Perawatan Sederhana untuk Kulit Wajah Pria

Men Fashion | Kamis, 11 Juli 2019 19:45
Perawatan Sederhana untuk Kulit Wajah Pria

Reporter : Cynthia Amanda Male

Yuk dicoba, Sahabat Dream!

Dream - Perawatan kulit tentu saja tidak hanya diperuntukkan bagi wanita, tapi juga lelaki. Merawat kulit lelaki pun tidak harus melakukan berbagai langkah rumit dengan banyak produk.

Kamu hanya perlu melakukan perawatan mendasar seperti cuci muka dan memakai tabir surya. Apalagi jika sering beraktivitas di luar ruangan.

 shutterstock

" Pria juga penting melakukan basic treatment seperti cuci muka untuk mengontrol produksi minyak di wajah dan menghilangkan kotoran," ungkap Endi Novianto, Spesialis Kulit dan Kelamin di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Kamis 11 Juli 2019.

Tidak sedikit pria yang mengaku rajin membersihkan muka. Padahal mereka menggunakan body wash.

" Pastikan untuk memakai sabun muka, bukan sabun badan karena kandungan dan efektifitasnya beda," katanya.

Jika sering terpapar sinar matahari, kamu perlu rajin memakai tabir surya yang cocok dengan kulitmu.

" Cowok cenderung lebih mudah berjerawat karena kelenjar minyaknya lebih aktif. Jadi, harus hati-hati memilih sunscreen," tambah Endi.

Para pria pun bisa melakukan perawatan tambahan seperti scrubbing seminggu sekali, untuk menghindari kekusaman dan jerawat atau menggunakan obat jerawat. 

2 dari 8 halaman

Tips Perawatan Wajah yang Benar Buat Pria

Dream - Pada umumnya pria kurang memerhatikan kesehatan kulitnya, apalagi menggunakan produk-produk perawatan kulit.

Padahal, kulit pria lebih rentan terpapar radikal bebas dan proses penuaan yang terjadi pada kulit pria berakselerasi lebih cepat.

Oriflame Indonesia baru saja meluncurkan NovAge Men, perawatan kulit mutakhir yang didesain khusus untuk bekerja di kulit pria. Diklaim dapat mengembalikan penampilan yang muda, sehat, dan penuh energi.

Untuk mendukung para pria ikut merawat kulitnya dengan maksimal, berikut beberapa tips menggunakan produk-produk perawatan kulit dengan benar dari Oriflame.

1. Pembersih

Membasuh dan membersihkan wajah memang terdengar sederhana, tetapi melakukannya dengan benar akan memberikan hasil yang maksimal.

Basuh wajah dengan air, lalu tuangkan pembersih muka di telapak tangan dan gosokkan di tangan hingga berbusa. Usap halus ke seluruh wajah kemudian dengan lembut gosok bagian hidung ke arah luar.

Gunakan jari untuk memijat bagian pipi, dahi, dan dagu dengan gerakan memutar agar kotoran dapat terangkat sempurna dan membantu melancarkan sistem limfatik.

Gunakan pembersih hingga ke pangkal leher, karena leher juga perlu dibersihkan. Untuk mengangkat sisa kotoran, bilas dengan air hangat atau gunakan kain handuk lembut yang basah hingga benar-benar bersih.

2. Gel Mata 
Kulit di sekitar mata berbeda dengan kulit di bagian wajah lainnya dan lebih rapuh, sehingga membutuhkan gel khusus yang perlu diaplikasikan dengan lembut.

Tepuk dengan pelan gel mata pada area di bawah mata, jangan ditarik atau digosok. Pemakaian terbaik adalah dimulai dari sudut luar bawah mata, dan mengarah ke dalam hingga ke pangkal hidung. Gel mata dapat disimpan di lemari pendingin untuk memberikan efek dingin saat diaplikasikan di pagi hari.

3. Booster 
Booster dapat digunakan dengan menuangkannya sebesar kacang polong ke ujung jari dan meratakannya. Aplikasikan ke wajah dengan gerakan menepuk, untuk membantu sirkulasi dan membantu booster untuk menyerap. Aplikasikan juga di bagian leher dari bagian pangkal leher ke arah atas dan belakang telinga.

Aplikasi booster dilakukan setelah menggunakan pembersih namun sebelum pelembap karena kandungan konsentratnya yang tinggi. Biarkan booster bekerja selama 10 detik sebelum mengaplikasikan pelembap.

4. Pelembab
Pastikan pelembap diaplikasikan secara merata di seluruh wajah dan leher. Penggunaannya dilakukan dengan gerakan ke atas, berikan pijatan dengan gerakan memutar pada wajah dan leher. Area mata juga perlu dihindari karena sangat sensitif. Hanya gunakan gel mata untuk kulit area mata.

