Aktivitas Seru Pengusir Kantuk Usai Sahur

News | Sabtu, 17 April 2021 18:15
Aktivitas Seru Pengusir Kantuk Usai Sahur

Reporter : Eko Huda S

Kalian harus tahu bahwa langsung tidur usai sahur sejatinya berbahaya.

Dream - Banyak di antara kita yang langsung tidur usai santap sahur. Maklum, saat sahur menjelang fajar, kita biasanya dalam kondisi ngantuk berat. Sehingga kita lebih memilih langsung tidur daripada menunggu Subuh tiba.

Mungkin kita menganggap kebiasaan itu sangat wajar. Apalagi, pasa siang hari kita juga harus bekerja mencari rezeki dengan berpuasa. Tidur usai sahur dianggap sebagai cara jitu untuk mencegah kantuk saat bekerja di siang hari.

Namun, kalian harus tahu bahwa langsung tidur usai sahur sejatinya berbahaya. Menurut dokter Ari Fahrial Syam, dari FKUI-RSUPN Cipto Mangunkusumo, kebiasaan langsung tidur usai sahur bisa memberikan efek buruk terhadap pencernaan.

Langsung tidur setelah sahur bisa menimbulkan refluks esofagus, posisi tubuh saat tidur membuat makanan kembali ke atas, yaitu ke tenggorokan dan mulut.

Untuk itu, lebih baik kita tetap terjaga untuk menunggu sholat Subuh setelah sahur. Agar tidak mengantuk selama menunggu waktu Subuh, kitsa bisa melakukan beberpa kegiatan di bawah ini agar tetap terjaga sampai Subuh.

2 dari 5 halaman

1. Membaca Alquran

 Membaca Alquran
© Shutterstock.com

Membaca Alquran selama Ramadan sangat dianjurkan. Sebab, pahala ibadah selama bulan Puasa dilipatgandakan. Sehingga waktu luang antara waktu sahur dan Subuh bisa kita manfaatkan dengan membaca Alquran.

Ambillah wudu. Membasuh muka saat berwudu menbuat kita lebih segar. Sehingga kita bisa mengusir kantuk. Saat membaca, kita dituntut konsentrasi, sehingga rasa kantuk bisa terusir saat kita fokus membaca Alquran.

3 dari 5 halaman

2. Mencicil pekerjaan

 Ilustrasi
© Shutterstock.com

Mungkin ada pekerjaan yang harus diselesaikan di siang hari. Waktu setelah sahur menjadi saat tepat untuk 'mencuri' start. Kita bisa mencicil pekerjaan lebih awal, sehingga tidak harus bekerja keras saat berpuasa di siang hari.

Mulailah dengan pekerjaan-pekerjaan yang ringan. Sehingga waktu yang dibutuhkan tidak terlalu lama, kira-kira bisa sampai waktu Subuh. Dengan demikian, rasa kantuk usai sahur bisa terusir, pekerjaan di siang hari pun menjadi lebih ringan.

4 dari 5 halaman

3. Membaca buku

 Buku
© Pixabay.com


Banyak orang setuju bahwa membaca buku menjadi salah satu cara 'membunuh waktu'. Kita bisa menerapkannya setelah makan sahur. Sehingga bisa mengusir rasa kantuk hingga Subuh tiba.

Pilihlah buku yang paling kita sukai. Dengan tema-tema yang menarik, maka kita bisa melewati waktu hingga Subuh dengan tidak terasa.

5 dari 5 halaman

4. Olahraga ringan

 Ilustrasi
© Pixabay.com


Olahraga ringan usai sahur bisa menjadi pilihan tepat mengusir kantuk sampai Subuh. Tidak perlu olahraga berat, lakukan yang ringan-ringan saja.

Kita bisa melakukan jalan kaki keliling kompleks, misalnya. Aktivitas ini membuat otot-otot tubuh kita menjadi lebih aktif bergerak, sehingga rasa kantuk usai sahur bisa terusir.

Nah buat Sahabat Dream ketinggalan atau ingin menyaksikan kembali program Pingin Sahuran episode 1 bersama Coki Pardede, Tretan Muslim & Habib Husein Ja’far, jangan bersedih hati. Kamu bisa menyaksikannya lagi di link vidio ini

Join Dream.co.id