55 Ucapan Hari Kemerdekaan RI ke-75 yang Buat Semangat Membara

News | Rabu, 5 Agustus 2020 08:01
55 Ucapan Hari Kemerdekaan RI ke-75 yang Buat Semangat Membara

Reporter : Reni Novita Sari

Ucapan hari kemerdekaan RI ke- 75 ini bisa jadi status di akun sosial media kamu. Selamat ulang tahun Indonesia, Merdeka!

Dream- Momen 17 Agustus menjadi momen bagi masyarakat Indonesia mengingat perjuangan dan pengorban yang telah diberikan para pahlawan bangsa. Mereka rela mengorbankan jiwa dan raga demi kemerdekaan dan kebebasan anak cucunya dari penjajahan.

Perayaan hari ulang tahun RI ini dilakukan seluruh masyarakat di Nusantara dengan berbagai cara. Berbagai macam perlombaan digelar di berbagai kampung untuk memeriahkan hari kemerdekaan Republik Indonesia sekaligus simbol perjuangan para pahlawan.

Namun dalam situasi dan kondisi Indonesia yang dilanda pandemi Covid-19 seperti sekarang, agaknya sulit untuk mengadakan sebuah perayaan atau tradisi 17-an seperti tahun-tahun sebelumnya. Namun kamu tidak perlu bersedih, perayaan HUT RI tahun ini masih bisa dilakukan dengan berkirim ucapan atau sekadar membuat pembaruan status mengenai Hari Kemerdekaan dalam media sosialmu.

Nah, berikut adalah sejumlah ucapan hari kemerdekaan RI ke-75 yang bisa kalian sonten untuk menunjukan rasa cinta kepada bangsa dan Tanah Air.

2 dari 7 halaman

Kata-Kata Ucapan Hari Kemerdekaan RI 2020

“ Seribu orang tua hanya dapat bermimpi. Satu orang pemuda dapat mengubah dunia. MERDEKA! Selamat HUT RI ke-75!”

“ Semoga merdeka tidak hanya berhasil mengambil alih sebuah bangsa. Semoga merdeka benar-benar diaplikasikan untuk segala aspek yang berada di negeri ini. Jayalah terus Indonesiaku, kini dan nanti!”

“ Mempertahankan apa yang telah diberikan oleh para pahlawan sungguh tidaklah mudah. Merdeka bukan hanya status tanpa penjajahan. Merdeka adalah bagaimana kita berkomitmen untuk menciptakan perubahan. Selamat ulang tahun Indonesia, semoga generasi penerus bangsa bisa membawamu lebih merdeka dengan kontribusi mereka!”

“ Jayalah Indonesiaku, merdeka ke-75, Berkibarlah sang saka merah putih, Gema seabad silam bangsa Inggris datang meredah Pahang dengan peluru bersama senapan membunuh menangkap setiap pejuang, sekarang Indonesia bebas lepas dari penjajah, Merdeka.”

“ 17 Agustus itu bukan hanya sekedar balap karung, main Petasan atau Konvoi di keliling kota, tapi 17 agustus itu persatuan bangsa.”
“ Jasa pahlawan, jasa penuh kenangan. Jasa yang tak akan mampu dibeli dengan harta. Jasa yang punya tujuan “ Merdeka atau Mati”. Saudaraku, mari kita bangkit bersama. Membangun negeri tercinta. Selamat HUT ke-75 Kemerdekaan RI!”

“ Tidak terhitung berapa banyak nyawa dan tetes darah yang sudah dibabat habis oleh para pahlawan untuk membela bangsa. Tidak terhitung pula berapa banyak harapan dan doa yang mereka lontarkan bagi masa depan Indonesia. Jika bukan aku dan kamu yang melanjutkan perjuangan mereka, maka harus siapa lagi? Jika bukan aku dan kamu yang mewujudkan harapan dan doa mereka, lalu harus siapa lagi? Indonesia milik kita. Indonesia rumah kita. Dirgahayu Indonesia. Mari kita memerdekakan Indonesia dengan aksi nyata!”

