Ditanya Antisipasi Banjir, Anies Baswedan: `Izinkan Saya Bekerja Dulu`

News | Kamis, 27 Februari 2020 07:36
Ditanya Antisipasi Banjir, Anies Baswedan: `Izinkan Saya Bekerja Dulu`

Reporter : Ahmad Baiquni

Jakarta dilanda banjir dalam beberapa hari terakhir.

Dream - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menjamin seluruh kawasan Jakarta sudah tidak terendam banjir. Dia meyakinkan, genangan air telah surut secara keseluruhan.

" Semalaman pihak Pemda DKI Jakarta itu terus di lapangan mengeringkan semua jalur-jalur utama, dari pagi semua jalur utama sudah bebas dari air genangan, baik itu underpass, ataupun jalan-jalan utama lainnya, semuanya dikerjakan, jadi ini tuh non-stop," ucap Anies di Ancol, Jakarta, Rabu 26 Februari 2020.

Anies juga memastikan kebutuhan logistik masyarakat terpenuhi. Dia mengatakan pos-pos kesehatan telah dibangun untuk memenuhi kebutuhan pelayanan bagi masyarakat yang membutuhkan.

Hingga saat ini, Pemprov DKI Jakarta masih akan terus menjalankan pos bantuan dan pelayanan korban terdampak banjir tetap berfungsi. Alasannya, masih ada warga yang bolak-balik ke tempat penampungan selama proses pembersihan tempat tinggalnya yang sempat terendam.

" Habis itu, kami mengecek bahwa tidak ada hambatan di sistem drainase, sehingga proses penyurutan air itu bisa berjalan tanpa hambatan," kata Anies.

Ketika ditanya soal upaya penanggulangan banjir, Anies enggan memberi tanggapan. Dia meminta masyarakat untuk memberikan kesempatan bagi Anies untuk bekerja.

" Maka itu saya sampaikan kepada semua, izinkan saya bekerja, bersama rakyat dulu sekarang, bersama warga. Pembahasan banjir dan lain-lain, kita lakukan setelah warga kembali ke rumahnya masing-masing," ujar Anies.

Lebih lanjut, Anies menegaskan sejak Rabu sore banjir di Jakarta sudah 100 persen surut.

(Laporan: Raissa Anjanique Nathania)

2 dari 6 halaman

Seperti Lautan, Banjir di Pulo Gadung Penuh Sampah

Dream - Banjir yang mengepung Jakarta tak hanya membawa air. Sampah turut mengapung di atas air, hingga tampak seperti lautan.

Seperti yang terjadi di Jalan Perintis Kemerdekaan, Pulo Gadung, Jakarta Timur. Sampah memenuhi jalan yang tergenang air.

Akun Twitter @arjuno_ireng01 memuat video yang menunjukkan lautan sampah. Video ini diambil pada Selasa pagi, 25 Februari 2020.

Video tersebut menunjukkan lokasi banjir tepatnya di depan kampus Akademi Sekretari Manajemen Indonesia (AMSI). Perguruan tinggi tersebut tertelak di Jalan Perintis Kemerdekaan.

Terlihat, sampah yang terapung didominasi plastik bungkus makanan. Tampak pula styrofoam dan kardus.

Unggahan tersebut memicu reaksi dari netizen.

" Sampah masyarakat apa barang2 mantan itu yg lagi tergenang?" tulis @anggarekza.

" Turut prihatin atas kerusakan2 dan kerugian2 akibat berulang-ulang terendam banjir," tulis @AW_astono.

" Indahnya ibu kota negara (ku), Jakarta Raya," tulis @chirp_john.

3 dari 6 halaman

Terobos Banjir, Pemotor Tewas Hantam Lubang di Jakarta Pusat

Dream - Niat Rahmat Hidayat menerjang banjir berujung tragis. Jauh dari kata sukses, dia justru meregang nyawa saat mencoba melintas di Jalan Majapahit, Jakarta Pusat yang sedang tergenang air cukup tinggi.

Insiden ini terjadi pada Selasa, 25 Februari 2020 pukul 08.15 WIB. Penyebabnya, Rahmat tidak mengetahui ada lubang di jalan yang coba dia terobos.

" Persisnya (lubang) di Jalan Majapahit arah ke Harmoni," ujar Kepala Subdit Bin Gakkum Polda Metro Jaya, Komisaris Fahri Siregar, dikutip dari 

Menurut Fahri, Rahmat sempat tidak dapat mengendalikan motornya ketika melintasi jalanan tergenang. Akibatnya, Rahmat menghantam lubang yang tidak kelihatan akibat tertutup air.

Motor tersebut terguling. Rahmat pun terjatuh dengan kepala membentur trotoar dan meninggal seketika.

Jenazah Rahmat sempat dilarikan ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, seperti dilaporkan Antara.

Sumber: /Henny Rachma Sari.

