8 Fakta tentang Gunung Piramid, Legenda Para Pendaki

News | Senin, 10 Agustus 2020 18:00
8 Fakta tentang Gunung Piramid, Legenda Para Pendaki

Reporter : Syahidah Izzata Sabiila

Selain menawarkan keindahan alam, gunung piramid menjadi legenda tersendiri bagi para pendaki. Berikut fakta-faktanya.

Dream - Bagi para pendaki, gunung menjadi salah satu tempat favorit menghabiskan waktu luang sambil menantang adrenalin.

Selain menawarkan suasana yang indah, gunung-gunung di Indonesia banyak jadi acuan para pendaki untuk merasakan jalur yang beragam, hingga mencapai puncak.

Salah satu gunung yang menjadi legenda bagi para pendaki adalah Gunung Piramid. Di balik keindahannya, Gunung Piramid menyimpan misteri hingga memakan korban. 

Lalu bagaimana fakta mengenai Gunung Piramid yang berlokasi di Bpndowoso, Jawa Timur?

2 dari 5 halaman

Fakta Mengenai Gunung Piramid

1.Berbentuk Seperti Piramid

Gunung Piramid terletak di Desa Ardisaeng, Pakem, Bondowoso, Jawa Timur. Gunung ini berada di kawasan pegunungan Argopuro dan diapit oleh tiga gunung lain, yakni Gunung Salak, Krincing, dan Saing. Karena bentuk puncaknya yang mirip seperti piramida, gunung ini dikenal sebagai Gunung Piramid.

2. Punya Ketinggian yang Relatif Rendah

Salah satu daya tarik dari Gunung Piramid adalah ketinggiannya yang relatif rendah jika dibandingkan dengan gunung-gunung sekitarnya. Gunung piramid hanya memiliki ketinggian 1.521 meter di atas permukaan laut (mdpl).

3 dari 5 halaman

3. Jalur Ekstrem

Meski tergolong gunung yang cukup rendah, Gnung Piramid memiliki jalur ekstrem yang cukup berbahaya. Gunung Piramid memiliki kemiringan yang ekstrem, dan dikelilingi jurang di kanan kirinya.

Saat mendaki gunung, disarankan untuk melakukannya pada siang hari dengan alasan keamanan bagi para pendaki. 

4. Kemiringan hingga 90 Derajat

Lokasi Punggung Naga yang ekstrem di gunung Piramid© Instagram @discoverbondowoso

Menurut penuturan para pendaki yang berhasil sampai puncak, Gunung Piramid diklaim memiliki kemiringan sekitar 90 derajat. Trek yang terjal dan berbahaya inilah yang membuat Gunung Piramid kerap kali menelan banyak korban. Salah satunya pendaki Thoriq yang diduga terjatuh ke lokasi 'Punggung Naga' Gunung Piramid.

4 dari 5 halaman

5. Membutuhkan Waktu yang Lama

Meski tergolong gunung yang memiliki ketinggian rendah, untuk mencapai puncak Gunung Piramid, para pendaki harus membutuhkan waktu yang lama.  

Hal ini terjadi karena jalur menuju puncak harus melewati jalur setapak dengan banyak bantuan dan pasir. Batas vegetasi jalur pendakiannya pun sangat sempit sehingga menuntut kehati-hatian ekstra.

Bagi para pendaki yang ingin berkunjung, harus menyiapkan peralatan yang cukup lengkap karena sisi kiri dan kanannya berupa jurang. 

6. Ukuran Puncak Sekitar 5 Meter Saja

Berbeda dengan kebanyakan puncak gunung lain di Indonesia, puncak gunung piramid hanya sekitar 5 meter saja. Karena ukurannya yang sangat sempit, para pendaki biasanya tidak membangun tenda di puncak. 

5 dari 5 halaman

7. Menyimpan Keindahan yang Menakjubkan

Puncak gunung Piramid© Instagram @mohammadagusamin

Meski tergolong gunung yang ekstrem dan berbahaya, para pendaki akan dimanjakan dengan keindahan alam dari puncak Gunung Piramid. 

Selain karena dikelilingi deretan gunung di kawasan Argopuro, sepanjang perjalanan para pendaki akan dimanjakan dengan pemandangan yang masih alami. Seperti hamparan hutan pinus, hingga aliran sungai yang masih bersih dan segar. 

8. Menyimpan Misteri

Gunung Piramid juga menyimpan misteri tersendiri bagi para pendaki yang datang. Menurut penuturan warga sekitar, para pendaki dilarang mengambil barang dari gunung, termasuk tanaman dan buah-buahan. 

Konon katanya, jika seorang pendaki mengambilnya, maka sang pendaki bisa hilang, jatuh, bahkan meninggal dunia. 

Selain itu, di area Gunung Piramid terdapat sebuah batu yang dikenal dengan sebutan batu langgar. Batu langgar sangat angker dan keramat sehingga para pendaki harus menjaga sikap selama berada disekitarnya.

Dilansir dari berbagai sumber

Join Dream.co.id