Kenapa Erdogan Begitu Emosi Saat Baca Surat Donald Trump

News | Jumat, 18 Oktober 2019 19:03
Kenapa Erdogan Begitu Emosi Saat Baca Surat Donald Trump

Reporter : Maulana Kautsar

Jangan ngotot, Erdogan!

Dream - Hubungan diplomatik Amerika Serikat (AS) dan Turki mengalami ketegangan. Alasannya, Presiden AS, Donald Trump mengirimi surat bernada kekanak-kanakan kepada Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan.

" Presiden Erdogan yang menerima surat itu, benar-benar menolaknya dan meletakkannya di tempat sampah," kata sumber BBC Turki, diakses Jumat, 18 Oktober 2019.

Surat tertanggal 9 Oktober 2019 itu berisi desakan ke Turki untuk tidak melancarkan serangan militer ke pasukan Kurdi di Suriah Utara.

" Don't be a tough guy. Don't be a fool! (Jangan ngotot. Jangan bodoh)" tulis Trump.

 

2 dari 6 halaman

Genjatan Senjata

Selain kalimat itu, Trump kalimat lain yang yang menuai kontroversi yaitu mengenai kerja sama.

" Mari kita bekerja banyak! Anda tidak ingin bertanggung jawab atas pembantaian ribuan orang dan saya tidak ingin bertanggung jawab atas hancurknya ekonomi Turki- dan saya akan," ucap dia.

" Sejarah akan memandangmu selamanya sebagai iblis jika hal-hal baik tidak terjadi," kata dia.

Trump mendesak Turki agar tidak melancarkan serangan militer terhadap pasukan pimpinan Kurdi di Suriah utara, namun Erdogan mengabaikan permintaan ini.

Saat ini, Wakil Presiden AS, Mike Pence sekarang berada di Ankara, Turki, untuk mendorong gencatan senjata.

3 dari 6 halaman

Reaksi Presiden Erdogan Tahu Jagoannya Kalah Pilkada

Dream - Calon wali kota yang diusung partai terkuat di Turki saat ini, Partai AK, mengalami kekalahan di pemilihan kepala daerah (Pilkada) kota Istanbul.

Kandidat Partai AK, yang juga mantan perdana menteri, Binali Yildirm, harus mengakui lawannya, Ekrem Imamoglu. Kekalahan ini menjadi kekalahan kedua selama Pilkada Istanbul.

Pada pilkada terbaru ini, Ekrem memenangi 54 persen suara. Sementara itu, Binali mendapat 45 persen suara.

Sebelum ini, Pilkada Istanbul digelar pada Maret 2019. Tetapi, Dewan Pemilihan Umum Turki menyatakan pemilu ulang karena, setelah ditekan Partai AK, diduga adanya sejumlah penyimpangan.

Melalui Twitter, Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, mengucapkan selamat kepada Ekrem. " Saya mengucapkan selamat kepada Ekrem Imamoglu yang memenangi pemilu berdasarkan perhitungan awal," kata Erdogan, Senin, 24 Juni 2019.

Dilaporkan BBC, sebelumnya Erdogan menyebut, `siapapun yang memenangi pilkada Istanbul, memenangi Turki.`

4 dari 6 halaman

Siap Bekerja

Dalam pidato kemenangannya, kandidat dari Partai CHP itu, mengatakan, sebagai awal baru dari kota dan negara. Dia mengatakan kepada para pendukungnya upaya `memperbaiki demokrasi`.

" Kita telah membuka halaman baru bagi Istanbul. Di halaman baru ini kita akan mencapai keadilan, kesamaan, cinta," ujar dia.

Dia juga berjanji akan bekerja sama dengan Erdogan. " Pak Presiden, saya siap bekerja dengan Anda," ucap dia.

5 dari 6 halaman

Erdogan Jadi Saksi Pernikahan Mesut Ozil dan Mantan Miss Turki

Dream – Pemain sepakbola Jerman, Mesut Ozil, melepas mas alajangnya dengan menikahi mantan Miss Turki, Amine Gulse, di Istanbul, Turki. Diantara tamu undangan di hari spesial tersebut, Presiden Turkim Recep Tayyip Erdogan hadir sebagai saksi pernikahan Ozil dan Gulse.

Dikutip dari DW, Sabtu 8 Juni 2019, sebuah foto yang diunggah oleh Presidential Press Service Turki ini memperlihatkan Erdogan yang tersenyum bersama sang istri, Emine. Keduanya berdiri di samping pasangan muda selama pernikahan berlangsung.

Erdogan menghadiri pernikahan Ozil dan Gulse untuk menjadi saksi plus memberikan petuah.

Sekadar informasi, pernikahan tersebut berlangsung di Hotel Bosporus—salah satu hotel termahal di Istanbul.

6 dari 6 halaman

Biayai Operasi 1000 Anak

Ozil mengkonfirmasi pernikahannya di media sosial pada Kamis, 6 Juni 2019. Dia mengatakan akan membiayai opersi 1.000 anak yang kurang beruntung sebgai tanda pernikahannya.

“ Sebagai pesepak bola profesional, saya berada dalam posisi beruntung dan istimewa. Saya dan Amine akan membiayai operasi 1.000 anak yang membutuhkan,” kata dia.

Ozil memberikan sumbangan kepada Big Shoe, yayasan amal di Jerman, untuk operasi seribu anak.

Selain itu, mantan pemain timnas Jerman ini juga memberikan sumbangan yang besar kepada Bulan Sabit Merah Turki. Sumbangan itu diberikan untuk distribusi makanan bagi 16 ribu orang yang terdampak oleh perang di Turki dan Suriah.(Sah)

Detik-detik Bom Bunuh Diri Meledak di Polrestabes Medan
Join Dream.co.id