Daging 2 Ribu Hewan Kurban Bakal Disebar ke Daerah yang Membutuhkan

News | Minggu, 19 Agustus 2018 06:00
Daging 2 Ribu Hewan Kurban Bakal Disebar ke Daerah yang Membutuhkan

Reporter : Muhammad Ilman Nafi'an

16 sapi akan dipotong di Lombok sebagai kepedulian bagi korban gempa

Dream - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) tahun ini gencar menggalang kerjasama dengan berbagai perusahaan agar masyarakat mudah membeli hewan kurban. Pembelian hewan kurban itu bisa melalui mini market serta melalui toko online.

Deputi Baznas, Arifin Purwakanaanta mengaakan, dalam Program Kurban Berdayakan Desa ini menargetkan dua ribu hewan kurban dan dagingnya akan disebar ke seluruh wilayah yang membutuhkan.

" Jadi saat ini sudah ada 200 kambing dan sapi kita anggap 7 kambing. Diperkirakan saat Idul Adha kita sudah mencapai 2 ribu kurang sedikit. Ditambah hari tasyrik sekitar 2 ribu kambing," ujar Arifin di kantornya, Jakarta, Kamis 16 Agustus 2018.

Untuk membantu masyarakat yang terdampak gempa Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) Baznas akan memotong 16 sapi yang akan dikurbankan.

" Kami sudah merencanakan akan memotong 16 sapi di Lombok untuk menyalurkan kepedulian masyarakat Indonesia, untuk korban lombok," ucap dia.

Lebih lanjut, Arifin menuturkan, program ini nantinya akan membeli hewan kurban dari peternak yang ada di desa-desa yang tersebar di 24 provinsi. 

2 dari 2 halaman

Baznas Garap Kurban Online

Dream - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) merespons kebutuhan masyarakat agar bisa berkurban tanpa harus repot membeli hewan secara langsung.

Lembaga pemungut dan penyalur zakat, infak dan sedekah ini meluncurkan layanan pembelian hewan kurban online dengan menggandeng platform e-commerce Shopee.

Ketua Baznas, Bambang Sudibyo, mengatakan pemilihan mitra kerja sama ini didasarkan pada jumlah pelanggan yang lebih dari  515 kota dan kabupaten selurun Indonesia.

" Kurban yang ditunaikan melalui program Shopee Berkurban akan turut dalam Program Kurban Berdayakan Desa," kata Bambang di Gedung Baznas, Jakarta, Rabu 15 Agustus 2018.

Menurut Bambang, program ini bukan hanya melayani masyarakat yang ingin berkurban saja. Lebih dari itu, Baznas juga menjalankan pemberdayaan ekonomi pedesaan.

Bambang mengatakan hewan kurban Baznas dibeli langsung dari peternak di desa-desa. Setelah disembelih, hewan kurban kemudian didistribusikan ke wilayah-wilayah yang membutuhkan.

" Dengan demikian, para peternak dan masyarakat pedesaan mendapatkan manfaat ekonomi dari pembelian hewan kurban sekaligus mendapatkan tambahan asupan gizi dari daging yang dibagikan," ucap dia.

Babak Baru Daus Mini Vs Daus Mini ‘KW'
Join Dream.co.id