5 Kebijakan Aneh Kim Jong Un Perangi Covid-19 di Korea Utara

News | Jumat, 20 Mei 2022 16:00

Reporter : Nabila Hanum

Kebijakan aneh Kim Jon-un perangi Covid-19 di Korut

Dream - Korea Utara (Korut) beberapa waktu lalu mengumumkan adanya kasus pertama Covid-19 setelah dua tahun pandemi melanda dunia.

Hingga Jumat 20 Mei 2022, Korut melaporkan ada tambahan pasien Covid-19 sebanyak 263.370 orang. Sehingga totak kasus saat ini naik menjadi 2,2 juta orang dengan 65 kematian.

Dalam memerangi Covid-19, ada beberapa langkah yang dilakukan Korut untuk mencegah penyebaran kasus. Meski beberapa di antaranya sangat tidak biasa.

5 Kebijakan Aneh Kim Jong Un Perangi Covid-19 di Korea Utara
© MEN
2 dari 4 halaman

1. Mengandalkan Pengobatan Tradisional

Kim Jong-un mengimbau masyarakat untuk teh herba lonicera japonica atau daun gandarusa tiga kali sehari serta berkumur dengan air garam.

" Obat tradisional adalah yang terbaik!" ujar satu warga Korea Utara, dikutip dari CNA.

2. Kumur Air Garam

Sejumlah pejabat di Korut juga meminta masyarakat untuk melakukan langkah pencegahan, salah satunya dengan berkumur air garam.

" Unit kepala pemantau komunitas mengunjungi setiap rumah pada pagi hari dan sore hari, menekankan bahwa mencuci tangan dan berkumur air garam merupakan cara efektif mencegah virus corona," kata salah satu warga di provinsi Pyongan Utara.

3 dari 4 halaman

3. Gunakan Pesawat Perang untuk Ambil Suplai Obat China

Tak tanggung-tanggung, Korea Utara mengirimkan pesawat perang ke China untuk mengambil suplai obat di tengah penyebaran Covid-19 negara itu.

Dikutip dari Reuters, tiga pesawat Air Koryo dari Korut telah terbang ke Kota Shenyang, China pada Senin 16 Mei 2022.

4. Mengandal Antibiotik

Wakil Menteri Kesehatan Korut, Kim Hyong Hun mengatakan akan mulai menerapkan sistem pengobatan untuk ratusan kasus demam setiap harinya yang dicurigai Covid-19.

Karena tidak ada vaksin Covid-19 di negara itu, pemerintah setempat terpaksa mengandalkan pereda nyeri dan antibiotik umum, seperti ibuprofen dan amoxicillin.

4 dari 4 halaman

5. Vaksinasi tentara di Perbatasan

Pemerintah Korea Utara mendahulukan vaksinasi Covid-19 bagai para tentara di wilayah perbatasan.

" Vaksin dari China dibawa melalui jalur laut dan anggota Biro Keamanan Perbatasan serta para tentara di perbatasan, divaksin terlebih dahulu," kata seorang pejabat militer dari Pyongan Utara.

Join Dream.co.id