Idealnya Arloji Dipakai di Tangan Kanan atau Kiri?

Men Fashion | Senin, 15 April 2019 09:27
Idealnya Arloji Dipakai di Tangan Kanan atau Kiri?

Reporter : Annisa Mutiara Asharini

Keduanya punya makna berbeda, lho.

Dream - Jam tangan kini tak hanya berfungsi sebagai penunjuk waktu. Arloji banyak digunakan sebagai aksesori penunjang gaya fashion.

Desain jam juga sudah semakin berkembang. Kamu bisa memilih arloji agar penampilan kamu lebih formal atau kasual.

Pertanyaannya di sebelah mana biasanya kamu memakai jam tangan? Di Indonesia, mungkin banyak orang memakai arloji di tangan kiri. Namun ada juga yang merasa nyaman menggunakannya di tangan kanan.

 Arloji

Tahukah kamu jika penempatan jam tangan di kanan atau kiri mempunya makna berbeda. 

 

 

2 dari 2 halaman

Sejarah Banyak Orang Pakai Arloji di Tangan Kiri

Dilansir dari laman Abart, kebanyakan orang merasa lebih nyaman memakai arloji di tangan kiri. Tren ini terjadi sejak ratusan tahun silam. Kala itu, prajurit tempur membutuhkan arloji untuk memantau waktu di medan perang.

Mereka pun memakai arloji di tangan kiri karena tangan kanan mereka lebih banyak digunakan untuk memegang senjata dan beraktifitas. 

Memakai arloji di tangan kiri akan terasa sulit bagi sebagian orang. Jumlah orang kidal (left handed) di dunia lebih sedikit sehingga pemakai tangan kanan (right handed) akan kesulitan ketika mengaitkan jam dengan tangan kiri.

Namun seiring dengan perkembangan zaman, banyak orang mulai beradaptasi dan memakai jam di kedua tangan. Semuanya tergantung pada kenyamanan setiap orang.

Meski begitu, arloji sebaiknya digunakan di tangan yang lebih pasif. Tangan tesebut menjadi pilihan aman bagi arloji karena jarang digunakan. Itu artinya, risiko arloji rusak karena benturan akan berkurang.

Kalau Sahabat Dream pilih tangan kanan atau kiri, nih?

Wasiat Terakhir Ustaz Arifin Ilham
Join Dream.co.id