Okky Alaperessi, Dosen Buta Warna Juara 'L-Men of The Year 2020'

Men Fashion | Jumat, 13 November 2020 06:33
Okky Alaperessi, Dosen Buta Warna Juara 'L-Men of The Year 2020'

Reporter : Dwi Ratih

Bukan kekurangan namun jadi kelebihan.

Dream - Okky Alparessi, dosen di London School of Public Relations (LSPR) Jakarta, terpilih sebagai pemenang The New L-Men of The Year 2020. Penerima sertifikasi High Distinction di Edith Cowan University Australia ini merupakan Grand Finalist asal Sumatera Utara. 

Percaya selalu ada kesempatan dalam keterbatasan, Okky yang memiliki buta warna parsial menceritakan pengalamannya mengikuti audisi The New L-Men of The Year 2020.

“ Ketika mau seleksi, awalnya saya agak ragu untuk menyampaikan inspirational speech tentang keterbatasan saya, yaitu buta warna," ujar Okky. 

Para pemenang diumumkan saat malam Grand Final yang diadakan pada Sabtu, 31 Oktober 2020 di Theater Tanah Airku, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta.

Okky mulanya khawatir keterbatasan fisik itu mengakibatkan pengurangan nilai. Bahkan Okky merasa bakal gagal untuk maju ke tahap selanjutnya.

" Butuh waktu bagi saya meyakinkan diri untuk menyampaikan ini di depan publik, hingga akhirnya saya memutuskan untuk tetap menyampaikan speech tersebut," tambahnya.

Okky juga bersyukur L-Men tidak melihat hal ini sebagai kekurangan. Malah kondisi itu bisa menjadi inspirasi bagi saudara-saudara yang buta warna atau memiliki keterbatasan lainnya.

 

2 dari 5 halaman

Ribuan Peserta

 Lmen of The Year 2020
© Lmen of The Year 2020

Okky bersama para Grand Finalist lainnya, terpilih dari ribuan pendaftar The New L-Men of The Year 2020. Pemilihan didasarkan atas konsistensi menjalankan hidup sehat, kemampuan komunikasi unggul, serta kemampuan berkolaborasi, dan menjadi inspirator gaya hidup sehat.

Semua peserta dan finalis menjalani serangkaian kegiatan sejak Februari 2020. Mulai dari audisi, pre-camp, karantina, hingga malam Grand Final. 

Selain Okky, Richard Permadi asal DKI Jakarta berhasil terpilih sebagai 1st Runner Up, disusul Muhammad Fadhil Achyari asal Aceh sebagai 2nd Runner Up.

3 dari 5 halaman

Bisa jadi role model

Untuk membangun kesadaran masyarakat untuk merangkul teman-teman buta warna, Okky mendirikan @warnalain.id. Gerakan edukasi masyarakat, para penyandang buta warna pun dapat berkarya, berprestasi, serta berhak mendapatkan kesempatan yang sama seperti lainnya.

" Saya ingin mengajak anak muda Indonesia yang punya keterbatasan tertentu untuk tidak membiarkan keterbatasan mereka menghalangi diri mengejar impian dan menciptakan dampak positif bagi orang lain,” tambah Okky.

Jesaya Christian, Brand Manager L-Men menyebut, ajang ini mengangkat semangat #CollaBROrative (kolaborasi), diversity dan inclusivity.

Jesaya percaya, setiap orang, apapun latar belakang profesi, suku, ras, agama, dan bahkan kondisi keterbatasan tertentu, bisa menjadi role model untuk menginspirasi gaya hidup sehat.

Hal ini terlihat dari kelima belas Grand Finalist dengan berbagai latar belakang, mulai dari dosen, pengusaha, ASN (Aparatur Sipil Negara), dokter, guru, penyanyi, aktivis sosial, model hingga mahasiswa.

 

4 dari 5 halaman

Ada special award

 Lmen of The Year 2020
© Lmen of The Year 2020

Seperti tahun-tahun sebelumnya, L-Men akan mengirimkan perwakilannya ke ajang internasional.

Okky selaku pemenang The New L-Men of The Year 2020 akan mewakili Indonesia di salah satu ajang male pageant terbesar di dunia, Mister Supranational, yang akan diadakan tahun depan di Polandia.

Beberapa Grand Finalist juga berhasil mendapatkan Special Award The New L-Men of The Year 2020.

Mereka adalah Raden Mas Denny Nursandy dari D.I. Yogyakarta sebagai Pemenang The Most Favorite & The Best Body, Goldi Senna Prabowo dari Jawa Timur sebagai Pemenang The Most Inspiring Movement yang inisiasi gerakan anti-bullying bagi anak muda @sudahdongmalang, serta Andrew Setiawan dari Kalimantan Barat sebagai Pemenang The Most Photogenic.

 

5 dari 5 halaman

Berikut para pemenangnya

 Lmen of The Year 2020
© Lmen of The Year 2020

Para Grand Finalist menunjukkan kemampuan mereka pada ajang malam Grand Final The New L-Men of The Year 2020 dan dinilai langsung oleh 4 juri berkompeten di bidangnya, yaitu Ivan Lie Kabul (Pemenang The New L-Men of The Year 2018), Frederika Alexis Cull (Puteri Indonesia 2019 dan Top 10 Miss Universe 2019), Fauzan Gani (CEO DOOgether), serta Jesaya Christian (Brand Manager L-Men).

Ditayangkan secara live di Trans7, acara ini dipandu Indra Herlambang dan Patricia Gouw, serta dimeriahkan penampilan spektakuler dari Via Vallen dan Rizky Febian.

Laporan: Savina Mariska

Join Dream.co.id