Cara Mudah Naik Haji di Usia Muda

News | Sabtu, 11 Juli 2020 15:20
Cara Mudah Naik Haji di Usia Muda

Reporter : Nur Ulfa

Masa tunggu pemberangkatan haji di Indonesia sudah belasan bahkan ada yang 39 tahun.

Dream - Pergi haji merupakan rukun Islam ke lima dan wajib dilaksanakan bila mampu secara segi finansial dan fisik. Namun kebanyakan masyarakat di Indonesia mendaftarkan haji saat sudah berusia tua, di atas 40 tahunan.

Menurut Dr Hurriyah El Islamy, anggota Badan Pelaksana, Badan Pengelolaan Keuangan Haji (BPKH), sebaiknya mendaftar haji dimulai dari usia dini.

" Saya menyarankan untuk menyegerakan haji, kenapa? karena dari rukun Islam yang lima yang paling banyak memerlukan tenaga itu adalah haji," kata Hurriyah dalam live instagram bersama Dream, Sabtu 11 Juli 2020.

 bph© Dream

2 dari 4 halaman

Waktu Tunggu Sangat lama

Berdasarkan data, untuk menunggu berangkat haji di Indoensia termasuk lama, mulai dari sebelas tahun menunggu hingga mencapai 39 tahun.

" Indonesia dengan negara umat Islam terbanyak di dunia kita ada antrean cukup panjang. Contoh untuk Sulawesi Selatan waktu tunggu 39 tahun, Jakarta 23 tahun, yang paling pendek sulawesi utara nunggu 11 tahun," ucap dia.

Karena waktu tunggu yang sangat lama, Hurriyah menyarankan untuk sesegera mungkin daftar haji mulai dari sekarang. Karena, pergi haji di usia muda dengan kondisi fisik yang masih sehat dan bugar sangatlah membantu saat berada di Tanah Suci.


3 dari 4 halaman

Ibadah haji Maksimal Diusia Muda

Karena memang ibadah haji meruoakan ibadah paling berat yang memerlukan fisik yang kuat dan bugar.

" Kalau di usia 20 tahun baru rencana berangkat potensinya paling cepet 43 tahun kalau di Jakartam, itu kalau 20 bayangin kita usia 40 tahun baru daftar, di usia 63 tahun. Itu kalau kondisi fisik masih sehat, kalau tidak?" katanya lagi.

Menurut dia setiap bulannya yang mendaftarkan haji sudah cukup banyak. Bahkan saking banyaknya setiap bulan selalu bertambah satu tshun waktu untuk berangkat haji.

" Kalau saya hitung jamaah yang daftar perbulan, itu bertambah 1 tahun artinya kalau sekarang udah niat mau daftar haji akhir tahun kalau sekarang 23 tahun ketika akhir tahun bisa 26 tahun waktu tunggunya," tambah Hurriyah.

Nah, Sahabat Dream, bila ingin naik haji dalam usia muda, segera mendaftar dan terus menabung. Semoga mabrur.

4 dari 4 halaman

Ikuti Obrolannya

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Dream.co.id (@dreamcoid) pada

Join Dream.co.id