6 Sunnah yang Dianjurkan Sebelum Sholat Idul Fitri

News | Sabtu, 23 Mei 2020 12:01
6 Sunnah yang Dianjurkan Sebelum Sholat Idul Fitri

Reporter : Ulyaeni Maulida

Semoga menjadi berkah untuk kita semua.

 Dream – Setelah sebulan lamanya berpuasa, menyambut hari kemenangan adalah kebahagiaan luar biasa bagi setiap umat Muslim. Perayaan Idul Fitri tentunya akan disambut dengan suka cita.

Meskipun tahun ini, perayaan Idul Fitri sedikit berbeda. Karena tidak bisa leluasa pergi berkunjung kerumah sanak saudara. Atau bahkan digantinya pelaksanaan sholat Idul Fitri di rumah.

Namun, hal tersebut bukan menjadi penghalang untuk menyambut datangnya hari raya Idul Fitri. Hari kemenangan bagi umat Muslim di seluruh dunia.

Selain itu, kamu juga perlu tahu amalan sunnah yang dilakukan sebelum melaksanakan sholat Idul Fitri. Dengan mengikuti sunnah-sunnah yang diajarkan Rasulullah, diharapkan, kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik bahkan setelah Ramadhan. 

Berikut ini Dream rangkum amalan-amalan sunnah sebelum sholat Idul Fitri yang sebaiknya kamu lakukan:

2 dari 7 halaman

Perbanyak Mengucap Takbir

 

Salah satu sunnah Nabi Muhammad SAW sebelum shalat Idul Fitri adalah mengucapkan takbir. Bahkan dimulai sejak malam sebelum Idul Fitri. Atau biasa disebut malam takbiran.

Jika biasanya takbir selalu diperdengarkan dari masjid-masjid, kini ditengah pandemi global, mengucapkan takbir bisa dilakukan dirumah bersama keluarga.

Selain itu, perayaan malam takbiran yang biasa disi dengan pawai keliling, mungkin tahun akan terasa sedkit berbeda. Karena tidak dibolehkannya perkumpulan warga di luar rumah.

Meskipun begitu, mengucapkan takbir tetap dapat dilaksanakan. Jadi kamu dan keluarga bisa melakukannya bersama-sama di rumah.

3 dari 7 halaman

Mandi Sebelum Sholat Idul Fitri

 Mandi sebelum sholat id© Pexels.com

 

Mandi adalah salah satu sunnah yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW sebelum melaksanakan shalat Idul Fitri.

Nabi Muhammad SAW bersabda: " Dan dari Amdullah bin Abbas Raliyallahu Anhuma, ia berkata, 'Bahwasannya Nabi Sallallahu Alaihi wa Sallam mandi pada hari Idul Fitri dan Idul Adha."  (HR. Ibnu Majah)

Meskipun tahun ini kemungkinan shalat Idul Fitri akan dilaksanakan dirumah, namun hal-hal sunnah yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW, tetap dapat dilakukan.

Adapun niat mandi sunah Idul Fitri adalah, “ Nawaitul ghusla sunnatan li ‘idil fithri lillahi ta’ala.” Artinya, “ Saya niat mandi sunah untuk Idul Fitri karena Allah ta’ala”.

4 dari 7 halaman

Menggunakan Pakaian Terbaik

 

Sebelum shalat Idul Fitri, disunnahkan untuk memakai pakaian terbaik.

" Dari Ali bin Abi Thalib Radhiallahu ‘Anhu, bahwa: Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam memerintahkan kami pada dua hari raya untuk memakai pakaian terbaik yang kami punya, dan memakai wangi-wangian yang terbaik yang kami punya, dan berkurban dengan hewan yang paling mahal yang kami punya." (HR. Al Hakim dalam Al Mustadrak)

Dari Jabir radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, “ Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memiliki jubah khusus yang beliau gunakan untuk Idul Fithri dan Idul Adha, juga untuk digunakan pada hari Jum’at.” (HR. Ibnu Khuzaimah)

Selain itu, bagi laki-laki dianjurkan juga untuk memakai wewangian yang tidak begitu mencolok. Agar dapat menjalankan shalat Idul Fitri dengan lebih khusyuk.

5 dari 7 halaman

Makan Sebelum Shalat Idul Fitri

 Makan sebelum shalat id© Pexels.com

 

Nabi Muhammad SAW selalu menyempatkan diri untuk makan sebelum melaksanakan shalat Idul Fitri.

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, " Janganlah keluar pada hari Idul Fitri sampai dia makan dulu, dan janganlah makan ketika hari Idul Adha sampai dia shalat dulu." (HR. At Tirmidzi, Ibnu Majah, Ibnu Hibban, Ahmad)

Dalam sebuah hadits lain juga disebutkan bahwa:

" Pada saat Idul Fitri Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam tidaklah berangkat untuk shalat sebelum makan beberapa kurma.” Murajja bin Raja berkata kepadaku ‘Ubaidullah, katanya: berkata kepadaku Anas, dari Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam: " Beliau memakannya berjumlah ganjil.” (HR. Bukhari)

6 dari 7 halaman

Saling Mengucapkan Selamat

 

Amalan sunnah lainnya yaitu saling mengucapkan selamat saat bertemu sanak saudara. Ucapannya berupa doa seperti “ Taqabbalallahu minna wa minkum” (semoga Allah menerima amalan kami dan kalian).

Dari Jubair bin Nufair, ia berkata bahwa jika para sahabat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berjumpa dengan hari ‘ied, satu sama lain saling mengucapkan, “ Taqabbalallahu minna wa minka (Semoga Allah menerima amalku dan amal kalian).” (Fath Al-Bari, 2: 446)

Untuk itu, jika akan melaksanakan shalat Idul Fitri, selain memperbanyak kalimat takbir, memberikan ucapan doa kepada sanak saudara juga dianjurkan.

7 dari 7 halaman

Mengambil Jalan Berbeda Saat Pergi dan Pulang

 

 Jalan berbeda saat pergi dan pulang© Pixabay.com

 

 

 

Amalan sunnah ini dapat dipraktekkan jika sholat Idul Fitri dapat dikerjakan di luar rumah . Seperti masjid atau lapangan. 

Mengambil jalan yang berbeda saat pergi dan pulang dianjurkan sesuai dengan Hadits Nabi Muhammad SAW.

" Nabi SAW ketika hari raya mengambil jalan yang berbeda (antara pergi dan pulangnya)." (HR. Bukhari)

Tujuan dari amalan sunnah ini adalah agar dapat berbagi kebahagiaan dengan orang lain di tempat yang berbeda.

Mengambil jalan yang berbeda, tentunya akan bertemu dengan orang yang berbeda pula. Sehingga semakin banyak kebahagiaan yang dapat disebarkan melalui sapa dan senyuman. (Diambil dari berbagai sumber)

Join Dream.co.id