karantina selama 14 hari. Jika dalam masa karantina ada yang dinyatakan negatif, mereka tetap harus menjalani karantina selama 7 hari untuk memastikan tidak membawa virus di tubuhnya. Sementara itu, penumpang lain yang satu pesawat dengan mereka tidak dijelaskan nasibnya.

Join Dream.co.id