4 Tahun Berdiri, AMSI Siap Wujudkan Ekosistem Digital Sehat

News | Senin, 19 April 2021 18:16

Reporter : Ahmad Baiquni

AMSI bergerak progresif menguatkan media anggota.

Dream - Asosiasi Media Siber Indonesia telah berusia 4 tahun pada 18 April 2021. Di usianya saat ini, AMSI meneguhkan komitmen untuk mewujudkan ekosistem digital yang sehat di Tanah Air.

" Tiga tahun pertama merupakan era konsolidasi internal organisasi. Tahun keempat AMSI mengokohkan diri sebagai organisasi yang membawa visi menciptakan ekosistem digital yang sehat di Indonesia," ujar Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut.

Berdirinya AMSI ditopang 26 media online yang mengikat komitmen bersama di Dewan Pers pada 18 April 2017. Deretan media tersebut yaitu Kompas.com, Tempo.co, Detik.com, Republika.co.id, Liputan6.com, Merdeka.com, Kapanlagi.com, Viva.co.id, Okezone.com, Tirto.id, Suara.com, Cnnindonesia.com, Kumparan.com, Dream.co.id, Tribunnews.com, Bisnis.com, Thejakartapost.com, Metrotvnews.com, Arah.com, Rimanews.com, Beritasatu.com, Otonomi.co.id, Beritajatim.com, Kabarmakassar.com, Jatengpos.co.id dan Riauonline.co.id.

Ada tiga misi utama yang akan terus diperjuangkan AMSI. Pertama, memperjuangkan peraturan perundang-undangan yang menjamin dan melindungi kemerdekaan pers.

Misi kedua, meningkatkan profesionalisme media siber yang berpedoman pada UU Pers, kode etik jurnalistik, pedoman pemberitaan media siber dan standar perusahaan pers yang ditetapkan Dewan Pers. Sedangkan misi ketiga, membangun ekosistem bisnis media digital yang mengedepankan jurnalisme berkualitas di tingkat wilayah maupun nasional.

Sekretaris Jenderal AMSI Wahyu Dhyatmika, mengatakan masa empat tahun masih sangat pendek untuk menunjukkan kerja-kerja AMSI secara tuntas dalam memajukan ekosistem media digital yang sehat.

" Namun, setidaknya, lewat berbagai program kerja AMSI, kami sudah mempersiapkan dasar-dasarnya untuk berlari kencang ke depan," kata dia.

Dalam empat tahun ini, AMSI telah menjalankan sejumlah program. Di antaranya, meluncurkan program cek fakta untuk seluruh media anggota AMSI untuk melawan hoaks selama Pemilihan Presiden 2019 dan Pilkada 2020 lalu, memetakan lansekap bisnis media digital pada awal 2021 lewat survei 100 media online di Indonesia.

Saat ini AMSI beranggotakan 338 media siber yang tersebar di 21 provinsi di Indonesia. AMSI juga telah tercatat sebagai konstituen Dewan Pers sejak awal 2020 lalu.

Pasca-kongres II Agustus 2020, AMSI mulai bergerak lebih progresif dan aktif melakukan penguatan media anggota, dengan berbagai program pelatihan dan kolaborasi.

Ketua Badan Pertimbangan dan Pengawas AMSI, Sapto Anggoro (CEO Tirto.id) mengatakan internet dan media online adalah keniscayaan di masa depan.

" Masa depan media online membutuhkan model bisnis yang sesuai, yang tidak hanya mampu menarik pemodal dan pemasang iklan tapi juga menguntungkan pembaca, sekaligus mampu menjaga independensi newsroom. Jika dapat terwujud, semuanya akan indah," kata Sapto

Lebih lanjut, Sapto mendorong AMSI terus memperkuat diri. Juga terbuka dalam kolaborasi.

" Untuk melakukan terobosan-terobosan menjawab keniscayaan tersebut. Dirgahayu ke-4 AMSI, terus maju memimpin jurnalisme masa depan," kata Sapto.

4 Tahun Berdiri, AMSI Siap Wujudkan Ekosistem Digital Sehat
Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut
2 dari 4 halaman

Rikando Somba-Yulis Sulistyawan Kembali Pimpin AMSI DKI Jakarta

 Rikando Somba-Yulis Sulistyawan Kembali Pimpin AMSI DKI Jakarta© Dream

Pemilihan pasangan ketua-sekretaris ini berlangsung secara aklamasi.

Dream - Pemimpin Redaksi Validnews.id, Rikando Somba dan Yulis Sulistyawan (Dewan Redaksi sekaligus General Manager Tribunnews.com) terpilih lagi sebagai Ketua dan Sekretaris AMSI DKI Jakarta untuk periode 2021-2024. Pemilihan berlangsung dalam Konferensi Wilayah (Konferwil) ke-2 yang diselenggarakan Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) DKI Jakarta secara hybrid, luring dan daring.

Pemilihan pasangan ketua-sekretaris ini berlangsung secara aklamasi. Dihadiri 39 pemimpin redaksi atau perwakilan media online anggota AMSI DKI Jakarta, serta sejumlah Pengurus AMSI Pusat. Sebelumya, saat membuka acara, Ketua Umum AMSI Wenseslaus Manggut mengingatkan tantangan yang dihadapi media online yang tergabung dalam AMSI.

Ia menekankan media online harus terus mencari format baru dalam penyampaian berita dan pendekatan kepada narasumber. Wenseslaus mengingatkan, saat ini, semakin marak tokoh atau publik figur secara perorangan, yang justru menjadi tempat narasumber menyampaikan informasi dan gagasan-gagasannya melalui podcast dan channel Youtube.

