Batik Pastel, Gaya Pria Lebih Muda dan Trendi

Men Fashion | Selasa, 24 September 2019 10:43
Batik Pastel, Gaya Pria Lebih Muda dan Trendi

Reporter : Annisa Mutiara Asharini

Intip koleksinya.

Dream - Gelaran Plaza Indonesia Men's Fashion Week dibuka di The Warehouse Level 5 pada Senin, 23 September 2019.

Sejumlah desainer memamerkan karya mereka di hari pertama pekan. Salah satunya Rama Dauhan yang kini berkolaborasi dengan Alleira Batik.

 PIMFW
© Dream

Foto: Deki Prayoga/Dream

Bertajuk 'Purna', Rama menggabungkan Japanese Street Style untuk tatanan look yang terinspirasi warna khas Jaipur, India seperti mustard, dusty pink, terracotta sampai coklat.

Karyanya tak meleset dari pilar Nusantara, yaitu dengan menggunakan batik sebagai bahan dasar busana pria. Batik dibuat lebih kekinian dengan warna pastel nan lembut.

" Awalnya mereka (Alleira Batik) sempat khawatir karena tidak biasa membuat batik warna muda. Mereka identik dengan warna bold seperti hijau dan oranye. Prosesnya sampai 3 atau 4 bulan lebih," ungkap Rama di Jakarta, Senin 23 September 2019.

 PIMFW
© Dream

Foto: Deki Prayoga/Dream

2 dari 6 halaman

Batik Lebih Muda

Rama mengingatkan kembali bahwa batik yang merupakan wastra Nusantara dapat dipakai untuk sehari-hari yang jauh dari kesan kuno dan membosankan.

" Batik dibuat pastel supaya cocok untuk anak muda. Batik gak melulu harus tua dan serius banget. Coraknya disederhanakan dan cuma pakai batik di beberapa bagian tertentu," ujarnya.

 PIMFW
© Dream

Foto: Deki Prayoga/Dream

Tetap dengan gaya dan ciri khas, Rama merancang siluet oversized yang nyaman seperti jaket, bowling shirt, drop crotch pants dan long coat.

Berbagai bentuk rompi, detail kantong dan buckle membuat 24 tampilan koleksi jadi lebih muda dan trendy.

 

3 dari 6 halaman

Gaya 4 Artis Tampan Melenggang di Panggung PIMFW

Dream - Empat artis Tanah Air meramaikan panggung Plaza lndonesia Men's Fashion Week (PIMFW) pada Senin, 23 September 2019.

Keempat artis itu adalah Fedi Nuril, Rio Dewanto, Morgan Oey dan Winky Wiryawan. Mereka melenggang di panggung The Beauty Tailor membawakan koleksi 'British School Boy'.

The Beauty Tailor mewujudkan koleksinya dalam potongan konservatif stelan jas dan blouson jacket yang dipadukan dengan celana pendek dan panjang.

 PIMFW
© Dream

Foto: Deki Prayoga/Dream

Penggunaan motif kotak-kotak sangat dominan pada koleksi ini mengingat gaya British School Boy yang juga banyak menggunakan motif tartan dengan warna yang didominasi hijau olive, hijau tentara dan mustard.

Intip gaya keempat artis di bawah sini:

4 dari 6 halaman

Fedi Nuril

 PIMFW
© Dream

Foto: Deki Prayoga/Dream

Pertunjukan dibuka oleh Fedi Nuril yang tampil mengenakan plaid blazer warna dark green dan kemeja putih. Makin klasik, gayanya dilengkapi dengan sepatu pantofel beraksen unfinished.

Morgan Oey

 PIMFW
© Dream

Foto: Deki Prayoga/Dream

Masih dalam balutan suit warna hijau, kali ini Morgan Oey memakai setelan polos yang lebih simpel. Gayanya dibuat lebih muda dengan padu padan kemeja putih dan loafers kasual.

5 dari 6 halaman

Winky Wiryawan

 PIMFW
© Dream

Foto: Deki Prayoga/Dream

Lama tak muncul di layar kaca, Winky Wiryawan tampil memukau di runway memakai patterned suit warna light grey. Setelan jas berpadu manis dengan trousers cokelat serta pantofel hitam.

Rio Dewanto

 PIMFW
© Dream

Foto: Deki Prayoga/Dream

Pertunjukan ditutup oleh penampilan Rio Dewanto yang sukses menyihir penonton. Ia tampil berkharisma dalam setelan plaid suit warna cokelat. Tetap santai, jas dipadukan dengan turtleneck shirt dan loafers kasual.

6 dari 6 halaman

Busana Safari

 PIMFW
© Dream

Foto: Deki Prayoga/Dream

Tak sendiri, The Beauty Tailor juga berbagi panggung dengan Atham Tailor. Ini merupakan pertama kalinya PIMFW berkolaborasi dengan dua media fashion dalam satu show, yakni The Folio dan Luxina.id dengan mengurasi kedua brand tailor tersebut.

Bertema 'Out of Africa', Atham Tailor banyak menggunakan potongan jaket safari dan sport jacket dengan tampilan tailoring yang bisa digunakan untuk sehari-hari.

 PIMFW
© Dream

Foto: Deki Prayoga/Dream

Palet warna yang dipakai juga tidak jauh dari warna-warna tanah seperti krem, hijau dan kuning. Dalam melengkapi koleksi ini, Atham berkolaborasi dengan pembuat topi dari Bali, Hit Hat koleksi sepatu Mario Minardi.

 PIMFW
© Dream

Foto: Deki Prayoga/Dream

Hithat Premium adalah brand fashion yang menciptakan bespoke hat yang klasik. Sementara Mario Minardi Shoes berfokus pada ready to wear leather shoes yang cocok diterapkan di busana safari.

 PIMFW
© Dream

Foto: Deki Prayoga/Dream

Join Dream.co.id