Sosok Amelia Hapsari, Juri Oscar Pertama dari Indonesia

News | Senin, 6 Juli 2020 07:02
Sosok Amelia Hapsari, Juri Oscar Pertama dari Indonesia

Reporter : Razdkanya Ramadhanty

Menurut Amelia, salah satu tugasnya menjadi juri adalah memilih film-film yang menyuarakan keberagaman.

Dream - Mendengar nama Amelia Hapsari jelas membuat banyak orang Indonesia bangga. Pasalnya, ia menjadi orang pertama yang diundang untuk menjadi juri Piala Oscar.

Didasari gerakan #OscarsSoWhite pada 2016, yang memprotes dominasi orang kulit putih di Akademi, organisasi profesi itu berjanji untuk menambah jumlah anggota perempuan serta kulit hitam, etnis Asia, dan minoritas etnis lainnya.

Penasaran siapa Amelia Hapsari? Berikut sedikit cerita tentang sineas asal Semarang, Jawa Tengah yang dilansir dari Diadona:

2 dari 5 halaman

Kurator Film Dokumenter Asia Tenggara

Amelia pertama kali dikenal saat menjabat sebagai direktur program di In-Docs, organisasi nirlaba yang bertujuan memperkenalkan film-film dokumenter dari Asia Tenggara ke dunia internasional.

Pada 2017 dan 2018, In-Docs bekerja sama dengan Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Bekraf), untuk mengadakan forum dokumenter internasional Docs by The Sea.

Dalam forum itu, mereka memilih 30 proyek dokumenter dari Asia Tenggara yang kemudian dipresentasikan kepada para pengambil kebijakan di industri dokumenter internasional. Termasuk penyelenggara festival-festival film tenama seperti Sundance dan Tribeca.

Dari situlah Amelia mulai dipandang sebagai kurator film-film dokumenter berkualitas dari Asia Tenggara.

 

3 dari 5 halaman

Pernah Jadi Produser dan Sutradara

Amelia juga pernah terlibat langsung sebagai produser dan sutradara dalam beberapa proyek film pendek, seperti Jadi Jagoan ala Ahok (2012) dan Akar (2014).

Rising from Silence, dokumenter yang dia produksi tentang para penyintas tragedi 1965, meraih Piala Citra sebagai film dokumenter pendek terbaik pada Festival Film Indonesia 2018 dan disiarkan secara internasional lewat saluran televisi NHK Jepang.

 

 Docs by The Sea© Dream

4 dari 5 halaman

Bersanding Dengan Nama Besar Lainnya

Dalam ajang Academy Awards atau Oscar 2020 nanti, Amelia Hapsari akan menjadi bagian dari 819 orang anggota Academy of Motion Pictures Arts and Sciences, sebuah organisasi profesi di industri perfilman Hollywood.

Perempuan asal Semarang itu akan bergabung dengan nama-nama besar Hollywood lain seperti Zendaya, Eva Longoria, dan Ana de Armas. Aktris asal Korea Selatan, Park So-Dam, juga termasuk dalam jajaran nama anggota tersebut.

Pihak Academy Awards memang ingin membuat anggota tim penjuriannya menjadi lebih beragam dalam hal gender maupun latar belakang etnis.

 

Sumber: https://www.diadona.id/d-stories/amelia-hapsari-sineas-indonesia-pertama-yang-terpilih-menjadi-juri-di-academy-awards-200703c.html

5 dari 5 halaman

Join Dream.co.id