UCAPAN HARI KEMERDEKAAN RI 2020© Ilustrasi foto : pixabay.com

“ Bangsa yang tidak percaya kepada kekuatan dirinya sebagai suatu Bangsa, tidak dapat berdiri sebagai suatu Bangsa yang Merdeka. Selamat HUT RI ke-75!”

“ Belajarlah untuk sukses di usia muda, supaya ketika tua nanti kau tidak payah lagi untuk mengejar kesuksesan, karna kau sudah berjaya. Selamat HUT RI ke-75!”

“ Kalau ingin melakukan perubahan jangan tunduk terhadap kenyataan, asalkan kau yakin di jalan yang benar maka lanjutkan. Selamat HUT RI ke-75!”

“ Kita belum hidup dalam sinar bulan purnama, kita masih hidup dimasa pancaroba. Jadi tetaplah bersemangat elang rajawali. Selamat HUT RI ke-75!”

3 dari 7 halaman

Kata-Kata Ucapan Hari Kemerdekaan RI 2020

“ Gantungkan cita-cita mu setinggi langit! Bermimpilah setinggi langit. Jika engkau jatuh, engkau akan jatuh di antara bintang-bintang. Selamat HUT RI ke-75!”

“ Aku lebih suka lukisan samudra yang gelombangnya menggebu-gebu daripada lukisan sawah yang adem ayem tentram. Selamat HUT RI ke-75!”

“ Robek-robeklah badanku, potong-potonglah jasad ini, tetapi jiwaku dilindungi benteng merah putih, akan tetap hidup, tetap menuntut bela, siapapun lawan yang aku hadapi.– Jenderal Sudirman. Selamat HUT RI ke-75!”

“ Kemerdekaan nasional adalah bukan pencapaian akhir, tapi rakyat bebas berkarya adalah pencapaian puncaknya. – Selamat HUT RI.”

“ Puncak kemerdekaan adalah pengetahuan tentang batas. Selamat HUT RI ke-75!”
“ Merah darahku adalah ungkapan bahwa semangat yang berkorbar tidak akan padam hingga tetesan darah terakhir, dan putih tulangku adalah mental baja yang tidak akan pernah pudar walau panasnya peluru menembus tubuh. Selamat HUT RI ke-75!”

“ Kemerdekaan bukan tanda untuk berhenti berjuang, tapi tanda untuk berjuang dengan lebih keras lagi. Selamat HUT RI ke-75!”

“ Kini kita dapat tertawa puas. Menggapai mimpi dengan bebas. Asal rajin dan tak malas. Melanjutkan kemerdekaan dengan tegas. Selamat HUT RI ke-75.”

“ Nasib bangsa kita tak akan berubah. Jika kita tak merubahnya. Mari sama-sama berjuang. Memperbaiki diri agar bermanfaat untuk negeri. Selamat HUT ke-75 Kemerdekaan Indonesia. Sekali merdeka, tetap merdeka!”
“ Perjuangan bangsa indonesia bukan hanya dari masa lalu. Hari ini, hari esok, dan selamanya. Perjuangan kita belum berakhir . Mari kita perjuangkan bersama indonesia adil dan sejahtera. Dirgahayu Indonesia.”
“ Hari kemerdekaan ini bukan hadiah dari Belanda, tapi ini adalah perjuangan dan darah para pahlawan. Selamat hari kemerdekaan.”

4 dari 7 halaman

Kata-Kata Ucapan Hari Kemerdekaan RI 2020

“ Janganlah melihat ke masa depan dengan mata brutal. Masa yang lampau adalah berguna sekali untuk menjadi kaca bengala daripada masa yang akan datang.” - (Pidato HUT Proklamasi 1966, Ir. Soekarno)

“ Aku Cinta Indonesia. Negeri ini adalah negeri yang elok, penuh warna dan keindahan. Negeri ini adalah negeri yang makmur. Tanah tumpah darahku yang mulia. Jayalah Negeriku, INDONESIA!”

“ Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya.” - Ir. Soekarno

UCAPAN HARI KEMERDEKAAN RI 2020© Ilustrasi foto : unsplash

“ Perbedaan itu ada bukan untuk dipermasalahkan, tapi untuk kita rayakan. Selamat Hari Kemerdekaan.”

“ Kita berhutang budi kepada pahlawan nasional yang kehilangan nyawa dalam pertempuran demi kemerdekaan. Selamat hari kemerdekaan yang luar biasa!”

“ Indonesia bukan sekadar nama. Ada kenangan, cinta dan luka di sana. Ada tempat bertualang dan tempat pulang. Ada saya dan kau yang mencoba memperbaiki, dengan cara kita yang sederhana dan tak kenal lelah. Dirgahayu, Indonesiaku.”

“ Kini kita dapat tertawa puas. Menggapai mimpi dengan bebas. Asal rajin dan tak malas. Melanjutkan kemerdekaan dengan tegas. Selamat HUT RI ke-75.”

“ Rayakanlah kemerdekaan yang dimenangkan dengan susah payah, hargailah pendiri tanah air Anda, dan kita bebas dari pemerintahan asing. Selamat 17 Agustus!”

“ Janganlah mengira kita semua sudah cukup berjasa dengan segi tiga warna. Selama masih ada ratap tangin di gubuk-gubuk pekerjaan kita selesai! Berjuanglah terus dengan mengucurkan sebanyak-banyak keringat.”  (Pidato HUT Proklamasi, 1950 Bung Karno)

“ 17 Agustus itu bukan hanya sekedar balap karung saja, main petasan, atau konvoi berkeliling kota. Tetapi, 17 Agustus itu Persatuan bangsa, mengenang para pahlawan. Bendera merah putih harus terus berkibar di tanah pertiwi!”

5 dari 7 halaman

Kata-Kata Ucapan Hari Kemerdekaan RI 2020

“ Kemerdekaan bukan tanda untuk berhenti berjuang, tapi tanda untuk berjuang dengan lebih keras, Selamat hari kemerdekaan RI yang ke-75 untuk rakyat Indonesia.”

“ Masih ada setitik harapan, mimpi yang kita jaga. Masih ada cita-cita yang bisa kita bagikan. Kemerdekaan bukan sekedar ritual belaka, tetapi ajang membangun bangsa.”

“ Kemerdekaan nasional adalah bukan pencapaian akhir, tapi rakyat bebas berkarya adalah pencapaian puncaknya,” - Sutan Syahrir

“ Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, tapi perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri.” - Soekarno

UCAPAN HARI KEMERDEKAAN RI 2020© Ilustrasi foto : unsplash

“ Kemerdekaan hanyalah dapat dimiliki oleh bangsa yang jiwanya berkobar-kobar dengan tekad Merdekat atau Mati.” - Ir. Soekarno

“ Kita tunjukkan bahwa kita adalah benar-benar orang yang ingin merdeka. Lebih baik kita hancur lebur daripada tidak merdeka.” - Bung Tomo

“ Percaya dan yakinlah bahwa kemerdekaan satu negara yang didirikan di atas timbunan runtuhan ribuan jiwa, harta benda dari rakyat dan bangsanya tidak akan dapat dilenyapkan oleh manusia, siapa pun juga.” - Jenderal Soedirman

“ Para pahlawan membayar Kemerdekaan ini dengan darah, Kita menghargai Kemerdekaan itu dengan keringat kerja keras untuk berkarya membanggakan Indonesia.”

“ Selamat hari kemerdekaan Republik Indonesia dirgahayu Indonesia, perbedaan selalu tetap ada, jangan sampai dicampur adukkan dengan urusan negara. Tugas kita menyadari bahwa perbedaan itu adalah aset berharga untuk terus kita jaga di hari kemerdekaan ini dan seterusnya.”

“ Sekali merdeka, tetap merdeka! Jika kita merasa telah merdeka, maka seharusnya perasaan lemah dan tak berdaya tidak lagi bercokol dalam diri kita.”

