Permohonan Pemotongan Zakat ASN Sudah Diajukan ke Presiden

News | Jumat, 17 Mei 2019 18:02
Permohonan Pemotongan Zakat ASN Sudah Diajukan ke Presiden

Reporter : Muhammad Ilman Nafi'an

Jika disetujui, upah ASN dipotong untuk zakat.

Dream - Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Bambang Sudibyo, mengatakan permohonan mengenai pemotongan upah Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk zakat telah diajukan. Permohonan disampaikan secara tertulis oleh Menteri Agama.

" Dari informasi yang kami peroleh, Bapak Menteri Agama telah menulis surat kepada Bapak Presiden tentang permohonan inisiatif penyusunan Peraturan Presiden tentang Zakat Aparatur Negara," ujar Bambang, Jumat 17 Mei 2019.

Jika permohonan itu disetujui, kata Bambang, upah ASN akan dipotong secara otomatis untuk zakat. Pemotongan tersebut dapat mengurangi kewajiban pajak penghasilan.

Selanjutnya, Bambang mengatakan penghimpunan dana zakat, infak, dan sedekah dalam kurun waktu lima tahun terakhir menunjukkan peningkatan rata-rata 26,64 persen setiap tahun. Dana tersebut disalurkan untuk mengentaskan kemiskinan.

Menurut Bambang, para mustahik (penerima zakat) yang dibantu Baznas mengalami peningkatan pendapatan rata-rata hingga 97,88 persen.

Baznas kembali membuka gerai layanan pembayaran zakat maal di Istana Negara. Baznas menyediakan 30 counter layanan yang bisa dimanfaatkan oleh para menteri dan pejabat negara membayar zakat yang didampingi petugas bank.

" Alhamdulillah, terlaksana kembali acara tahunan yang telah dirintis oleh Bapak Presiden sejak 2016," kata Bambang. (ism)

Alasan Nada Zaqiyyah Terjun Sebagai Desainer Fashion Muslim
Join Dream.co.id