Anies Perpanjang Masa Jabatan RT dan RW DKI Jakarta Jadi 5 Tahun

News | Jumat, 20 Mei 2022 14:00

Reporter : Okti Nur Alifia

Masa jabatan pengurus RT - RW di DKI Jakarta diperpanjang dari 3 tahun menjadi 5 tahun.

Dream - Masa jabatan RT dan RW telah diperpanjang oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dari tiga tahun menjadi 5 tahun. Perpanjangan masa jabatan ini dituangkan dalam Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 22 Tahun 2022 tentang Rukun Tetangga dan Rukun Warga.

Pergub ditandatangani oleh Anies pada 28 April 2022, dan diunggah ke situs JDIH DKI Jakarta pada 17 Mei 2022.

" Masa jabatan pengurus RT atau pengurus RW selama lima tahun terhitung sejak tanggal ditetapkannya Keputusan Lurah," demikian bunyi Pergub Pasal 28.

Pergub baru yang diteken oleh mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) itu menganulir Pergub sebelumnya yang disahkan oleh Basuki Tjahaja Purnama, yang mengatur tentang masa jabatan pengurus RT/RW yaitu Nomor 171 Tahun 2016, yakni 3 tahun.

Anies Perpanjang Masa Jabatan RT dan RW DKI Jakarta Jadi 5 Tahun
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto: Shutterstock.com)
2 dari 2 halaman

" Pada saat Peraturan Gubernur ini mulai berlaku Peraturan Gubernur Nomor 171 Tahun 2016 tentang Pedoman Rukun Tetangga dan Rukun Warga dicabut dan dinyatakan tidak berlaku," demikian isi Pergub.

Dijelaskan dalam Pasal 28, bahwa masa jabatan pengurus RT - RW hanya boleh dua kali berturut-turut, atau tidak berturut-turut.

" Pengurus RT atau Pengurus RW hanya dapat menjabat paling banyak 2 kali masa jabatan secara berturut-turut atau tidak secara berturut-turut."

Sumber: Liputan6.com

Join Dream.co.id