Balita di Purbalingga Positif Corona usai Pulang Kondangan dari Jakarta

News | Jumat, 27 Maret 2020 16:52
Balita di Purbalingga Positif Corona usai Pulang Kondangan dari Jakarta

Reporter : Sandy Mahaputra

“Anak memiliki riwayat mobilitas baru pulang dari Jakarta ikut neneknya kondangan dan begitu..."

Dream - Seorang balita berusia dua tahun asal wilayah Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah dinyatakan positif Covid-19.

“ Berdasarkan hasil pemeriksaan dinyatakan positif Covid-19,” kata Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi di Purbalingga, dikutip dari laman Pojoksatu.id, Jumat 27 Maret 2020.

Balita laki-laki itu diketahui baru saja kembali dari Jakarta bersama sang nenek, dan mengalami sakit setibanya di Purbalingga.

“ Anak memiliki riwayat mobilitas baru pulang dari Jakarta ikut neneknya kondangan dan begitu pulang ke Purbalingga sakit dan dirawat di rumah sakit,” tutur Dyah.

Pasien balita tersebut sudah diisolasi di rumah sakit dan mendapatkan perawatan. Ini merupakan pasien positif Covid-19 kelima di Kabupaten Purbalingga.

2 dari 6 halaman

Bupati menghimbau kembali, meminta masyarakat mematuhi aturan protokol kesehatan guna mengantisipasi penyebaran Covid-19.

“ Masyarakat agar tidak berada dalam kerumunan dan tetap di rumah saja demi kebaikan bersama,” katanya.

Selain itu juga mengingatkan agar warga Purbalingga yang berada di perantauan untuk menunda rencana mudik ke kampung halaman, guna mencegah penyebaran Covid-19.

Sumber: Pojoksatu.id

3 dari 6 halaman

Diketahui, empat pasien dalam pengawasan asal Purbalingga dipastikan positif terinfeksi virus corona atau Covid-19. Hal ini diumumkan Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi, melalui unggahan video di akun Instagramnya.

Pada unggahan pertama pukul 15.30 WIB. Pada unggahan pertama, Dyah baru mengumumkan satu pasien positif Corona Covid-19.

" 37 tahun, laki-laki, tempat tinggal Kecamatan Kalimanah," katanya.

Pasien ini memiliki riwayat perjalanan dari Bogor. Setelah mudik ke Purbalingga, ia mengalami gejala serupa covid-19. Pasien dirawat di RSUD Banyumas.

4 dari 6 halaman

Kemudian, pada pukul 18.30 WIB, Dyah kembali mengunggah video berisi kondisi terbaru Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Purbalingga. Dyah menyebut tiga pasien kembali dinyatakan positif Covid-19.

" Total empat kasus positif corona di Purbalingga," kata Dyah.

Pasien positif kedua ialah remaja putri berusia 15 tahun asal Kecamatan Rembang. Pasien ini bekerja sebagai pramusaji di sebuah restoran di Jakarta sebelum pulang ke Rembang, Purbalingga.

Pasien ketiga perempuan usia 43 tahun asal Kecamatan Pengadegan. Pasien ini memiliki riwayat mobilisasi dari Jakarta kemudian pulang ke Purbalingga.

Pasien positif Corona Covid-19 keempat adalah laki-laki berusia 57 tahun. Dia tinggal di Jakarta. Namun ia ke Purbalingga untuk mengantar anaknya ke Bobotsari.

(Sumber: Liputan6/Rudal Afgani Dirgantara)

5 dari 6 halaman

Update Corona 27 Maret 2020: Pasien Positif Tembus Seribu Orang

Dream - Juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19, Achmad Yurianto menyebut terjadi 153 penambahan kasus pasien yang positif Covid-19. Dengan penambahan ini total pasien positif Covid-19 berjumlah 1.046.

" Berdasarkan data 26 Maret 2020 WIB sampai hari ini pukul 12.00 WIB, terjadi kasus yang cukup signifikan. Ada 153 kasus baru yang kita dapatkan," kata Yuri, Jumat, 27 Maret 2020.

Yuri penambahan yang signifikan ini masih terjadi penularan virus corona di tengah masyarakat. " Masih ada sumber penyakitnya dan kontak dekat yang terjadi," ucap dia.


6 dari 6 halaman

Untuk itu, Yuri menyarankan agar masyarakat terus menjaga jarak, cuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir, dan produktif di rumah, serta mengonsumsi gizi yang cukup. Dia optimis, langkah-langkah itu dapat memutus rantai penyebaran virus corona.

" Bertoleransilah dengan tetangga kita, saling mengingatkan, dan saling membantu menjadi tulang punggung untuk menghadapi kasus ini," ujar dia.

Yuri menyebut, saat ini ada 11 pasien yang dinyatakan sembuh dan diizinkan pulang. Dengan penambahan ini, kini ada 46 pasien pulih.

Sementara itu, angka kematian juga terus mendaki. Ada sembilan kematian baru dalam 24 jam kemarin. 

" Sehingga totalnya (pasien meninggal) 87," ucap dia.

Join Dream.co.id