11 Orang Luka dan 101 Rumah Rusak Akibat Gempa Magnitudo 5,6 di Solok

News | Kamis, 28 Februari 2019 12:10
11 Orang Luka dan 101 Rumah Rusak Akibat Gempa Magnitudo 5,6 di Solok

Reporter : Maulana Kautsar

Posko kesehatan didirikan di Sungai Kunyit.

Dream - Sebelas orang terluka dan 101 rumah rusak berat akibat gempa bumi berkekuatan Magnitodo 5,6 yang mengguncang Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, Kamis 28 Februari 2019. Data itu tercatat hingga pukul sepuluh siang.

Daerah yang mengalami kerusakan terparah berada di 4 nagari di Kecamatan Sangir Balai Janggo dan Kecamatan Sangir Batanghari Kabupaten Solok Selatan.

" Dari 11 orang luka ringan yaitu 1 orang di Nagari Talunan dan 10 orang di Nagari Sungai Kunyit Kecamatan Sangir Balai Janggo," kata Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho.

 Korban bencana gempa bumi di Solok Selatan

Menurut Sutopo, 101 unit rumah rusak tersebar di empat nagari. Sebanyak 30 unit rumah rusak di Nagari Talunan Maju, Kecamatan Sangor Balai Janggo, 4 unit rumah rusak berat dan 6 unit rumah rusak sedang di Nagari Sungai Kunyit Kecamatan Sangir Balai Jangjo.

Sementara itu, 1 unit rumah rusak berat dan 30 unit rumah rusak sedang dan rusak ringan di Nagari Sungai Kunyit Barat Kecamatan Sangir Balai Janggo dan 30 unit rumah rusak sedang dan ringan di Nagari Ranah Pantai Cermin Kecamatan Sangir Batanghari.

" BPBD Kabupaten Solok Selatan masih melakukan pendataan. Posko kesehatan didirikan di Sungai Kunyit. Tenda didirikan untuk logistik dan pengungsi," ucap dia.

2 dari 2 halaman

Solok Selatan Diguncang Gempa Magnitudo 5,6

Dream - Warga Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, dikejutkan gempa bumi berkekuatan 5,6 Magnitudo. Gempa terjadi pada pukul 06.27 WIB, Kamis 28 Februari 2019.

" Gempa berada di kedalaman 10 kilometer," ujar Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, dalam keterangan resminya.

Guncangan gempa juga dirasakan sedang di Kabupaten Pasaman selama tiga detik, Kabupaten Bungo selama tiga detik, Kota Padang gempa dirasakan tiga menit.

" Kalau kabupaten Solok Selatan gempa dirasakan selama tiga detik," ucap dia.

Sutopo memastikan gempa tersebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami. " Belum ada laporan dampak akibat gempa tersebut," kata Sutopo.

Suasana Cair Roger Danuarta dan Ayah Cut Meyriska di Meja Makan
Join Dream.co.id