Selamat Mencoba!

3 dari 8 halaman

Begini Cara Perawatan yang Tepat untuk Pria

Dream Dewasa ini bukan hanya wanita yang kerap melakukan perawatan demi tampilan wajah kinclong. Pria juga sepertinya tidak ingin ketinggalan untuk membuat tampilannya kece.

Dikutip onlymyhealth, berikut ini cara yang bisa dilakukan pria agar mendapatkan penampilan yang menarik.

Bersihkan wajah
Kebiasaan mudah yang membuat wajah lebih kinclong adalah dengan membersihkannya secara rutin. Dengan mencuci wajah kamu juga menghilangkan kotoran yang menyumbat pori-pori sehingga terhindar dari jerawat dan wajah yang kusam.

Sunblock
Biasanya pria lebih sering berada di luar ruangan yang menyebabkan kulit terkena sinar matahari langsung. Maka dari itu lindungi kulit kalian dengan sunblock yang mengandung SPF sehingga kulit bebas dari paparan sinar matahari.

Air putih
Kelembaban kulit bisa didapatkan dengan banyak mengonsumsi air putih. Selain itu air putih bisa membantu hindrasi kulit menjadi lebih baik dan membebaskan wajah dari jerawat.(Sah)

4 dari 8 halaman

Pahami Skincare untuk Pria dan Cara Pakainya

Dream - Tak seperti wanita, merawat kulit pada umumnya bukanlah prioritas utama bagi para pria. Banyak dari mereka yang merasa tidak terlalu penting untuk merawat kulitnya.  

Entah itu karena malu atau memang nggak punya waktu.Padahal sebagai pria, kita juga butuh menjaga kesehatan kult loh.

Salah satunya dengan menggunakan skincare. Ingat, skincare itu berbeda dengan make up.

Make up fungsi utamanya untuk memperindah penampilan wajah dan tubuh secara keseluruhan.

Kalau skin care merupakan perlengkapan Personal Care yang fungsinya untuk merawat dan menjaga kesehatan kulit: 

5 dari 8 halaman

Perbedaan Skincare Pria dan Wanita

 

Skincare pria dan wanita sebenarnya memiliki bahan yang hampir sama, sehingga tidak ada yang salah jika kamu menggunakan skincare yang ditujukan untuk wanita.

Perbedaan skincare pria dan wanita sebenarnya hanya satu, yakni pewangi yang digunakan.

Sama seperti aroma parfum, skincare untuk pria cenderung ditambahkan wangi yang bersifat maskulin (misalnya musk, wood).

Pemilihan skincare lebih baik difokuskan pada fungsi dan jenis peruntukan kulitnya.

Pria memiliki kelenjar minyak yang cenderung lebih aktif dibandingkan wanita, sehingga masalah kulit seperti jerawat justru sering terjadi pada pria.

Maka dari itu, kamu tetap perlu menjaga dan merawat kulit, salah satunya ya dengan menggunakan skincare.

 

6 dari 8 halaman

Perlengkapan Skincare Untuk Pria

 

Nah, buat kamu yang masih bingung cari rekomendasi skincare apa saja yang harus dipakai, sebaiknya kamu baca artikel ini sampai selesai.

Karena kamu gak perlu lagi gengsi tanya sama teman cewekmu atau takut dicibir gara-gara ngomongin skincare.

Apa saja sih skincare khusus pria yang biasanya digunakan? Sebenarnya ngga terlalu banyak kok.

1. Sabun Wajah Pria

 Skincare

Kebanyakan pria memiliki gaya hidup yang cukup aktif dan juga sering berkeringat dibandingkan wanita, sehingga wajah kita rentan dengan jerawat.

Oleh karena itu, sabun cuci muka untuk pria biasanya selalu memiliki varian untuk kulit muka lembab dan berminyak.

Sabun muka yang bagus untuk pria adalah yang dapat mengangkat kotoran dan debu yang menempel pada wajah dengan baik.

Jika kulit kamu tipe yang mudah berminyak, pilihlah sabun muka yang mengandung scrub supaya kotoran yang menyelip di pori-pori kulit bisa terangkat dengan baik.

Biasakan mencuci muka dengan sabun ini setidaknya sehari dua kali, terutama malam hari.

2. Krim Malam dan Krim Pemutih Wajah Pria

 Skincare

Krim pemutih dan krim malam gak hanya digunakan untuk wanita saja kok.

Krim kulit ini punya fungsi untuk memberikan vitamin ekstra yang berguna untuk kulit tubuh kamu, terutama kulit wajah.

