18 Kabupaten Kota Zona Merah Hampir Turun Jadi Oranye

News | Jumat, 22 Januari 2021 12:00
18 Kabupaten Kota Zona Merah Hampir Turun Jadi Oranye

Reporter : Ahmad Baiquni

Sebentar lagi, status 18 kabupaten kota tersebut akan masuk kategori sedang.

Dream – Satuan Tugas Penanganan Covid-19 mencatat zonasi risiko penularan Covid-19 pekan ini mengalami peningkatan yang tidak diharapkan. Jumlah kabupaten kota yang masuk zona merah meningkat dari 70 menjadi 180 dan terbesar sejak sistem zonasi digunakan pada 31 Mei 2020.

" Hal ini menjadi alarm keras bagi kita semua, terutama pemerintah daerah dan masyarakat di kabupaten kota yang zona merah untuk segera memperbaiki penanganan di wilayahnya," ujar Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiko Bakti Bawono Adisasmito, dalam konferensi pers disiarkan BNPB.

Meski demikian, Wiku mengatakan terdapat 18 kabupaten kota zona merah memiliki skor yang mendekati zona oranye. Dia berharap hal ini dapat menjadi motivasi bagi daerah lain untuk meningkatkan upayanya menekan penyebaran Covid-19.

" Sebagai motivasi untuk kabupaten kota yang ada pada zona merah, bahwa ada 18 kabupaten kota dengan skor yang sedikit lagi dapat berubah menjadi zona oranye," kata Wiku.

Wiku meminta 18 kabupaten kota tersebut bisa saling bahu membahu secara maksimal menekan penularan di wilayah masing-masing. Kepala daerah juga diminta selalu memastikan pelayanan kesehatan sesuai dengan standar sehingga dapat menngkatkan angka kesembuhan dan menekan angka kematian.

" Lakukan juga dengan disiplin protokol kesehatan bagi seluruh masyarakat tidak hanya di 18 kabupaten kota ini tetapi di seluruh Indonesia," kata Wiku.

 

2 dari 3 halaman

Dorong Koordinasi

Tak hanya itu, Wiku juga meminta posko penanganan Covid-19 di setiap daerah dapat bekerja sama dengan satgas Covid-19, dinas kesehatan, Satpol PP, TNI-, Polri, Kominfo, Badan Inteligen Daerah agar penanganan pandemi dapat berjalan lebih efektif dan efisien.

" Setiap posko diharapkan pemantauan dan apabila menemukan kejadian yang berorientasi pada risiko penularan, bisa membantu pemerintah daerah melakukan langkah-langkah pencegahan," ucap Wiku

Sementara bagi daerah yang belum memiliki posko, Wiku meminta para gubernur, bupati serta walikota mengalokasikan dana untuk pengadaan posko tersebut. Terutama pada tingkat povinsi dan kelurahan, bisa perlu hingga tingkat RT/RW.

" Semoga dengan adanya kerja sama bahu-membahu Indonesia bisa lekas sembuh dari pandemi ini," kata Wiku.

Berikut 18 kabupaten kota zona merah yang akan menjadi oranye.

- Lampung: Bandar Lampung
- Banten: Kota Tanggerang Selatan
- DKI Jakarta: Jakarta Timur
- Jawa Barat: Tasikmalaya, Bandung Barat
- Jawa Tengah: Kebumen, Banyumas
- DIY Yogyakarta: Gunung Kidul
- Jawa Timur: Mojokerto
- NTB: Kota Bima
- NTT: Sumba Timur
- Kalimantan Tengah: Barito Timur
- Kalimantan Timur: Berau
- Sulawesi Utara: Kota Kotamubagu, Kota Manado, Bolaang Mongondow Timur
- Sulawesi Tenggara: Kota Bau-bau
- Papua: Jayapura

Laporan: Josephine Widya

Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

3 dari 3 halaman

Join Dream.co.id