Menag Puji Wakaf Energi Masjid Istiqlal Sebagai Ide Brilian

News | Sabtu, 6 Maret 2021 06:01
Menag Puji Wakaf Energi Masjid Istiqlal Sebagai Ide Brilian

Reporter : Ahmad Baiquni

Wakaf Energi merupakan gagasan baru yang memperkaya khazanah perwakafan khususnya di Indonesia.

Dream - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengapresiasi peluncuran Wakaf Energi Masjid Istiqlal. Dana wakaf yang terkumpul dimanfaatkan untuk mendanai pengadaan panel surya guna memenuhi kebutuhan listrik di masjid terbesar di Asia Tenggara tersebut.

" Gerakan wakaf energi merupakan sebuah ide brilian yang akan membuka pola baru dalam pengelolaan tempat ibadah yang ramah lingkungan," ujar Gus Yaqut, dikutip dari Kemenag.go.id.

Gus Yaqut menilai wakaf energi menjadi gagasan cemerlang dalam perkembangan wakaf di Indonesia. Selain itu, sebagai bentuk dukungan dalam upaya menjaga keberlanjutan lingkungan.

" Sebagai ikon kebanggaan bangsa Indonesia, Masjid Istiqlal kini mengusung konsep Smart & Green Mosque. Maka, kampanye wakaf energi merupakan langkah strategis untuk mengajak masyarakat berpartisipasi dan berkontribusi dalam mengembangkan konsep Smart & Green Mosque," kata dia.

 

2 dari 2 halaman

Tak hanya itu, Gus Yaqut juga memandang kampanye wakaf energi membuka peran yang lebih luas. Wakaf tidak lagi identik dengan makam, masjid maupun madrasah namun dapat diwujudkan dalam bentuk lain yang memberikan manfaat kepada umat.

" Karena itulah, kampanye ini akan memperkaya khazanah perwakafan di Indonesia," ucap Gus Yaqut.

Selanjutnya, Gus Yaqut mengatakan perbincangan mengenai wakaf energi sangat jarang terpikirkan oleh para pengelola masjid. Padahal, wakaf jenis ini bukan hal yang tabu dan justru memberikan manfaat kepada umat.

" Kita berharap kampanye ini semakin membuka hubungan yang lebih erat antara masyarakat dengan masjid. Kita akan sangat bangga ketika sumber energi masjid tak lagi hanya mengandalkan aliran dari PLN, melainkan juga memanfaatkan energi yang terbarukan," terang Gus Yaqut.

Join Dream.co.id