6 dari 7 halaman

Kata-Kata Ucapan Hari Kemerdekaan RI 2020

“ Bakarlah semangat juang layaknya darah yang bergejolak, kuatkanlah tekad dan tujuan bagai pohon yang memiliki akar yang kuat dan jadikanlah warna merah sebagai semangatmu dan warna putih sebagai tekadmu karena merah putih warna benderamu.”

“ Kemerdekaan merupakan sebuah mimpi yang menjadi kenyataan, tetapi juga merupakan dsebuah gedung yang kosong. Menjadi tugas pendukung-pendukungnya untuk mengisi kemerdekaan” - Soe Hok Gie

“ Ingat, Indonesia bukan hanya Jakarta atau kota besar lainnya. Mereka akan tetap ada dari Sabang hingga Merauke menjadi satu, yaitu Indonesia Merdeka.”

“ Saat kita mulai merasakan betapa Indahnya merayakan kemerdekaan, saat itulah kita sering melupakan bahwa ada banyak cita-cita para pejuang yang belum tersampaikan. Tugas kita adalah mewujudkan dengan kesadaran bahwa kita adalah generasi penerus yang akan terus mengisi kemerdekaan Indonesia.”

“ Apakah Kelemahan kita: Kelemahan kita ialah, kita kurang percaya diri sebagai bangsa, sehingga kita menjadi bangsa penjiplak luar negeri, kurang mempercayai satu sama lain, padahal kita ini asalnya adalah Rakyat Gotong Royong.” (Pidato HUT Proklamasi 1966, Bung Karno)

“ Pahlawan yang setia itu berkorban, bukan buat dikenal namanya, tetapi semata-mata untuk membela cita-cita.” - Mohammad Hatta

“ Kita bangsa besar, kita bukan bangsa tempe. Kita tidak akan mengemis, kita tidak akan minta-minta, apalagi jika bantuan-bantuan itu diembel-embeli dengan syarat ini syarat itu! Lebih baik makan gaplek tetapi merdeka, daripada makan bestik tapi budak.” - Ir. Soekarno

UCAPAN HARI KEMERDEKAAN RI 2020© Ilustrasi foto : shutterstock

“ Apakah saudara-saudara siap membela kemerdekaan Indonesia? Dan siap membela tanah air Indonesia dengan jiwa dan raga, bahkan sampai titik darah penghabisan?” - Sutan Syahrir

“ Negara Republik Indonesia ini bukanlah milik sesuatu golongan, sesuatu agama, bukan milik sesuatu buku, bukan milik sesuatu golongan adat istiadat, tetapi milik kita semua dari Sabang sampai Merauke.” - Ir. Soekarno

“ Sakit dalam perjuangan itu hanya sementara. Namun jika menyerah, rasa sakit itu akan terasa selamanya. Merdeka!”

7 dari 7 halaman

Kata-Kata Ucapan Hari Kemerdekaan RI 2020

“ Nasib bangsa kita tak akan berubah Jika kita tak mengubahnya. Mari sama-sama berjuang memperbaiki diri agar bermanfaat untuk negeri. Selamat Hari Kemerdekaan!”

“ Merah darahku adalah ungkapan bahwa semangat yang berkobar tidak akan padam hingga tetesan darah terakhir dan putih tulangku adalah mental baja yang tidak akan pernah pudar walau panasnya peluru menembus tubuh.”

“ Dirgahayu Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75. Semoga bangsa ini makin maju dan bisa bersatu, perbedaan bukanlah tabu. MERDEKA!!!”

“ As we celebrate on this day, remember that no nation is perfect. It needs to be made perfect. Happy Independence Day! Proud to be an Indonesian. Artinya: Sebagaimana kita rayakan hari ini, ingatlah bahwa tidak ada bangsa yang sempurna. Ia perlu dibuat sempurna, Selamat Hari Kemerdekaan! Bangga jadi orang Indonesia.”

“ It makes my heart beat with pride when i realize that I am the citizen of such a great country. Happy Independence Day! Artinya: Membuat hati saya berdebar dengan bangga ketika saya menyadari bahwa saya adalah warga negara dari negara yang begitu hebat. Selamat Hari Kemerdekaan!”

Join Dream.co.id