380 Masjid dan Mushola Terima Bantuan Rp6,9 Miliar, Mana Saja?

News | Jumat, 15 Oktober 2021 10:00

Reporter : Ahmad Baiquni

Masing-masing masjid mendapat Rp20 juta dan mushola Rp10 juta.

Dream - Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama, Kamaruddin Amin, mengatakan, sebanyak 380 masjid dan mushola menerima Bantuan Operasional Terdampak Covid-19. Total nilai bantuan yang dialokasikan Kemenag sebesar Rp6,9 miliar, yang dibagi Rp20 juta untuk masjid dan Rp10 juta untuk mushola.

" Ada 310 masjid dan 70 mushola yang ditetapkan sebagai penerima bantuan tahun ini dari 22.147 dokumen permohonan yang masuk ke Sistem Informasi Masjid (Simas) selama dua pekan pembukaan pendaftaran para beberapa waktu lalu," ujar Kamaruddin, di laman Kemenag.

Kamaruddin mengatakan, masjid dan mushola yang dinyatakan lolos akan dihubungi Kemenag setempat. Petugas yang menghubungi bisa dari Kantor Kemenag Wilayah atau dari KUA.

" Kemudian akan dijadwalkan untuk dilakukan verifikasi lapangan dari petugas Kemenag setempat," kata dia.

380 Masjid dan Mushola Terima Bantuan Rp6,9 Miliar, Mana Saja?
Masjid Istiqlal (Shutterstock.com)
2 dari 3 halaman

Proses Selanjutnya

Setelah verifikasi lapangan, seluruh dokumen akan dikumpulan di Ditjen Bimas Islam Pusat. Proses selanjutnya adalah pencairan dana.

" Normalnya jam kerja paling lambat dua minggu setelah berkas diterima, insya Allah segera diproses pencairan bantuan ke rekening penerima bantuan," kata dia.

Plt Direktur Urais Binsyar Ditjen Bimas Islam Kemenag, Ismail Fahmi, seleksi dijalankan sangat ketat. Ini karena jumlah animo yang tinggi sementara anggaran yang disediakan terbatas.

" Selain itu, kami juga memetakan jumlah permohonan dari setiap provinsi. Misalnya, pertama kita tentukan kuota provinsi dari jumlah permohonan yang masuk secara nasional," kata Ismail.

 

3 dari 3 halaman

Daftar Masjid dan Mushola Penerima

Kemudian, dijalankan seleksi mulai dari data pertama yang masuk dari tiap provinsi. Proses seleksi dijalankan dengan sistem gugur.

" Jika ada yang tidak memenuhi persyaratan atau ada kesalahan sedikit saja, langsung gugur," kata dia.

Untuk mengetahui masjid dan mushola yang menerima bantuan, dapat dibuka pada tautan Penerima Bantuan Operasional Masjid Terdampak Covid-19 dan Penerima Bantuan Operasional Mushola Terdampak Covid-19.

Join Dream.co.id