Indonesia International Modest Fashion Festival 2022 Hadir dengan Wajah Baru

Modest Fashion | Jumat, 30 September 2022 13:45

Reporter : Mutia Nugraheni

Akan banyak ditampilkan koleksi modest fashion yang menggunakan kain-kain asli Indonesia.

Dream – Perkembangan industri dan kreativitas fesyen muslim di Indonesia tak pernah ada habisnya. Selalu ada saja tren baru dari hijab dan busana muslim Tanah Air yang menarik perhatian dunia. Berbagai event digelar untuk terus menggaungkan industri fesyen muslim Indonesia di kancah internasional.

Salah satunya adalah Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF). ISEF merupakan platform berskala global dengan tujuan menjadikan Indonesia sebagai centre of excellence dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah dunia, aktif melakukan kegiatan untuk mewujudkan Indonesia sebagai pusat produk halal dan kiblat fesyen muslim dunia.

Tahun ini ISEF sektor fesyen akan dihadirkan dengan nama baru yaitu Indonesia International Modest Fashion Festival (IN2MOTIONFEST). Diharapkan IN2MOTIONFEST memiliki semangat baru untuk membawa karya-karya terbaik industri fesyen muslim Indonesia ke skala global.

 IN2MOTIONFEST© IFC

" Kami berharap IN2MOTIONFEST yang mengedepankan penggunaan wastra nusantara dan kain lokal, akan menjadi pengungkit sektor fashion Indonesia dengan keterlibatan aktif para aktor di setiap lini ekosistem fashion dari hulu ke hilir,” ujar Ita Rulina, Direktur Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah Bank Indonesia , 29 September 2022 di Pos Bloc Jakarta.

Pada konferensi pers yang dilaksanakan pada 29 September 2022, Ali Charisma selaku National Chairman Indonesian Fashion Chamber (IFC) berharap Indonesia bisa menjadi pusat fashion muslim dunia.

“ Kita janji sama teman-teman juga bahwasanya kita ingin menjadikan Indonesia sebagai mode muslim dunia,” ujar Ali.

 

Indonesia International Modest Fashion Festival 2022 Hadir dengan Wajah Baru
IN2MOTIONFEST 2022
2 dari 8 halaman

IN2MOTIONFEST pada tahun 2022 mengusung tema “ Local Product, Global Look”, dengan mengangkat kearifan lokal busana modest fashion, yang kental dengan wastra dan kain lokal Indonesia. Acara ini akan diselenggarakan pada tanggal 5 – 9 Oktober 2022 dengan rangkaian kegiatan yang terdiri dari pameran dagang berstandar internasional, fashion show, kompetisi, talkshow, business matching, dan forum diaspora.

 IN2MOTIONFEST© IFC

" Kekuatan lokal ini sejalan pula dengan prinsip sustainable fashion dan gaya hidup halal dan thayyib,” kata Ali.

3 dari 8 halaman

Ali juga berharap kesuksesan industri fashion muslim Indonesia ini tidak hanya meningkatkan penjualan saja tapi juga branding awareness.

 IN2MOTIONFEST© IFC

“ Kami harap para desainer Indonesia itu benar-benar dihargai secara produk dan value brandnya di luar negeri juga,” ungkap Ali.

Ada banyak desainer dan jenama (merek) yang akan menampilkan karya terbarunya dalam IN2MOTIONFEST 2022. Antara lain Ayu Dyah Andari, ASK by Asky Febrianti, Amy Atmanto, AM by Anggiasari, Barli Asmara, ButtonScarves, Benang Jarum, Dian Pelangi, Deardein X Atas Bawah, DAUKY, Fenny Saptalia, GADIZA by Rosie Rahmadi, Hannie Hananto, Irna Mutiara, Itang Yunasz, Jenahara, Jenna Kaia, Khanaan, Kami, Kurzien Karzai, dan masih banyak lagi.

Laporan: Meisya Harsa Dwipuspita

4 dari 8 halaman

Wearing Klamby Bawa Tenun Garut ke London Fashion Week 2022

Dream - Suatu pencapaian besar bagi industri fashion tanah air bahwa Klamby berhasil menjadi lokal modest fashion brand pertama dari Indonesia yang mendapatkan kesempatan untuk bisa berpartisipasi dalam ajang peragaan busana internasional di London Fashion Week 2022 pada hari Selasa, 20 September 2022 nanti.

