Bangkitkan Semangat PNS Korban Bencana, Ini Cara Kemenag

News | Senin, 19 November 2018 12:01
Bangkitkan Semangat PNS Korban Bencana, Ini Cara Kemenag

Reporter : Maulana Kautsar

Meski demikian, kata Lukman, masih banyak hal yang perlu dilakukan dalam proses pemulihan.

Dream - Kementerian Agama (Kemenag) mencanangkan gerakan Kemenag Bangkit Melayani Umat. Gerakan ini merupakan upaya Kemenag membangkitkan semangat para aparatur sipil negara (ASN) Kemenag pasca bencana di Sulawesi Tengah.

Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, untuk meningkatkan semangat para ASN, Kemenag Pusat menyalurkan bantuan senilai Rp 10 miliar.

" Saya ingin tahu perkembangan penanggulangan itu karena sebagian besar bantuan tanggap darurat itu adalah sumbangan ASN Kemenag. Penyaluran dan penggunaannya harus dipertanggung jawabkan," ujar Lukman, dalam keterangan resminya, Senin, 19 Oktober.

Lukman mengatakan, setelah jaringan komunikasi mulai pulih pasca bencana Palu dan Donggala, Kemenag juga telah segera membentuk Tim Satgas Penanggulangan Dampak Bencana.

Satgas ini bertugas melakukan pemetaan hingga mengoordinasikan penanganan pemulihan pasca bencana terutama pada pemangku kepentingan Kemenag.

Selain berkoordinasi dengan instansi lain, satgas juga berhubungan dengan pihak luar negeri yang memberikan bantuan.

“ Alhamdulillah, tim bekerja sesuai rencana berdasarkan tupoksi Kemenag. Bantuan tersalurkan sesuai target, langkah-langkah darurat juga dilakukan dengan baik,” kata Lukman usai berkeliling meninjau kelas-kelas darurat.

 

2 dari 2 halaman

 Menag Lukman Hakim Saifuddin saat mengunjungi gereja terdampak bencana

Meski demikian, kata Lukman, masih banyak hal yang perlu dilakukan dalam proses pemulihan.

Lukman meminta jajarannya untuk mengalokasikan program prioritas pada 2019 untuk Palu, terutama untuk memenuhi kebutuhan infrastruktur di IAIN Palu, madrasah, kantor KUA, rumah ibadah, dan gedung kantor Kemenag.

Lukman juga meminta jajarannya belajar memahami perubahan dan dinamika proses alam.

“ Semoga seluruh jajaran Kemenag dan masyarakat Sulteng tetap sabar dan mampu menjalani kehidupan lebih baik,” kata dia. (ism)

 

Lebih Dekat dengan Tiffani Afifa, Dokter Cantik Juara Kpop World Festival
Join Dream.co.id