Krim ini biasanya digunakan saat malam hari menjelang tidur karena kulit kamu lebih mudah menyerap kandungan tersebut dalam keadaan lelap.

Beberapa body lotion juga ada yang didesain khusus untuk digunakan malam hari.

Bagi kamu yang tipe kulitnya kering dan gampang kusam, sebaiknya pertimbangkan untuk menggunakan krim dan body lotion tipe ini.

Masih penasaran kan sisanya? Yuk baca selengkapnya disini. (ism, Sumber: Maskulin.com

7 dari 8 halaman

Cara Mengatasi Kulit Kering Ini Bagus untuk Pria

Dream - Ketika kondisi cuaca tidak pasti seperti saat ini, masalah kulit juga ikut tidak menentu. Paparan panas saat siang dan dingin di malam hari membuat kulit harus bekerja ekstra untuk menyesuaikan, sehingga membuat kulit lebih kering dari biasanya.

Tidak hanya kondisi cuaca saja yang bisa membuat kulit kering. Kondisi udara yang kotor, dengan banyak debu dan polusi, juga bisa membuat kulit kering. Kondisi ini tidak hanya terjadi pada kaum wanita saja, tapi juga pria.

Namun para pria kadang banyak yang cuek dengan kondisi kulitnya dan menganggap perawatan adalah bagian perempuan. Sebenarnya, perawatan kulit bisa dilakukan oleh siapa saja, namun dengan kadar yang berbeda karena jenis kulit yang berbeda pula.

Berikut Dream rangkumkan cara mengatasi kulit kering pada pria yang dilansir Fashion Beans:

Mandi Rutin dan Pakai Sabun

Mandi menjadi rutinitas yang sudah biasa dilakukan. Dengan mandi kita juga dapat mengatasi kulit kering, terlebih dengan durasi mandi yang lama.

Konsultan dematologi, Dr. Anjali Mahto, mengatakan, “ menghabiskan banyak waktu untuk mandi, akan menghilangkan minyak dari kulit.”

 Kulit kering pada pria

Mandi air hangat di pagi hari juga bisa dijadikan rutinitas yang bisa mengatasi kulit kering pada pria. Selain mandi, pemakaian sabun ketika mandi juga dapat mempengaruhi kondisi kulit.

Pemakaian sabun yang mengandung banyak bahan kimia justru bisa membuat kulit jadi tambah kering. Jadi, cara untuk mengatasi kulit kering pada pria bisa menggunakan sabun yang terbuat dari bahan-bahan alami.

8 dari 8 halaman

Memakai Produk Pelembab Kulit

 

Seperti yang kita tahu, saat ini sudah banyak produk perawatan kulit yang dipasarkan khusus untuk pria. Tak perlu merasa risih dan menganggap penggunaan produk perawatan kulit hanya untuk perempuan saja. Pria juga punya kulit, kan?

Banyak produk perawatan kulit pria yang berfungsi untuk melembabkan kulit dan mencegah kulit kering. Namun, kalau masih enggan menggunakan produk pasaran, Sahabat Dream juga bisa menggunakan bahan-bahan alami untuk mengatasi kulit kering.

 Kulit kering pada pria

Minyak almond, misalnya. Pemakaian minyak almond secara rutin mampu mengatasi kulit kering, karena kandungan asam linoleate anti inflamasinya mampu mengurangi rasa gatal dan warna kemerahan pada kulit.

Memilih Pakaian yang Tepat

Dr. Anjali Mahto dikutip dari Fashion Bean menambahkan, “ kain yang dikenakan bisa mengakibatkan iritasi.” Walau tidak semua kain bisa menimbulkan iritasi, namun kondisi kulit setiap orang berbeda-beda, sehingga resiko iritasi karena kain bisa saja terjadi.

 Kulit kering pada pria


Khusus untuk kain wol, seperti pada pakaian sweater, sebisa mungkin beri lapisan terlebih dahulu. Hal ini bisa digunakan sebagai cara mengatasi kulit kering yang diakibatkan oleh iritasi dari kain.


Pemilihan pakaian yang tepat lainnya adalah dengan menggunakan pakaian berlapis. Cara mengatasi kulit kering yang satu ini bisa diterapkan dalam kondisi cuaca saat ini yang dingin di malam hari dan panas di siang hari.

 Kulit kering pada pria


Perubahan suhu udara ini bisa mengakibatkan kulit kering, sehingga bisa diatasi dengan memakai pakaian berlapis supaya kulit tidak langsung terpapar perubahan suhu yang drastis.

Summer Style 2019
Join Dream.co.id