Bikin ArmyIndonesia Heboh, Jin BTS Pakai Sweater dari Brand Lokal

Men Fashion | Senin, 28 Juni 2021 10:01

Reporter : Putu Monik Arindasari

Sweater tersebut ternyata berasal dari clothing brand asal Indonesia bernama Deva States.

Dream - Jin anggota boy group BTS sukses membuat penggemarnya atau Army di Indonesia histeris. Pada sebuah foto monokrom yang diunggah di akun Instagram @nbeliebvbble, Jin tampak berpose dalam balutan sweater berwarna hitam. 

 JIn BTS© Instagram @unbeliebvbble

Sweater tersebut ternyata berasal dari clothing brand asal Indonesia bernama Deva States. Sebelumnya, Potret tampan Jin dengan sweater tersebut sempat diunggah oleh akun instagram resmi BTS melalui fitur instagram story.

 Sweater Brand Deva State© www.devastat.es

Dilansir dari website resmi brand lokal tersebut, knited sweater ini terbuat dari katun murni dan dilengkapi dengan detail grafis bertulis 'Deva States' Outfit tersebut dibanderol dengan harga Rp950 ribu.

Bikin ArmyIndonesia Heboh, Jin BTS Pakai Sweater dari Brand Lokal
Jin BTS (Instagram/@jin.bts)
2 dari 4 halaman

Buat Army Indonesia Bangga

Brand Deva State didirikan pada tahun 2015 oleh Theo Kusuma dan Mol Edrin. Akun instagram brand ini pun langsung memosting foto sweater yang dipakai penyanyi bernama asli Kim Sok Jin itu.

      View this post on Instagram      

A post shared by DEVÁ STATES (@deva_states)

Postingan Sweater bernama 'Bodies Knitted Sweater' tersebut sontak menarik perhatian Army. Para Army langsung membanjiri akun instagram Deva State. Banyak yang Army tanah air yang bangga karena Jin memakai sweater buatan Indonesia. Ada juga yang gembira, karena pre order outfit tersebut sudah dibuka.

"Keren Indonesia ada brand yg di pakai seorang BTS jin Hyung," ujar @
muhammad_sofi_dicaprio

"PRODUK LOKAL DI PAKE SEORANG SEKELAS BTS WOYYY," tutur @avocad11

"FINNALLY GONNA HAVE ONE THANKYOU," komentar @moonyphany

"Mantap udh open PO😍," tulis @megamahayani_

3 dari 4 halaman

Kimchi Bikinan BTS Picu Nasionalisme Warga Korsel

Dream - Acara reality show keseharian personel BTS, Run BTS, selalu dinanti para penggemarnya atau Army di seluruh dunia. Pada 15 Juni 2021 lalu, acara ini menampilkan kolaborasi BTS dengan chef Baek Jong Won, yang sangat populer di Korea Selatan (Korsel).

Mereka membuat hidangan khas Korsel yaitu Kimchi. " Kita sekarang akan membuat kimchi dan membuat sajian lain yang cocok (dimakan) dengan kimchi, lalu mencicipnya," ujar Jong Won dalam acara tersebut.

Sementara Jin, Jungkook, dan V membuat kimchi kubis berpadu sujebi, RM, J-Hope, dan Jimin memutuskan membuat kimchi daun bawang yang disajikan bersama jjajang ramen. Dengan arahan Jung Won, member BTS membuat ragam hidangan sesuai resep yang telah diberikan.

 Begini Cara Membuat Kimchi, Makanan Khas Korea yang Sehat© MEN

Walau bukan konten memasak pertama yang dibuat BTS, mengapa klip ini tiba-tiba jadi sorotan? Dikutip dari Allkpop, menurut media Korea, BTS terus menerus " menunjukkan kekuatan budaya Korea Selatan."

Membuat kimchi di episode terbaru variety show mereka membuat BTS dianggap sebagai " pengingat budaya tradisional" Negeri Ginseng. Konten ini dirilis di tengah kontroversi " keakuratan kepemilikan yang sah" atas pakaian tradisional Hanbok, lagu tradisional Arirang, dan kimchi.

4 dari 4 halaman

'Panas' dengan Tiongkok

Akhir 2020 lalu, upaya Tiongkok dan Korsel memenangkan sertifikasi internasional sayur acar berubah jadi 'perang' warganet. Tiongkok memiliki sajian Pao Cai yang disebut sebagai bagian dari Kimchi. Sementara Korsel menganggap Kimchi adalah menu asli budaya mereka.

Menurut laporan Korea Times, Kementerian Pertanian, Pangan, dan Pedesaan Korea Selatan mengatakan bahwa kimchi bukan sekadar kubis yang difermentasi. Itu merupakan bagian sentral dari budaya makanan Korea dan proses pembuatannya telah diakui sebagai standar global selama hampir dua dekade.

 Bakteri Kimchi, Kunci Kenikmatan Hidangan Khas Negeri Ginseng© MEN

Rupanya, baru-baru ini Tiongkok memenangkan sertifikasi Organisasi Internasional untuk Standardisasi (ISO) untuk pao cai. Pencapaian tersebut juga dicatat sebagai standar internasional untuk industri kimchi yang dipimpin Tiongkok.

Klaim tersebut dengan cepat dibantah media Korea Selatan. " Kita harus memahami bahwa pao cai berbeda dari kimchi," sebut pihak Kementerian Pertanian, Pangan, dan Pedesaan Korea Selatan.

Laporan Asnida/ Sumber: Liputan6.com

Join Dream.co.id