12 Hari Isolasi, Ini Kondisi Terakhir Menag

News | Selasa, 29 September 2020 18:01
12 Hari Isolasi, Ini Kondisi Terakhir Menag

Reporter : Ahmad Baiquni

Menteri Agama Fachrul Razi dinyatakan positif Covid-19 dari hasil tes usap (swab test) yang dia lakukan pada 17 September 2020.

Dream - Menteri Agama, Fachrul Razi, sudah 12 hari menjalani isolasi di rumah sakit. Fachrul dinyatakan positif Covid-19 dari hasil tes usap (swab test) yang dilakukan pada 17 September 2020.

Staf Khusus Menag, Kevin Haikal, mengatakan kondisi Fachrul terus stabil. Dia mengatakan hingga saat ini Fachrul tidak mengalami keluhan berat.

" Kondisinya masih stabil. Proses isolasi dan perawatan masih berlanjut di rumah sakit," ujar Kevin melalui keterangan tertulis diterima Dream.

Kevin memohon masyarakat dapat mendoakan Fachrul segera sembuh. Serta negatif dari Covid-19.

 

2 dari 6 halaman

Pelacakan Kontak

Sementara, Juru Bicara Kemenag, Oman Fathurrahman, mengatakan pihaknya telah melakukan pelacakan terhadap 48 orang yang pernah kontak dekat dengan Fachrul sebelum swab.

Mereka tersebar di dua tempat yaitu Kemenag Pusat dan UIN Mataram, Nusa Tenggara Barat.

" Mereka sudah dites swab dan semua hasilnya negatif," kata Oman.

Kontak dekat yang di-swab di sekitar Kemenag Pusat antara lain keluarga Fachrul, sejumlah pimpinan Kemenag termasuk Wakil Menag Zainut Tauhid Sa'adi, staf ahli, staf khusus, dirjen, direktur, Sekretaris Menteri, hingga tim protokol dan humas.

" Total ada 32 orang," kata Oman.

 

3 dari 6 halaman

Kontak di NTB

Sedangkan di lingkungan UIN Mataram, sudah ada sejumlah orang menjalani swab. Ini karena agenda terakhir Fachrul sebelum positif Covid-19 yaitu di NTB.

" Ada 16 orang hasil tracing. Semua sudah dilakukan tes swab dan hasilnya negatif," kata dia.

Tracing juga dilakukan secara mandiri oleh sejumlah orang yang pernah kontak dekat dengan Fachrul. Seperti Gubernur NTB Zulkieflimansyah dan Tuan Guru Turmudzi.

4 dari 6 halaman

Kondisi Menag Berangsur Membaik, Lusa Dijadwalkan Swab Test Lanjutan

Dream - Staf Khusus Menteri Agama, Kevin Haikal, memastikan kondisi menteri Fachrul Razi terus menunjukan perkembangan membaik. Menjalani isolasi dan perawatan di rumah sakit, kondisi Menag saat ini relatif sudah stabil.

" Kondisi Menag, Alhamdulillah, hari ini stabil dan terus membaik. Saturasi oksigen beliau juga bagus," ujar Kevin, melalui keterangan tertulis diterima Dream.

Kevin mengatakan berdasarkan keterangan dokter yang merawat, Fachrul dijadwalkan menjalani tes usap (swab test) lanjutan pada Jumat, 25 September 2020. Tes dilakukan untuk memastikan Fachrul masih ada tidaknya virus Covid-19 di dalam tubuh Menag.

" Insya Allah, rencananya Jumat akan dilakukan swab lanjutan. Diharapkan hasilnya negatif sehingga beberapa hari ke depan Menag diharapkan sudah bisa pulang," kata dia.

Lebih lanjut, Kevin menyampaikan rasa terima kasih Fachrul atas doa dan perhatian dari semua pihak.

" Semoga kesehatan Menag lekas pulih dan bisa segera kembali beraktivitas mengemban amanah sebagai Menteri Agama," ucap Kevin.(Sah)

5 dari 6 halaman

Isi Doa Sekjen MUI untuk Kesembuhan Menteri Agama Fachrul Razi

Dream - Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat, Anwar Abbas, menyampaikan keprihatinannya dengan kondisi Menteri Agama Fachrul Razi yang dinyatakan positif Covid-19. Dia mendoakan agar Fachrul dapat segera diberi kesembuhan.

" Ya Allah, ya Tuhan kami, Bapak Menteri Agama dan banyak anak bangsa lain juga terpapar oleh Covid, kami memohon kepada-Mu, ya Allah, sehatkanlah semua," ujar Anwar, dikutip dari Liputan6.com.

Selain mendoakan Menag dan para pasien, Abbas juga berdoa agar pandemi Covid-19 di Indonesia dapat segera berakhir. Sehingga semua kembali normal seperti sediakala.

" Maka sembuhkanlah mereka yang terkena oleh wabah ini agar mereka semua dapat kembali bersatu dengan keluarga dan dapat beraktivias seperti semula," kata Abbas.

 

6 dari 6 halaman

Fachrul dinyatakan positif Covid-19 dari hasil tes usap (swab test) yang dia lakukan pada 17 September 2020. Saat ini, Fachrul sedang menjalani isolasi dan istirahat.

" Menag tengah menjalani proses isolasi dan istirahat. Mohon doanya," ujar Staf Khusus Menag, Kevin Haikal.

Fachrul menjalani isolasi di sebuah rumah sakit. Ini agar proses perawatan dapat fokus sehingga dia bisa cepat sembuh.

Sumber: Liputan6.com./Muhammad Radityo Priyasmoro

Join Dream.co.id