Klamby telah mempersiapkan sebuah koleksi khusus untuk dipersembahkan di dalam acara ini. Pilihan busana yang istimewa dengan sentuhan motif modern dan warna playful melalui koleksi Spring / Summer 2023 bertemakan “ The Tudor Rose”.

 Wearing Klamby Bawa Tenun Garut ke London Fashion Week 2022© MEN

Nama koleksi ini diambil dari bunga favorite dari Ratu Elizabeth II, selain itu Tudor Rose merupakan bunga Nasional Inggris dalam sejarah War of the Roses.

Pemilihan nama koleksi Klamby kali ini sekaligus dalam rangka mengenang kepergian Ratu Elizabeth II pada hari Kamis, 8 September 2022 kemarin.

 

5 dari 8 halaman

Hadirkan Koleksi The Tudor Rose

Koleksi The Tudor Rose ini terinspirasi dari salah satu wastra nusantara yang menarik perhatian karena tampilannya yang terlihat berbeda dibandingkan dengan wastra lain yang sudah familiar di masyarakat, wastra tersebut adalah Tenun Bulu Sutera Garut.

Teksturnya yang menarik, ragam hias yang bervariasi, serta warna yang beragam menambah daya tarik dari selembar wastra Tenun Bulu Sutera Garut yang ditenun dengan benang sutera menggunakan Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM).

Dari situlah kemudian muncul inspirasi untuk mengeksplorasi tekstur, sejarah, dan ragam hias yang ada dalam selembar wastra yang mengalami banyak revolusi perubahan zaman dan teknologi.

 

6 dari 8 halaman

Tenun Garut

Motif flora utama yang banyak digunakan dalam tenun garut ialah puspa (melati). Dari ragam hias bunga yang dipakai, Klamby memperluas eksplorasi visual puspa (melati) menjadi gambaran Indonesia secara umum.

Selain itu juga ada beberapa flora identitas provinsi yakni magnolia, kenanga, sedap malam, anggrek hitam, begonia, sirih, dan nagasari. Seluruh koleksi Klamby pada fashion show kali ini didukung oleh Epson Indonesia sebagai merek printer tersohor dalam dunia fashion.

 Ferdike Yunuri Nadya/ Dream© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

“ Tentunya sangat bangga sekali atas pengakuan terhadap modest fashion di kancah internasional seperti London Fashion Week 2022, Keberhasilan Klamby ini bukan kesuksesan sendiri semata namun ini adalah kesuksesan besar bagi industri fashion tanah air Indonesia,” ujar Nadine Gaus, Founder dari Klamby pada press conference Klamby on London Fashion Week, Senin 12 September 2022.

 

7 dari 8 halaman

Hadirkan 48 Busana

Koleksi The Tudor Rose dihadirkan dalam 48 pilihan busana dengan desain yang memiliki sentuhan wastra tradisional indonesia dalam variasi warna classic neutral hingga bold.

“ Dalam 48 koleksi busana special kali ini, Kami menggunakan berbagai jenis bahan yang proses pengembangannya melalui beberapa tahapan teknik eksplorasi tekstil seperti laser cut, bordir, dan beadingz. Teknik-teknik tersebut diaplikasikan guna menciptakan tekstur dan detail di atas kain,” tambah Nadine.

Tingginya nilai craftsmanship yang ada dalam koleksi ini, membuat koleksi LFW lebih eksklusif dengan pilihan warna-warna yang menyesuaikan tren. Dan yang ingin aku tambahkan juga Klamby adalah brand yang mengusung Diversity dan Inclusivity dalam setiap koleksinya.

 

8 dari 8 halaman

 Istimewa© Istimewa

Klamby juga telah menggaet tiga public figure Indonesia yang akan menghadiri ke acara London Fashion Week 2022 yaitu Raisa, Patricia Gouw dan Tantri Namirah.

Ketiga wanita berprestasi ini dipilih oleh Klamby karena menggambarkan kecantikan perempuan Indonesia dari beragam ras, suku, agama dan juga budaya.

Dalam pencapaian dan kesuksesan besar ini, Klamby didukung oleh banyak pihak seperti Wardah yang berkolaborasi dengan Klamby untuk mempercantik peragawati yang akan berlenggok di catwalk dengan menjadi official beauty partner.

Join Dream.co.id