“ Ini menjadi tantangan sendiri untuk media online, yang perlu dipikirkan ke depan, karena media daerah melihat media di Jakarta sebagai contoh,” kata Wenseslaus Manggut, Sabtu 10 Maret 2021, dalam keterangan resminya.

3 dari 4 halaman

Selain pemilihan Ketua dan Sekretaris, Konferwil II beragenda penyampaian laporan pertanggungjawaban dan kegiatan pengurus AMSI DKI Jakarta periode 2017-2020. Dalam laporan pertanggungjawabannya, Rikando Somba, selaku Ketua AMSI DKI periode 2017-2020 menyampaikan bahwa di masa kepengurusan 2017-2020, banyak hal positif.

Salah satunya, penambahan anggota. “ Kini bertambah 9 anggota baru, sehingga AMSI DKI Jakarta menjadi wilayah dengan anggota terbanyak, yakni 62 media. Juga tercatat 8 media lain yang saat ini masih dalam proses verifikasi untuk menjadi anggota baru AMSI DKI Jakarta,” kata Rikando.

Pada 2020, AMSI DKI Jakarta juga terlibat dalam penegasan legitimasi eksistensi organisasi, sehingga AMSI mendapat pengakuan secara resmi sebagai konstituen Dewan Pers. “ Verifikasi faktual AMSI DKI Jakarta dan AMSI Nasional, bisa dilangsungkan bersamaan. Begitu halnya, pendampingan verifikasi media-media anggota juga dilakukan,” ujarnya.

Selain memilih ketua dan sekretaris, forum tertinggi anggota di tingkat wilayah ini juga memilih Badan Pengawas dan Pertimbangan Organisas (BPPO) . Tiga orang yang diusulkan dan disepakati forum yaitu Irna Gustiawati (Pemimpin Redaksi Liputan6.com), Maria Benyamin (Pemimpin Redaksi Bisnis.com), Maryadi (Vice President Business and Digital KataData.co.id). Selain itu anggota juga mengusulkan nama-nama yang menjadi Majelis Etik AMSI DKI Jakarta.

4 dari 4 halaman

Pyridam Farma Sumbang 2.725 Suplemen untuk Jurnalis Lewat AMSI

 Pyridam Farma Sumbang 2.725 Suplemen untuk Jurnalis Lewat AMSI© Dream

Media dituntut untuk terus memberikan informasi agar masyarakat bisa bertindak secara benar di tengah pandemi.

 

Dream - Sebanyak 2.725 paket suplemen diterima Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) dari perusahaan farmasi Pyridam Farma. Paket suplemen ini akan didistribusikan kepada seluruh anggota AMSI yang tersebar di 21 provinsi sebagai upaya memperkuat daya tahan tubuh jurnalis.

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut, menyatakan media dituntut untuk terus memberikan informasi kepada masyarakat dalam berbagai situasi. Apalagi di tengah pandemi Covid-19 yang menuntut masyarakat dapat bertindak tepat.

" Sebagai organisasi AMSI, memikirkan agar awak media anggota tetap aman selama di lapangan, menjaga kesehatan, dan menerapkan protokol kesehatan," ujar Wens, melalui keterangan tertulis.

Bagi jurnalis, kata Wens, bantuan suplemen sangat berharga. Mengingat kerja jurnalistik yang sangat padat dan rawan terpapar Covid-19 sehingga dibutuhkan upaya perlindungan ekstra.

" Selain meminta jurnalis berhati-hati saat liputan, bantuan suplemen salah satu upaya menjaga kesehatan untuk meminimalisasi risiko yang besar," kata dia.

Direktur Pyridam Farma, dr. Widjanarko Brotosaputro, mengatakan suplemen ini merupakan bentuk dukungan terhadap para pekerja media. Menurut dia, industri farmasi sangat terbantu dengan keberadaan informasi yang disampaikan media.

" Media memberikan support dengan memberikan penjelasan, pencerahan ke masyarakat, dan meluruskan informasi yang keliru selama pandemi," ucap Widjanarko.

Dalam diskusi saat penyerahan bantuan, Widjanarko menyinggung kekebalan kelompok atau herd immunity. Menurut dia, herd immunity bisa terwujud ketika sebagian besar populasi sudah terlindungi.

"  Herd immunity diperlukan agar kelompok rentan yang tidak bisa mendapatkan vaksin tetap aman dan terjaga kesehatannya," kata dia.

Selama pandemi, Widjanarko menyarankan publik perlu menjaga kesehatan dengan konsumsi makanan sehat, lebih banyak bergerak, mengurangi stres dan berbagi kasih. Dia juga mengatakan vaksinasi tidak menjadi jaminan bebas Covid-19 namun dapat mengurangi gejala dan tingkat kefatalan.

Lebih lanjut, Widjanarko mengingatkan masyarakat yang telah mendapatkan vaksin tetap perlu memproteksi kesehatan. Selain itu bagi para penyintas Covid-19 tetap perlu menjalankan protokol kesehatan agar tidak menularkan atau tertular kembali.

" Hingga saat ini belum ada jawaban pasti penyintas tidak bisa menularkan ke orang lain, karena masih ada masa inkubasi. Penting bagi penyintas dan masyarakat yang sudah menerima vaksin tetap menggunakan masker, dan menjalankan protokol kesehatan untuk melindungi diri dan yang lain," kata dia.

Terkait
Join Dream.co.id