Ini Impian Peraih Nilai 100 untuk Semua Mata Pelajaran UN

News | Kamis, 16 Mei 2019 03:43
Ini Impian Peraih Nilai 100 untuk Semua Mata Pelajaran UN

Reporter : Maulana Kautsar

Diterima masuk ke UGM dengan Bidik Misi.

Dream - Siswa kelas III IPA 6 SMA Negeri 4 Surakarta, Ananda Hafidh Rifai menjadi pembicaraan khalayak. Pemuda asal Desa Wirogunan, Kartasura, Sukoharjo ini mendapatkan nilai sempurna ujian nasional.

Empat mata pelajaran Ujian Nasional, Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Peminatan Jurusan Fisika dia tuntaskan dengan maksimal. Raihan skor akhirnya, 100.

Dengan nilai itu, Hafidh diterima di jurusan Teknik Elektronik, Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Dia masuk UGM dengan sistem Bidik Misi. Dengan sistem ini, dia tak dikenai biaya apapun selama di UGM.

Kepada Merdeka.com, Hafidh terkejut dengan torehan nilai itu. " Saya sebenarnya kaget, tidak menyangka mendapat nilai 100 semua. Prediksi saya sebelumnya cuma 80 atau 85 saja," kata Hafidh.

 Hafidh Rifai Raih Nilai UN Sempurna (Foto: Merdeka.com)

Hafidh Rifai Raih Nilai UN Sempurna (Foto: Merdeka.com)

2 dari 2 halaman

Belajar di Waktu Longgar

Pemuda kelahiran 11 Oktober 2001 itu mengatakan, meski mendapat nilai sempurna, dia mengatakan belajar secara mandiri. Dia tak mengandalkan kursus atau bimbingan orangtua.

" Saya belajar di waktu-waktu yang longgar," ucap dia.

Dengan torehan ini, Hafidh berharap dapat membantu orangtuanya. Sebab, sejak sang ayah meninggal, ibunya harus berjualan mainan untuk menghidupi keluarga.

" Saya inign membantu ibu saya yang selama jualan mainan di dekat SD Pucangan. Membantu adik-adik saya biar nanti bisa sekolah yang tinggi," ucap dia.

(ism, Sumber: Merdeka.com/Arie Sunaryo)

Adu Akting dengan Betari Ayu, Alvin Faiz Ceritakan Respon Sang Istri
Join Dream.co.id