Bandara `Hantu` Itu Hidup Lagi

News | Jumat, 13 Maret 2015 10:15
Bandara `Hantu` Itu Hidup Lagi

Reporter : Sandy Mahaputra

Harapan pihak-pihak yang mempromosikan bandara ini untuk menarik minat wisatawan tidak pernah terwujud.

Dream - Maskapai penerbangan bertarif murah asal Irlandia, Ryanair, akan memulai debutnya terbang dari bandara 'hantu' Castellon, Spanyol.

Disebut bandara hantu karena bandara ini terbengkalai sejak ekonomi Spanyol hancur akibat krisis keuangan global pada 2008 lalu.

Menurut laporan News.com.au dikutip Dream.co.id, Jumat 12 Maret 2015, bandara ini terletak hanya satu jam perjalanan dengan bus dari bandara utama Valencia di Spanyol Timur.

Diresmikan pada 2011, Bandara Castellon tidak memiliki izin yang diperlukan untuk mengoperasikan penerbangan dan akhirnya terbengkalai selama empat tahun.

Harapan pihak-pihak yang mempromosikan bandara ini untuk menarik minat wisatawan tidak pernah terwujud.

Namun akhirnya, Bandara Castellon mendapat izin pengoperasian pada Desember tahun lalu dan sejak itu melayani beberapa penerbangan swasta.

Ryanair berencana menghubungkan Bandara Castellon dengan tujuan-tujuan di Inggris pada September tahun ini, kata SNC-Lavalin, perusahaan Kanada yang mengambil alih operasi bandara ini tahun lalu.

Bandara Castellon akan melayani tiga penerbangan seminggu sekali pada musim panas dan dua penerbangan pada musim dingin. Tujuannya, ke kota London dan dua penerbangan sekali seminggu ke kota Bristol.

" Penerbangan langsung ini menjadi langkah maju bagi pembangunan Bandara Castellon dan industri wisata Valencia," kata SNC-Lavalin. 

Diperkirakan, Ryanair bakal mengangkut 61 ribu penumpang setiap tahunnya. Bandara hantu ini mampu menampung 2 juta penumpang setiap tahunnya.

Sebenarnya ada beberapa bandara yang dibangun di Spanyol selama booming sektor konstruksi namun akhirnya ditinggalkan terbengkalai setelah terjadi krisis ekonomi pada 2008.

Salah satunya adalah bandara di Ciudad Real, yang terletak 200 kilometer arah selatan kota Madrid. Pembangunan bandara tersebut menelan dana US$ 1,05 miliar dan hingga sekarang belum ada yang berminat mengelolanya.

Ekonomi Spanyol berangsur pulih sejak pertengahan 2013. Sektor wisata Negeri Matador ini menerima kunjungan turis 65 juta orang tahun lalu. (Ism) 

Join Dream.co.id