4 Kecamatan di Bogor Dilanda Banjir Bandang, Pesantren Terisolir

News | Selasa, 7 September 2021 12:59

Reporter : Ahmad Baiquni

Para santri maupun guru di Pesantren Darussalam terisolir akibat jembatan utama hanyut diterjang banjir bandang.

Dream - Empat kecamatan di Kabupaten Bogor diterjang banjir bandang. Sejumlah jembatan hanyut dan puluhan rumah rusak

Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Kabupaten Bogor, Adam Hamdani, mengatakan empat kecamatan terdampak tersebut yaitu Cigudeg, Nanggung, Jasinga, dan Sukajaya. Banjir dipicu hujan lebat yang turun pada Senin sore, 6 September 2021.

" Ada juga 50 santri dan guru di Ponpes Darussalam terisolasi karena jembatan utama yang membentang di atas Sungai Cidurian terbawa arus," ujar Adam.

Adam mengatakan ada cukup banyak kerusakan infrastruktur di sejumlah titik. Seperti di Kecamatan Nanggung, jalan di Desa Malasari mengalami longsor dan terputus sepanjang delapan meter.

 

4 Kecamatan di Bogor Dilanda Banjir Bandang, Pesantren Terisolir
Banjir Bandang Di Kabupaten Bogor (Liputan6.com/Achmad Sudarno)
2 dari 3 halaman

Banyak Jembatan Hanyut

Di Kampung Cigowong, Desa Sukamaju, Kecamatan Cigudeg, jembatan berbahan bambu hanyut. Kemudian, jembatan yang menghubungkan Desa Urug di Kecamatan Sukajaya dengan Desa Nanggung di Kecamatan Nanggung juga hanyut.

Jembatan hanyut juga terjadi di Desa Kalong Sawah, Kecamatan Jasinga, yang merupakan jalur menuju Pesantren Darussalam. Demikian halnya dengan jembatan Citalahab di Desa Malasari, Nanggung, juga hanyut.

" Ini masih laporan ringkas kaji cepat. Pasti data dinamis dan masih bisa berubah," kata Adam.

 

3 dari 3 halaman

10 Keluarga Mengungsi

Selanjutnya, Adam mengatakan sedikitnya 10 keluarga harus mengungsi. Rumah mereka rusak parah akibat banjir bandang.

Camat Cigudeg, Pardi, menjelaskan banjir bandang terjadi akibat luapan arus Sungai Cidurian dipicu hujan lebat. Tetapi, luapan air mulai surut di malam hari.

" Warga yang ada di bantaran Sungai Cidurian sementara diungsikan ke tempat yang lebih aman karena khawatir terjadi banjir susulan," ucap dia, dikutip dari Liputan6.com.

Join Dream.co.id