Pengumuman SBMPTN 2021 Sudah Dibuka, Jumlah Peserta Lulus 184.942

News | Senin, 14 Juni 2021 15:01

Reporter : Ahmad Baiquni

Pengumuman kelulusan SBMPTN 2021 akan diumumkan sekarang juga. Sudah cek nama kamu lulus atau tidak?

Dream - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) menyatakan jumlah pendaftar Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) mencapai 777.858 peserta. Tetapi, jumlah mereka yang dinyatakan lolos sebanyak 184.942 peserta.

" Angka ini sedikit rendah dan lebih ketat karena jumlah peminatnya meningkat drastis," ujar Ketua LTMPT, Mohammad Nasih, dikutip dari Merdeka.com.

Nasih menerangkan tingkat peserta lulus SBMPTN 2021 sekitar 23,78 persen dari total peserta. Meski begitu, pengumuman kelulusan SBMPTN nanti bukan tahap akhir.

Para peserta masih harus melewati tahap berikutnya seperti daftar ulang (her-registrasi) serta melengkapi syarat administrasi. Selain itu, juga melakukan tes kesehatan pada beberapa program studi.

" Peserta masih harus benar-benar mengikuti mekanisme lanjutan yang dinyatakan lulus SBMPTN 2021," kata dia.

 

Pengumuman SBMPTN 2021 Sudah Dibuka, Jumlah Peserta Lulus 184.942
Ilustrasi
2 dari 4 halaman

Hasil Seleksi Tak Bisa Diubah

Nasih mengatakan hasil SBMPTN 2021 sudah ditandatangani oleh para rektor universitas sehingga tidak bisa diubah. Nantinya, hasil tersebut diumumkan pada pukul 15.00 WIB.

Nasih pun meminta para peserta untuk tidak langsung mengakses pada jam tersebut untuk menghindari kepadatan pengunjung laman. Dia menganjurkan akses dilakukan para peserta di waktu berbeda.

" Kita harap agar tidak crowded, tidak perlu semuanya akses bersama-sama, meski kami telah menyiapkan jalan untuk bisa diakses lancar," kata dia.

Lebih lanjut, Nasih mengatakan jumlah peserta dinyatakan lulus tidak begitu banyak lantaran kursi yang tersedia juga sedikit. Dia pun meminta para peserta untuk tidak berkecil hati.

" Tidak mungkin semua peserta diterima, yang diterima yang nilainya lebih bagus, sehingga jangan berkecil hati karena memang seat tersedia kecil," kata dia.

3 dari 4 halaman

Hasil SBMPTN 2021 Diumumkan Sore Ini, Berikut Linknya

Dream - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi akan mengumumkan hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2021 hari ini, Senin, 14 Juni 2021, pukul 15.00 WIB.

" Persiapkan dir untuk hasil apapun yang diterima nanti. Semoga hasil yang diterima dapat menjadi motivasi bagi siswa untuk menjadi individu yang lebih baik," ujar Ketua LTMPT, Mohammad Nasih, dikutip dari Liputan6.com.

Hasil seleksi dapat dilihat di sejumlah laman yang sudah disiapkan. para peserta sangat disarankan untuk memastikan menggunakan koneksi internet yang stabil.

Berikut cara untuk mengecek hasil seleksi.

1. Buka laman LTMPT (https://portal.ltmpt.ac.id/login)
2. Login menggunakan email dan password yang sudah didaftarkan
3. Hasil seleksi akan muncul di layar.

 

Join Dream.co.id