Viral Pesan WA Indonesia Diblokir Negara di Dunia Karena Covid-19, Ini Faktanya

News | Sabtu, 23 Mei 2020 16:01
Viral Pesan WA Indonesia Diblokir Negara di Dunia Karena Covid-19, Ini Faktanya

Reporter : Cynthia Amanda Male

Hoax atau fakta?

Dream - Di tengah maraknya pemberitaan lokal terkait PSBB yang kurang efektif, tersebar sebuah pesan di Whatsapp bahwa Indonesia tengah di-lockdown oleh dunia.

Pesan tersebut menyertakan tujuh negara yang menolak kedatangan WNI, yaitu Singapura, Jepang, Korea Selatan, Taiwan, Hong Kong, Australia dan Selandia Baru.

“ Indonesia terserah, DAMPAK RAKYATNYA BANDEL, AKHIRNYA INDONESIA DI LOCKDOWN DUNIA,” ujar pesan tersebut dilansir dari Liputan6.com.

Namun, pesan tersebut ternyata hoax karena ketujuh negara yang disebutkan telah membatasi kedatangan warga negara asing. Sehingga, bukan hanya WNI yang dilarang mengunjungi ketujuh negara tersebut.

Berikut perbandingan isi pesan dan faktanya.

2 dari 7 halaman

1. Singapura

 Singapura© Shutterstock.com

Isi pesan:

Kedutaan Singapura Jkt, Warga Negara Indonesia yang akan berkunjung ke Singapura, saat ini tidak di perbolehkan sampai batas waktu yang tidak di tentukan.(pengisian form kesehatan dll , saat ini di tangguhkan sampai ada kebijakan baru dari pemerintah Singapura).

Fakta:

Pemerintah Singapura telah menetapkan peraturan yang menolak kedatangan warga asing selama pandemi. “ Ini ketentuan sudah lama dan masih berlaku. Kita sudah pernah sampaikan press release. Setiap negara juga masih melarang kunjungan WNA, kecuali mereka sudah punya izin tinggal di Indonesia,” tutur Duta Besar RI di Singapura, Ngurah Swajaya, Jumat 22 Mei 2020.

3 dari 7 halaman

2. Jepang

 Jepang© Shutterstock.com

Isi Pesan:

Kedubes Jepang, Warga Negara Indonesia yang akan berkunjung ke Jepang, saat ini tidak di perbolehkan sampai dengan Awal Juni.(namun larangan ini akan di perpanjang atau tidak, tergantung kebijakan pemerintah Jepang).

Fakta:

Melansir Japan Guide, Jepang menolak kedatangan WNA lebih dari 100 negara. Selain Indonesia, Jepang juga menolak kedatangan turis dari Singapura, Korea Selatan, Amerika Serikat dan beberapa negara Eropa.

4 dari 7 halaman

3. Korea Selatan

 Korea Selatan© Shutterstock.com

Isi Pesan:

Bagian Korea Visa Application Center (KVAC) Jakarta, menginformasikan Warga Negara Indonesia yang akan berkunjung ke Korea, saat ini tidak di perbolehkan sampai dengan batas waktu yang tidak di tentukan.

Fakta:

Seperti negara lainnya, Korea Selatan membatasi kedatangan WNA dari berbagai negara. Visa short-term C-1 dan C-3 yang dibuat sebelum 5 April disuspens. Peraturan ini juga berlaku untuk visa free entry.

5 dari 7 halaman

4. Taiwan

 Taiwan© Shutterstock.com

Isi Pesan:

Konsulat Taiwan Jakarta, Warga Negara Indonesia yang akan berkunjung ke Taiwan, saat ini tidak di perbolehkan sampai batas waktu yang tidak di tentukan.

Fakta:

Dilarangnya kedatangan WNA di Taiwan telah diterapkan sejak bulan Maret. “ Untuk sementara ini tidak semua orang Indonesia bisa masuk ke Taiwan, kecuali bagi yang dapat visa khusus baru bisa masuk,” tutur perwakilan Taipei Economic and Trade Office (TETO) di Jakarta.

6 dari 7 halaman

5. Hong Kong

 Hong Kong© Shutterstock.com

Isi Pesan:

Info dari CX, WNI tidak di perbolehka transit ataupun masuk ke Hongkong sampai batas waktu yang tidak ditentukan.

Fakta:

Berdasarkan pernyataan di situs Cathay Pacific, Hong Kong memblokir kedatangan WNA. Kecuali untuk beberapa kondisi seperti memiliki suami atau istri berkewarganegaraan Hong Kong atau merupaka petugas diplomatik.

7 dari 7 halaman

6. Australia dan Selandia Baru

 Australia© Shutterstock.com

Isi Pesan:

Info dari Kedubes Australia dan NZ Jkt, saat ini WNI Indonesia belum bisa berkunjung ke Australia & NZ sampai batas waktu yang tidak di tentukan.

Fakta:

Hingga saat ini, Australia hanya menerima warga negaranya sendiri. Kecuali jika memiliki anggota keluarga yang merupakan penduduk Australia atau Selandia Baru.

(Sumber: Liputan6.com)

Terkait
Join Dream.co.id