Angelina Jolie Dukung Palestina, Sang Ayah Pro-Israel

News | Selasa, 5 Agustus 2014 12:22
Angelina Jolie Dukung Palestina, Sang Ayah Pro-Israel

Reporter : Ervina

Aksi Voight ini merupakan bentuk kecaman terhadap aksi pasangan Penelope Cruz dan Javier Bardem yang memberikan dukungan untuk Palestina.


Dream - Dukungan moral yang ditunjukkan oleh berbagai lapisan masyarakat termasuk artis Holllywood, justru mendapat respons yang berbeda dengan aktor senior yang satu ini. Jon Voight secara gamblang justru menunjukkan dukungannya untuk Israel.

Aksi Voight ini merupakan bentuk kecaman terhadap aksi pasangan Penelope Cruz dan Javier Bardem yang memberikan dukungan untuk Palestina. Aktor yang sekaligus ayah kandung Angelina Jolie ini mengatakan, Cruz dan Bardem tidak mengetahui tenang realitas politik daerah dan ancaman yang dihadapi Israel.

Sebelumnya pasangan Hollywood itu menandatangani surat yang berisi pernyataan banyak warga Palestina yang telah kehilangan tempat tinggal, kesulitan mengakses air bersih, listrik, hingga harus kehilangan rumah sakit, sekolah dan tempat bermain. Sementara di sisi lain masyarakat internasional tidak melakukan langkah apapun. Bahkan Bardem mengancam akan berhenti membayar pajak jika negara asalnya, Spanyol tetap mengucurkan dana untuk Israel.

Dalam sebuah surat terbuka seperti dilansir Dailymail, Voight menulis pandangannya tentang penderitaan yang menurutnya justru dialami oleh warga Israel. Aktor Amerika ini menyebut ia bukan hanya marah, tetapi juga sakit hati terhadap aksi Cruz dan Bardem yang membiarkan aksi anti-semitisme berkembang di seluruh dunia.

Selain mengecam aksi pasangan Hollywood, Voight juga telah menyuarakan pendapat tentang perselisihan Israel - Gaza saat menghadiri rapat umum pro-Israel di Las Vegas. Secara tegas ia manyatakan setiap keturunan Amerika Yahudi dan non-Yahudi harus menunjukkan kemarahan mereka, tentang aksi propaganda dan kebohongan tentang Israel yang disebut telah menekan rakyat Palestina.

Selain Cruz dan Bardem sejumlah bintang Hollywood juga memberikan dukungan untuk krisis yang tengah terjadi di Gaza. Personel 'One Direction' Zayn Malik, Selena Gomez, dan Russel Brand merupakan tiga nama yang menyatakan dukungannya untuk membebaskan Palestina.

Berbanding terbalik dengan langkah sang ayah. Sebelumnya Angelina Jolie yang juga merupakan duta pengungsian PBB menunjukkan rasa duka yang mendalam atas kesulitan yang tengah dihadapi anak-anak dan kaum perempuan di Gaza. Meski tidak menyatakan dukungan secara terbuka, namun Jolie selama ini kerap turut andil dalam sejumlah aksi sosial seperti mengunjungi kamp pengungsian di daerah konflik.

Aksi membabi buta Israel yang menyerang Palestina melalui jalur darat, laut dan udara membuat warga Palestina harus memksa sekitar 3.000 warga mengungsi dan berlindung. Selain menyerang pemukiman warga,sekolah PBB dan rumah sakit yang menampung korban juga tak luput dari serangan brutal tentara Israel. (Ism)

Join Dream.co.id