Apa yang Terjadi Kalau Salah Isi Bahan Bakar? Bantu Anak Temukan Jawabannya

News | Rabu, 27 Januari 2021 21:00
Apa yang Terjadi Kalau Salah Isi Bahan Bakar? Bantu Anak Temukan Jawabannya

Reporter : Wuri Anggarini

Yuk, ajak anak cari tahu lebih lanjut!

Di masa tumbuh kembangnya, anak-anak mungkin banyak yang penasaran tentang alat transportasi yang ada di sekitarnya. Banyak pertanyaan yang mungkin bermunculan dalam pikiran anak-anak, misalnya saja tentang konsep transportasi ramah lingkungan yang menggunakan bahan bakar ramah lingkungan. Yuk, ajak anak cari tahu lebih lanjut termasuk apa yang terjadi pada kendaraan saat salah isi bahan bakar!

2 dari 3 halaman

Belajar Transportasi Ramah Lingkungan dari Cerita Mobil untuk Odi

Pembelajaran tentang transportasi ramah lingkungan bisa lebih mudah jika memanfaatkan video Belajar dari Rumah yang disajikan oleh Kemendikbud. Pada episode 13 untuk kelas 4 SD, teman-teman di rumah mengajak untuk membaca cerita Mobil untuk Odi.

Dalam cerita tersebut, Odi adalah seorang penjual minuman jus wortel segar yang dicampur dengan perasan jeruk dan madu. Kelezatan minumannya ini membuat Odi punya banyak pelanggan. Setiap hari Odi mengantarkan pesanan minumannya dengan sepeda.

 Kemendikbud© Dream

Suatu hari ia mendapatkan pesanan minuman yang sangat banyak melebihi jumlah order biasanya. Ia pun mengantarkan minumannya ke kota besar dengan mengayuh sepeda. Tapi, di tengah jalan minuman Odi tumpah. Sejak saat itu ia tidak pernah menerima pesanan dalam jumlah banyak lagi. Odi pun berpikir untuk menggunakan kendaraan bermotor agar bisa mengantarkan pesanan dalam jumlah banyak dengan lebih mudah.

Odi akhirnya memutuskan pergi ke kota untuk membeli mobil. Ia mendatangi sebuah toko mobil dan mencari mobil ramah lingkungan. Ia pun dibantu oleh sang penjaga toko yang menjelaskan jika mobil bermesin diesel adalah yang paling cocok dengan bahan bakar solar atau Pertamax. Mobil diesel punya keuntungan yang lebih efisien jika dibandingkan dengan mesin lainnya. Selain itu, diesel menghasilkan tenaga yang lebih kuat sehingga cocok untuk membawa beban berat.

Selain mobil diesel, ada juga mobil berbahan bakar bensin yang bisa melaju kencang sehingga cocok digunakan sehari-hari. Bahan bakar bensin terdiri dari Pertamax yang lebih hemat tapi punya harga lebih mahal. Ada juga Pertalite yang lebih sering digunakan karena harganya lebih terjangkau.

Tak hanya mengajak teman-teman di rumah membaca cerita, dalam video kali ini ada juga pelajaran tentang kata sambung perbandingan yang menyamakan satu benda dengan yang lainnya. Materi lain yang dipelajari adalah pembulatan yang merupakan konsep matematika yang penting karena sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

3 dari 3 halaman

Eits, Jangan Sampai Salah Isi Bahan Bakar!

Video Belajar dari Rumah untuk Kelas 5 SD juga nggak mau kalah mengajak teman-teman di rumah membaca komik nih. Kali ini, Kak Kinan membacakan cerita tentang Awang yang lagi penasaran karena katanya solar bisa membuat kendaraan jadi lebih bertenaga. Ia pun ingin membuktikan sendiri dengan cara mengisi motornya dengan solar, dengan harapan motornya jadi lebih kuat di tanjakan.

 Kemendikbud© Dream

Setelah selesai mengisi bahan bakar, Awang menjalankan motornya dnegan senang karena membayangkan motornya jadi bertenaga. Sayangnya, di tengah jalan motornya malah tersendat dan mengeluarkan asap dari mesinnya. Ia membawa motornya ke bengkel dan baru tahu kalau ternyata mesin sepeda motor berbeda dengan mesin truk yang bisa menggunakan diesel. Jika mesin bensin diisi dengan solar, akibatnya kendaraan bisa mogok seperti motor milik Awang.

Nah, setelah mendengar cerita Awang, jangan sampai salah mengisi bahan bakar untuk kendaraan ya! Masih banyak lagi pelajaran lainnya yang dijelaskan oleh Kak Kinan dalam video ini, seperti menebak garis bilangan dan menghitung kedalaman laut.

Gali terus ilmu lainnya dengan nonton video Belajar dari Rumah yang dipersembahkan oleh Kemendikbud, setiap Senin-Jumat hanya di TVRI!

Terkait
Join Dream.co.id