6 Cara Agar Semangat Ibadah Setelah Ramadhan Tetap Terjaga

News | Minggu, 24 Mei 2020 12:01
6 Cara Agar Semangat Ibadah Setelah Ramadhan Tetap Terjaga

Reporter : Syahidah Izzata Sabiila

yuk sama - sama istiqomahkan ibadah kita

Dream - Cara agar semangat ibadah setelah Ramadhan tetap terjaga merupakan hal yang perlu diperhatikan setelah hari ini kita memasuki bulan Syawal. Tetap istiqomah menjalankan perintah Allah SWT adalah salah satu cara agar tetap bisa menjaga semangat tersebut. Amalan dan kebiasaan baik yang dijalankan ketika Ramadhan bisa dilakukan terus menerus usai lebaran datang.

Berakhirnya Ramadhan menyisakan banyak pengalaman berharga yang harus dilakukan di 11 bulan ke depan. Jangan sampai semua kebiasaan dan amalan baik juga ditinggalkan setelah berakhirnya Ramadhan ya Sahabat Dream.

Untuk menjaga semangat ibadah Ramadhan tetap menyala dibutuhkan niat yang sangat besar. Tentunya, jiwa pun akan merasa lebih tenang dan terjaga dari perbuatan - perbuatan buruk. Dengan mengetahui cara agar semangat ibadah setelah Ramadhan tetap terjaga, kamu bisa membawa suasana ibadah dalam rumah setiap harinya meski Ramadhan telah terlewat. 

Melansir dari liputan6, ada beberapa cara agar semangat ibadah setelah Ramadhan tetap terjaga. Pastinya cara ini akan mudah dilakukan dan pastinya tak akan memberatkanmu. Kamu juga bisa mengajak keluarga dan orang terdekat untuk mendukungmu nih. Nah, yuk simak caranya.

2 dari 7 halaman

Lakukan satu perbuatan baik setiap hari

Cara agar semangat ibadah setelah Ramadhan tetap terjaga yang pertama harud dilakukan adalah melakukan kebaikan. Kamu bisa melakukan satu perbuatan kebaikan yang dilakukan setiap hari. Ini juga bisa menjaga semangat ibadah dalam dirimu dan orang - orang terdekatmu. 

Melakukan perbuatan baik tidak perlu dengan bentuk yang besar, kamu bisa memulai dari hal - hal kecil saja. Contohnya seperti memberikan bantuan para anggota keluarga, teman, kolega, atau bahkan orang asing yang membutuhkan. 

Nabi Muhammad (SAW) pernah berkata, " Perbuatan yang paling dicintai Allah adalah yang dilakukan secara teratur, bahkan jika itu kecil." ( Hadis Riwayat Bukhari)

3 dari 7 halaman

Membaca Al Quran Setiap Hari

 Doa di Malam Nisfu Syaban Untuk Kebaikan Hidup© Dream

Amalan baik yang sering dilakukan ketika Ramadhan adalah membaca Al Quran. Bahkan beberapa dari kamu bisa mengkhatamkan Al Quran minimal 1 kali dalam sebulan. Nah, membaca Al Quran bisa menjadi cara agar semangat ibadah setelah Ramadhan tetap terjaga lho. 

Meskipun intensitas membaca Al Quran setelah lebaran akan sedikit berbeda, yang diperlukan adalah konsistensi dan keistiqomahan menjalankannya. Kamu bisa membiasakan membaca satu halaman atau satu lembar Al Quran setiap hari. Mudah kan. 

Jika kamu merasa bisa membaca membaca dua halaman dalam sehari, kamu bahkan bisa mengkhatamkan Al Quran sekali dalam satu tahun lho. Kamu pun jadi selalu terjaga lisannya dengan membaca firmanNya.

4 dari 7 halaman

Berdoa Secara Ikhlas dan Tulus Setiap Hari

Cara agar semangat ibadah setelah Ramadhan tetap terjaga juga bisa kamu lakukan dengan berdoa setiap hari.

