Alhamdullilah, Museum Rasulullah Segera Dibangun di Depok

News | Rabu, 25 Desember 2019 09:12
Alhamdullilah, Museum Rasulullah Segera Dibangun di Depok

Reporter : Mutia Nugraheni

Indonesia dipilih sebagai yang lokasi pertama di luar Arab Saudi.

Dream - Sosok Nabi Muhammad SAW adalah panutan utama umat Islam di seluruh dunia. Ajaran dan kehidupannya merupakan sumber tuntunan untuk mendapat keberkahan dari Allah SWT.

Untuk itu berbagai negara di dunia berlomba mengajukan diri sebagai lokasi pembangunan museum perjalanan hidup dan syi'ar Nabi Muhammad SAW. Alhamdullilah, Indonesia dipilih sebagai yang lokasi pertama di luar Arab Saudi.

Museum tersebut akan dibangun bersamaan di tiga kota. Antara lain, Museum As-Salamu Alayka Ayyuha An-Nabiyy di Makkah, Museum Shirah Nabawiyah di Madinah, dan Museum Rasulullah di Cimanggis, Depok, Jawa Barat.

.

2 dari 6 halaman

Persiapan Indonesia

Ketua Yayasan Wakaf Assalam Dr. Nashir Az-Zahroni menyampaikan hal tersebut dalam pertemuan dengan delegasi Dewan Masjid Indonesia yang dipimpin Wakil Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI), H. Syafruddin di Kota Makkah, Selasa 24 Desember 2019.

 Pembangunan Museum Rasulullah© Museum Rasulullah

Rapat tersebut juga dihadiri oleh wakil dari Liga Muslim Dunia yang akan membiayai pendirian museum, serta tim pembangunan Museum Rasulullah.

Menurut Nashir Az-Zahroni yang juga telah berkunjung ke calon lokasi museum di Indonesia, pihaknya telah melihat keseriusan pihak Indonesia menyiapkan pembangunan Museum Rasulullah.

" Kami tinggal menunggu kesiapan pihak Indonesia. Selepas pertemuan ini, seharusnya sudah langsung kerja. Kita semua sudah siap," kata Nashir yang akan menyiapkan materi isi museum.

 

 

3 dari 6 halaman

Disiapkan Selama 13 Tahun

Selama 13 tahun, Nashir dan tim telah mengumpulkan semua naskah, manuskrip, dan segenap benda peninggalan Nabi Muhammad SAW yang masih ada di berbagai belahan dunia, dan kini hendak menampilkannya dalam museum yang hendak dibangun di tiga kota tersebut.

Delegasi Indonesia yang dipimpin Wakil Ketua Dewan Masjid Indonesia, Syafruddin dalam pertemuan itu menayangkan rancangan awal Museum Rasulullah di hadapan hadirin melalui layar televisi besar. Rancangan tersebut dibuat oleh sebuah tim dari DMI.

 Pembangunan Museum Rasulullah© Museum Rasulullah

Sementara pihak Yayasan Wakaf Assalaam juga menayangkan konsep desain Museum Shirah Nabawiyah yang pembangunannya sedang berlangsung di sisi barat Masjid Nabawi.

Wakil Ketua DMI, H. Syafruddin menyampaikan, pihak Indonesia telah memgambil langkah nyata dan serius dalam persiapan pendirian Museum Rasulullah ini.

Di areal lokasi museum di Cimanggis, Depok, segera dilaksanakan pembersihan lahan. Semua pihak di Indonesia, telah bahu-membahu untuk bersama-sama mewujudkan berdirinya Museum Rasulullah.

" Kita sudah sangat siap memulai pembangunan museum," kata Syafruddin.

4 dari 6 halaman

Doa Agar Istiqamah Mengikuti Sunah Rasulullah

Dream - Rasulullah Muhammad SAW merupakan sosok manusia yang penuh dengan kebaikan. Sifat, perilaku, hingga tutur katanya selalu mengandung kebaikan.

Sehingga patutlah kiranya Rasulullah menjadi teladan semua manusia. Karena semua yang ada pada Rasulullah adalah kebaikan.

 Panjatkan Doa di Malam Lailatu Qodar© DREAM.CO.ID

Bagi umat Islam, mencontoh segala yang ada pada diri Rasulullah adalah keharusan. Meski tidak semua orang bisa menjalankan seluruh sunah Sang Nabi, mulai dari bangun tidur hingga kembali terlelap.

Meski begitu, tentu kita perlu terus berupaya menjalankan sunah dan tuntunan Rasul. Niatkan semata menunjang amalan ibadah kita.

Agar kita bisa istiqamah menjalankan sunah yang dicontohkan Rasulullah, dianjurkan membaca doa ini. Doa tersebut tercantum dalam hadis riwayat Imam Al Baihaqi dari Ibnu Umar RA.

 

5 dari 6 halaman

Doa Istiqamah Jalankan Sunah Nabi

 Doa Istiqamah Ikuti Sunah© dream.co.id

Allahumma ahyini 'ala sunnati nabiyyika shallallahu 'alaihi wa salama wa tawaffani 'ala millatihi wa a'idzni min mudhillatil fitan.

Artinya,

" Ya Allah, hidupkan aku dengan senantiasa mengikuti sunnah nabi-Mu, Muhammad SAW, matikan aku di atas agamanya, dan lindungi aku dari fitnah-fitnah yang menyesatkan."

6 dari 6 halaman

Doa Mohon Perlindungan Saat Datang Angin Kencang

Dream - Musim hujan kini telah tiba. Hampir sebagian besar wilayah di Indonesia telah diguyur air hujan.

Ada kalanya hujan turun sangat lebat bahkan cenderung ekstrem. Selain air, terkadang hujan lebat ini disertai angin kencang. Saking kencangnya, kekuatan angin bisa membuat pohon tumbang. Bahkan bisa merusak atap rumah.

Peristiwa pohon tumbang akibat angin kencang banyak terjadi di sekitar kita. Tentu tak pernah ada yang berharap kerusakan dari angin tersebut.

Ketika ada angin bertiup sangat kencang, memohon perlindungan kepada Allah dengan doa ini.

 Doa angin kencang© dream.co.id

Allahumma inni as'aluka khairaha wa khaira ma fiha wa khaira ma ursilat bihi wa a'udzubika min syarriha wa syarri ma fiha wa syarri ma ursilat bihi.

Artinya,

" Ya Allah sesungguhnya aku memohon kepada-Mu kebaikan angin ini dan kebaikan yang ada padanya dan kebaikan yang dibawanya. Dan aku berlindung kepada-Mu dari keburukan angin ini, keburukan yang ada padanya dan keburukan yang dibawanya."

Join Dream.co.id