Hukuman-hukuman Margriet untuk Engeline

News | Selasa, 3 November 2015 16:44
Hukuman-hukuman Margriet untuk Engeline

Reporter : Sandy Mahaputra

Hukuman yang lazim diberikan Margriet kepada Engeline itu diungkap saksi dipersidangan.

Dream - Margriet Christina Megawe memiliki cara tersendiri untuk menghukum anak angkatnya, Engeline. Hukuman itu diberikan jika Margriet tak becus kerja.

Hukuman yang lazim diberikan Margriet kepada Engeline itu diungkap saksi Rahmat Handono dan Susiani, dalam sidang lanjutan pembunuhan bocah mungil itu dengan terdakwa Agus Tay Hamba May.

Menurut Susiani, jika Engeline dianggap tak becus memberi makan ayam, kucing dan anjing Margriet, maka ia tak akan mendapat jatah makan siang.

" Kalau dia dihukum karena dianggap tidak becus kerja maka dia tidak akan diberi makan seharian," kata Susiani kepada Ketua Majelis Hakim edward Haris Sinaga di Pengadilan Negeri (PN) Denpasar, Selasa 3 November 2015.

Sudah barang tentu, lanjut Susiani, Engeline yang kala itu sekolah siang hari tak dapat jatah makan hingga ia dari pagi hingga ia pulang sekolah.

Tak hanya itu, sesampainya di rumah dari sekolah Engeline juga dihadapkan pada setumpuk pekerjaan. Di antaranya adalah kembali mencuci tempat makan dan minum ternak serta kembali memberinya makan.

Usai itu, ia kembali harus membersihkan tempat makan dan minum ayam, kucing dan anjing milik Margriet. Tragisnya, bocah sekecil itu harus membersihkan hingga larut malam.

" Sampai malam hari dia bersihkan. Kadang itu sampai jam 23.00 WITA, kadang lebih," katanya. Jika pekerjaan terakhir Engeline sebelum ia tidur dianggap tak becus juga oleh Margriet, maka bocah delapan tahun itu kembali tak dapat jatah makan.

Alhasil, ia harus tidur dengan perut keroncongan alias seharian tak makan. " Kalau tidak becus malam harinya, ya dihukum lagi," kata Susiani. (Ism) 

Dari subuh...

2 dari 2 halaman

Dari Subuh Hingga Larut Malam

Dream - Susiani dan Handono mengaku tiap hari melihat Engeline bangun pagi-pagi. " Saya bangun Shubuh sudah lihat Engeline bangun," kata Susiani.

Engeline, kata Susiani, bangun pagi untuk mengurus ternak ayam, anjing dan kucing milik ibu angkatnya, Margriet Christina Megawe. " Ayamnya ada 500an ekor, kucing 20 ekor, anjing 5 ekor. Itu semua Engeline yang urus," kata dia.

Engeline, kata Susiani, tiap hari dengan telaten memberi makan ayam, kucing dan anjing. " Tiap hari dia yang beri makan. Sementara Margriet hanya membantu saja," ucapnya.

Menurut Susiani, Margriet bangun tiap hari pada pukul 08.00 WITA. Ia lantas mencari Engeline untuk membantu bocah delapan tahun itu untuk memberi makan ternak. " Margriet itu bangun siang jam 8. Tiap hari Engeline yang urus ayam, kucing dan anjing," katanya.

Usai memberi makan ayam, sore hari Engeline pula yang harus membersihkan tempat makan dan minum ayam.

Jika sedang membersihkan tempat makan ayam dan minum, Susiani melihat Engeline melakukannya hingga larut malam hari. (Ism) 

" Sampai jam 23.00 WITA saya masih suka lihat dia membersihkan tempat makan ayam dan minum. Ada banyak soalnya, ratusan," cerita Susiani dan Handono yang pernah tinggal di rumah kos yang disewakan Margriet sejak 2012 lalu.

(Laporan: Berry Putra)

Join Dream.co.id