4 dari 6 halaman

Jalan Tol Jasa Marga yang Masih Ditutup Karena Banjir

Dream - PT Jasa Marga Tbk melaporkan sejumlah ruas tol dari pantauan hingga pukul 14.40 WIB masih mengalami genangan air yang cukup tinggi. Kondisi ini membuat perushaan memutuskan menutup ruas-ruas tersebut.

Dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Selasa 25 Februari 2020, rest area KM 19 di Tol Jakarta-Cikampek ditutup sementara karena tercatat masih mengalami genangan air setinggi 30 cm.

Penutupan sementara jug dilakukan pada terowongan yang berada di rusa Gerbang Tol Cikunir 4 arah Jatiasih karena adanya genangan air. Jasa Marga memutuskan mengalihkan arus Lalu lintas ke GT Kalimalang 2.

Selain dua rus tol tersebut, Jasa marga juga emenutup sementara akses jalan tol karena banjir di GT Pondok Gede Timur 2 (KM8/Jatibening), GT Cikunir 3, GT Cibatu arah Jakarta, GT Cikarang Barat 4 arah Jakarta, dan GT Cikarang Barat 5 arah Jakarta.

 

5 dari 6 halaman

Ruas yang Bisa Dilalui

Namun tak semua ruas jalan tol yang dikelola Jasa Marga mengalami penutupan. Beberapa ruas masih bisa dilalui meski ditemukan genangan air.

Berikut ini adalah daftar ruas tol yang masih bisa dilalui kendaraan.

1. Jalan Tol Jakarta-Cikampek

Arah Cikampek:

-KM 08+800 (Jatibening), ada genangan 5-10 cm di lajur 1 dan 2, masih bisa dilintasi seluruh jenis kendaraan.

Arah Jakarta:

- Km 19, terdapat genangan 10-20cm di lajur 1, 2 dan 3. Pengguna jalan dapat melintas dengan menggunakan lajur 3 dan lajur 4.

- Km 08+800 (Jatibening), saat ini berangsur surut. Genangan saat ini 10-30 cm di Lajur 1 dan 2, untuk Lajur 3 dan 4 sudah dapat dilintasi oleh seluruh jenis kendaraan.

2. Jalan Tol Jagorawi

Arah Jakarta:

-Genangan air di Kali Cipinang Km 3+800 juga sudah mulai surut, saat ini genangan ada di bahu jalan dan lajur 1 setinggi 5-10 cm. Lajur 1 dapat dilalui semua jenis kendaraan.

3. Jalan Tol JORR Non S

Arah Rorotan: Nihil Genangan

6 dari 6 halaman

Kantor Kebanjiran, Sri Mulyani Terapkan e-Office

Dream - Banjir yang menerjang Ibukota menyedot perhatian banyak pihak, terutama Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Dia berharap masyarakat Jakarta segera terbebas dari banjir.

"Semoga seluruh warga Jakarta dan sekitarnya yang terkena musibah banjir dapat diberikan keselamatan dan segera terbebas dari genangan banjir," tulis Sri Mulyani di akun Instagramnya, @smindrawati, diakses pada Selasa 25 Februari 2020.

Sri Mulyani mengatakan beberapa kantor Kementerian Keuangan juga dilanda banjir. Kondisi ini mengganggu kelancaran pekerjaan di kementerian.

"Jajaran Kementerian Keuangan bahu membahu untuk menangani musibah ini," kata dia.

      View this post on Instagram

Saya menyampaikan rasa prihatin yang mendalam terhadap musibah banjir yang melanda Jakarta pagi hari ini. Beberapa kantor Kementerian Keuangan di Jakarta dan sekitarnya juga dilanda banjir dan sedikit mengganggu kelancaran dalam bertugas. Jajaran Kementerian Keuangan bahu membahu memberikan bantuan untuk menangani musibah ini. Kami di Kementerian Keuangan juga memberikan dispensasi atas absensi bagi pegawai yang tempat tinggalnya terkena banjir atau daerah sekitar tempat tinggalnya terdampak banjir sehingga mengalami kesulitan menuju ke kantor masing-masing. Dengan penerapan e-office, beberapa pekerjaan tertentu dapat diselesaikan meskipun tidak datang ke kantor. Semoga seluruh warga Jakarta dan sekitarnya yang terkena musibah banjir dapat diberikan keselamatan dan segera terbebas dari genangan banjir. Jakarta, 25 Februari 2020

A post shared by Sri Mulyani Indrawati (@smindrawati) on

Akibat banjir, mantan direktur perencanaan Bank Dunia ini memberikan keringanan bagi karyawannya yang terdampak dan kesulitan mengakses kantor. Sri Mulyani membolehkan mereka bekerja di rumah melalui skema e-office.

"Dengan penerapan e-office, beberapa pekerjaan tertentu dapat diselesaikan meskipun tidak datang ke kantor," kata dia.

Wajah Tegar BCL Saat Antarkan Jenazah Ashraf Sinclair
Join Dream.co.id