Tips & Trik Agar Kerudung Segi Empat Tetap Tegak, Gak Bakal `Mleyot`

Modest Fashion | Kamis, 4 Agustus 2022 19:12

Reporter : Shania Suha Marwan

Caranya cukup mudah, kamu wajib banget simak dan terapkan tips ini!

Dream - Setiap orang punya caranya tersendiri dalam menggunakan kerudung. Salah satu yang cukup populer di kalangan hijaber adalah kerudung segi empat,

Beberapa hijaber yang suka mengenakan hijab tersebut banyak yang membiarkan bagian kerudung atas menempel dengan dahi atau membentuknya tegak paripurna. 

 Ilustrasi© Shutterstock

Tak ada yang salah dalam penggunaan hijab model apapun, kamu bisa sesuaikan dengan selera sehingga memberikan penampilan nyaman dan menarik untuk menemani kegiatan hari-hari mu.

Jika kamu tipikal orang yang menyukai gaya kerudung segi empat tegak, tentunya kamu akan sebal saat kerudung yang digunakan sering meleyot.

Tips & Trik Agar Kerudung Segi Empat Tetap Tegak, Gak Bakal `Mleyot`
Foto: Ilustrasi/Shutterstock
2 dari 6 halaman

Jangan melipat sembarangan

Untuk mendapatkan tampilan akhir kerudung segi empat yang tegak, ada beberapa hal dapat kamu lakukan dengan mudah, Sahabat Dream.

Selain menyimpan di lemari dalam kondisi telah dicuci bersih, pastikan kamu tidak melipat kerudung menjadi segi empat kecil agar tidak meninggalkan bekas lipatan.

 Ilustrasi© Shutterstock

Lalu, saat traveling, kamu tidak boleh menggulung kerudung alih-alih menghemat tempat di koper. 

Cara melipat kerudung segi empat seperti tadi akan membuat kerudung yang kamu miliki terdapat garis lipatan, yang akan sangat menganggu ketika digunakan.

Garis tersebut dapat meninggalkan bekas yang membuat kerudung kamu terlihat berantakan dan sulit rapi.  

3 dari 6 halaman

Gunakan lipatan ini

Cara yang tepat untuk menyimpan kerudung segi empat kamu adalah dengan melipatnya dengan lipatan segitiga. 

Mulai dari membuat segitiga besar hingga segitiga kecil dan bisa dimasukan ke dalam lemari atau koper ketika ingin bepergian.

 Ilustrasi© Shutterstock

Dengan melipat membentuk segitiga, kamu akan mendapatkan garis lipatan yang tidak begitu terlihat saat digunakan.

@modhahijab cara biar hijab tegak paling ampuh #tutorialhijab #fypシ #hijabsegiempatgrosir #hijabpolycotton #hijabsegitiga ♬ Bubblegum K.K. - caughtincandyy

 

Sumber: TikTok/modhahijab

4 dari 6 halaman

Jenis-Jenis Bahan Hijab, Mana yang Kamu Suka?

Dream - Salah satu pertimbangan para hijabers dalam memilih bahan kerudung adalah kenyamanan. Memang tak mudah memilih bahan hijab yang nyaman, sebab banyak jenis kain yang ada di pasaran.

Bagaimana cara menemukan kerudung yang sesuai dengan keingananmu? Pertama, twntukan terlebih dahulu model hijab yang diinginkan, misalnya kerudung pashmina atau kerudung segi empat. 

Tutorial Hijab Segi Empat Simpel Bahan Polycotton

Setelah itu, masuk ke pemilihan bahan hijab. tTerdengar sepele, namun bahan kerudung dapat menentukan kenyamanan kerudung saat digunakan. 

Banyaknya tipe bahan kerudung akan membuat kamu kebingungan. Oleh sebab itu, dalam artikel ini, akan dijelaskan karakter masing-masing bahan kerudung yang ada.

5 dari 6 halaman

  • Ceruti

Pertama ada jenis bahan ceruti, yang memiliki karakter serat yang tidak terlalu rapat. Sehingga, membuatnya sedikit nerawang. 

Biasanya bahan ini digunakan untuk kerudung jenis pashmina, segi empat, dan kerudung bergo. 

Paduan Baju Putih dan Jeans untuk Hijaber, Tampilan yang Tak Lekang oleh Waktu

  • Diamond 

Teksturnya mirip dengan bahan ceruti, namun sedikit lebih tebal dari bahan ceruti. Biasanya digunakan untuk kerudung model pashmina, bergo, dan juga segi empat.

 Kain© Shutterstock.com

6 dari 6 halaman

  • Crinkle Airflow

Bahan ini lumayan baru ada di dunia hijab, teksturnya memang memiliki tipe yang kusut, serta memiliki karakteristik yang tebal. Biasanya digunakan untuk membuat kerudung pashmina, bergo, ataupun segi empat biasa. 

  • Pollycotton 

Sesuai namanya, ini merupakan campuran dari poliester dan cotton, membuatnya memiliki tekstur lembut dan tipis, yang biasanya digunakan sebagai kerudung segi empat. Kamu perlu melipatnya menjadi dua untuk tidak terlalu nerawang. 

Tutorial Kerudung Segiempat yang Stylish dan Menutup Dada

  • Paris Voal 

Menjadi bahan yang sangat terkenal sebagai kerudung segi empat, bahan ini memiliki karakter tebal dan sedikit kaku. Karena memiliki karakter seperti tadi, kerudung ini akan mudah untuk dibentuk dan tegak di kepala. 

@adhita.yulia

jangan samain kain 10rb sama kain 30rban semuanya tergantung kualitas

♬ Chopin Nocturne No. 2 Piano Mono - moshimo sound design

 

Sumber: TikTok/adhita.yulia

Join Dream.co.id