Allah SWT berfirman:

Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku. Maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.” (QS. Al Baqarah: 186)

Dalam firman Allah di surat Al Baqarah dijelaskan bahwa Allah SWT terasa dekat dengan hambanya ketika berdoa. Allah pun akan mengabulkan doa hamba - hambanya.

Ketika ramadhan. kamu terbiasa berdoa memohon ampunan karena dilipatgandakannya pahala, nah, setelah lebaran, kamu juga bisa mencoba membiasakan berdoa secara ikhlas dan tulus setiap sholat. Bagikan perasaan terdalammu dengan-Nya, dan mintalah dengan sungguh-sungguh apa pun yang kamu inginkan.

5 dari 7 halaman

Teruslah Beramal

 pengertian infak© Ilustrasi foto : shuttershock

Selanjutnya, cara agar semangat ibadah setelah Ramadhan tetap terjaga yaitu dengan terus beramal baik. Dengan melakukan amal baik, itu bisa menunjukkan rasa syukur kita atas segala apa yang Allah SWT berikan pada hambanya.

Kamu bisa berbagi dengan orang lain, terutama kepada orang yang kurang beruntung dan yang paling membutuhkan.

Biasakanlah untuk memberi berapa pun jumlah yang bisa kamu berikan. Tetapi kegiatan ini perlu dilakukan secara teratur. Beramal benar-benar akan membantu orang lain dan membuat kamu merasa baik. Allah pun berjanji akan melipatgandakan rezeki bagi siapa saja yang beramal pada Allah.

Sesuai firman Allah dalam Al Quran:

Artinya, “ Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan melipatgandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Allah menyempitkan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nya-lah kamu dikembalikan.” (Al-Baqarah :245)

6 dari 7 halaman

Lakukan Puasa Sunnah

Saat Ramadhan, kita dilatih untuk mengendalikan hawa nafsu dan memelihara diri dari perbuatan buruk. Nah, puasa sunnah bisa dijadikan cara agar semangat ibadah setelah Ramadhan tetap terjaga.

Kamu bisa membiasakan berpuasa sunah tiap bulannya. Rasulullah pun rutin melakukan puasa sunah. Ada banyak sekali jenis puasa sunnah yang bisa kamu lakukan. Misalnya kamu bisa mencoba berpuasa 6 hari di bulan syawal. Atau menjalankan puasa senin-kamis setiap minggunya. 

Puasa dapat membuat kita bisa mengendalikan keinginan duniawi. Kita pun jadi bisa merasakan penderitaan orang miskin, dan menanggung kekurangan. 

7 dari 7 halaman

Ajak Orang Lain Melakukan Hal Baik

 Gali Kecantikan & Tebar Kebaikan Lewat Cerita© MEN

Terakhir, cara agar semangat ibadah setelah Ramadhan tetap terjaga adalah dengan mengajak orang lain berbuat baik. Sebagai makhluk sosial, tentunya manusia tidak bisa hidup sendiri.

Dengan mengajak orang lain melakukan kebaikan, tentu kita juga akan lebih semangat dan istiqomah. 

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu, bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “ Barangsiapa mengajak (manusia) kepada petunjuk, maka baginya pahala seperti pahala orang yang mengikutinya tanpa mengurangi pahala mereka sedikit pun. Dan barangsiapa mengajak (manusia) kepada kesesatan maka ia mendapatkan dosa seperti dosa-dosa orang yang mengikutinya, tanpa mengurangi dosa mereka sedikit pun.” (Hadis Riwayat Muslim)

Karena itu, teruslah mendorong orang-orang di sekitarmu untuk menjadi jujur, murah hati, bijaksana, ceria, bertekad, dan sabar. Dorong mereka keluar dari hal buruk, beri perhatian yang tulus dan peduli pada mereka, tanpa menghakimi atau provokatif.

Join Dream.co.id